Qontak WhatsApp

WhatsApp Verified Badge: 4 Cara Verifikasi Akun WA

whatsapp-verified-badge

Bisakah Akun WhatsApp Bisnis Terverifikasi? Begini Mendapatkan Verified Badge pada WhatsApp!

Terkadang pelanggan ragu untuk bertransaksi online karena maraknya kasus penipuan via pesan instan seperti WhatsApp. Oleh sebab itu, WhatsApp verified badge hadir menghilangkan keraguan pelanggan keaslian akun WhatsApp bisnis Anda. Tanda centang hijau di akun WhatsApp bisnis mereka menunjukan telah terverifikasi.

Sayangnya, WhatsApp verified badge ini cukup baru dikenalkan oleh WhatsApp, sehingga sebagian pelaku usaha kurang mengetahui tentang WhatsApp centang hijau ini. Artikel ini akan membahas mengenai WhatsApp verified badge. Yuk pelajari juga bagaimana cara agar mendapatkan centang hijau pada WhatsApp.

4 Cara Mendapatkan Verified Badge pada WhatsApp adalah sebagai berikut:

  1. Verifikasi akun bisnis Anda
  2. Menggunakan Official WhatsApp Business API
  3. Daftarkan Nomor WhatsApp
  4. Dapatkan Verified Badge pada WhatsAp

Begini Cara Mendapatkan WhatsApp Verified Badge


Apa itu Tanda Centang Hijau/Verified Badge pada WhatsApp?

WhatsApp centang hijau atau WhatsApp Verified Badge menandakan Anda telah menggunakan akun resmi bisnis Whatsapp. Centang hijau WhatsApp diberikan pada pengguna setelah mengkonfirmasi nomor kontak tersebut benar memiliki sebuah bisnis dan menggunakan akun WhatsApp Official Business Edition.

Berbeda dengan proses verifikasi pada medsos lain seperti Instagram dan Twitter yang memberikan tanda verifikasi berdasar jumlah pengikut dan kehadiran yang kuat sebagai tokoh publik.

WhatsApp tanda verifikasi ini hanya khusus untuk akun WhatsApp resmi bisnis (WhatsApp Official Business Account), tidak bisa diperuntukan perorangan. Jadi bisa dipastikan bahwa WhatsApp centang hijau memiliki usaha.

Setelah Anda mendapatkan akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account), nama bisnis Anda lah yang akan otomatis muncul sebagai pengirim pesan walaupun orang lain belum menyimpan nomor Anda. Nama bisnis Anda akan terlihat baik di daftar obrolan, layar obrolan, serta di tampilan kontak.


Mengapa akun WhatsApp Business Memerlukan Verified Badge?

WhatsApp verified badge sangat penting untuk menambah kepercayaan pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis online. Dimana saat ini bisnis online adalah sumber keuntungan yang menjanjikan. Namun disisi lain, bisnis online juga rentan akan penipuan, tidak terkecuali penipuan lewat WhatsApp.

Hal ini didukung survei Microsoft Indonesia (2019) bahwa tingkat kepercayaan terhadap pelayanan digital di Indonesia hanya sekitar 44 persen. Oleh karena itu centang hijau WhatsApp ini sangat diperlukan bagi pelaku bisnis untuk menjalin komunikasi terpercaya dengan pelanggan dan rekan bisnis. Terlebih WhatsApp didukung keamanan enkripsi end-to-end yang menjamin kerahasiaan isi percakapan.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pemilik bisnis yang tertarik untuk mendapatkan status “verified” di WhatsApp. Alasannya adalah untuk mempengaruhi rasa percaya pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan di WhatsApp.


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Verified Badge?

Manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan WhatsAPp verified badge adalah sebagai berikut:

  1. Membangun kredibilitas Anda dengan biaya murah karena akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah terverifikasi dan memiliki centang hijau akan lebih dipercaya oleh pelanggan atau rekan bisnis.
  2. Meningkatkan penjualan dengan WhatsApp centang hijau yang bisa mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online.
  3. Pengenalan nama usaha atau branding gratis, sebab saat berkirim pesan atau berkomunikasi, Nama bisnis lah yang akan otomatis muncul di layar obrolan penerima pesan.
  4. Memiliki WhatsApp verified badge atau akun resmi bisnis WhatsApp akan memudahkan Anda mengatur CRM, karena WA resmi bisnis Anda bisa tersambung dengan aplikasi CRM.

Baca disini: Apa itu Integrasi WhatsApp CRM!


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Verified Badge?

Langkah selengkapnya agar Anda bisa mendapatkan WhatsApp verified badge atau Centang Hijau di WA Bisnis Anda adalah sebagai berikut:

Step 1. Verifikasi akun bisnis Anda

Langkah 1-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Verified-Badge

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah akun WhatsApp bisnis Anda perlu terhubung dengan Facebook Business Manager. Namun sebelum itu, pastikan bisnis Anda memiliki NPWP dan SIUP yang menunjukkan produk yang dijual bukan ilegal.

Step 2. Menggunakan Official WhatsApp Business API

Langkah 2-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Verified-Badge

Langkah kedua untuk mendapatkan WA Bisnis API adalah bermitra dengan Official Business Partner (BSP)WhatsApp terbaik di Indonesia yaitu Qontak.com.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Qontak.com mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, oleh karenanya Qontak.com menyediakan berbagai fitur yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 3. Daftarkan Nomor WhatsApp

Langkah-3-WhatsApp-Verified-Device

Tahapan ketiga adalah mengajukan nomor yang akan digunakan sebagai Official Business Account ke pihak WhatsApp. Anda dapat menggunakan nomor telepon seluler ataupun nomor telepon kabel. Namun WhatsApp tidak mengizinkan semua perusahaan memiliki Official Business Account,oleh sebab itu BSP harus mengirimkan pengajuan untuk setiap bisnis.

Step 4. Dapatkan Verified Badge pada WhatsApp

Langkah 4 whatsapp-verified-badge

Terakhir WhatsApp akan mereview bisnis Anda apakah telah memenuhi persyaratan dan ketentuan berlaku. Apabila dinyatakan telah sesuai, maka akan muncul tanda centang hijau pada akun WhatsApp Business API Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan atau belum berhasil mendapatkan verified badge, maka tim dari Qontak.com siap untuk membantu Anda. Informasi yang lebih lengkap tentang WhatsApp API, fitur-fiturnya, proses pendaftarannya, serta pelayanan yang akan Anda dapatkan dari Qontak.com.

Untuk info lebih lengkap baca juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp


Berapa Lama Waktu untuk Memverifikasi WhatsApp?

WhatsApp memerlukan waktu untuk memberikan verifikasi atau tanda centang hijau pada akun WhatsApp yang diajukan oleh bisnis. Pada normalnya butuh 1-2 hari kerja, WhatsApp untuk memutuskan memberikan centang hijau tersebut pada bisnis. Namun untuk beberapa kasus centang hijau akan diberikan hingga satu minggu lebih.

Sebagian bisnis yang mengajukan verifikasi tidak diterima oleh pihak WhatsApp. Oleh karena itu Anda perlu rutin untuk mengecek status akun WhatsApp Business API. Selain itu, Anda bisa meminta bantuan BSP untuk mengecek atau mengajukan ulang permohonan verifikasi yang ditolak. Pihak WhatsApp tidak akan memverifikasi akun WhatsApp bisnis yang berjualan produk dalam bidang berikut ini:

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons & Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

Dapatkan Segera WhatsApp Verified Badge!

WhatsApp verified badge sangat membantu untuk menjalin hubungan dengan pelanggan serta rekan bisnis. Sayangnya tidak semua akun WhatsApp bisnis bisa dengan mudah mendapatkan WhatsApp centang hijau ini. Namun tidak perlu risau, melalui official business partner WhatsApp di Indonesia seperti Qontak.com, Anda bisa mendapatkan akun WhatsApp resmi bisnis.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau, maka tim Qontak.com siap membantu. Hubungi kami jika Anda ingin mencobanya secara gratis disini!

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

 

You may also like

By