Qontak WhatsApp

WhatsApp Robot Marketing: Begini Cara Membuatnya!

WhatsApp Robot Marketing? Anda Perlu Pelajari Hal-hal Ini

WhatsApp robot marketing mulai diperkenalkan sebagai solusi terbaik dalam kegiatan pemasaran bagi para pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasinya dalam berbisnis. Hal itu disebabkan karena robot WhatsApp ini memiliki fungsi dan manfaat yang baik bagi perkembangan sebuah bisnis.

Fenomena tingginya jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia maupun seluruh dunia, seperti yang dilansir oleh Hipwee membuat robot WhatsApp ini penting untuk dimiliki. Kami akan membahas apa saja yang perlu Anda pelajari tentang WhatsApp robot marketing.

Salah satu yang perlu Anda pelajari adalah cara membuat WhatsApp robot marketing, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih WhatsApp BSP Terbaik di Indonesia
  2. Siapkan Dokumen dan Data Bisnis Anda untuk Proses Verifikasi
  3. Mengaktifkan Nomor dan Melengkapi Profil Bisnis
  4. Login dan Membuat Pengaturan WhatsApp
  5. Kirim Pesan Percobaan

Apa Itu WhatsApp Robot Marketing?

WhatsApp robot marketing adalah sebuah sistem pemasaran otomatis yang dijalankan melalui aplikasi obrolan WhatsApp. Hal ini mengacu pada robot WhatsApp berbasis API yang memiliki banyak fitur canggih yang berguna tak hanya dalam melayani penjualan, namun juga dalam kegiatan pemasaran.

Robot marketing atau yang biasa kita kenal sebagai chatbot ini terdapat pada WhatsApp Business API yang memiliki fungsi yang sama baiknya seperti alat pemasaran lainnya. Dengan demikian, para pelaku bisnis yang menggunakan robot chat WhatsApp ini tidak perlu menggunakan aplikasi pemasaran lainnya lagi.


Apa Fungsi dan Manfaat WhatsApp Robot Marketing?

Ada beberapa fungsi dan manfaat dari WhatsApp robot marketing yang dapat Anda peroleh untuk bisnis atau perusahaan Anda, yaitu:

– Menarik Lebih Banyak Prospek

Robot WhatsApp yang digunakan untuk mengirimkan kampanye dapat menarik lebih banyak prospek tertarget ke akun WhatsApp penggunanya secara tidak langsung. Oleh karenanya, kampanye yang dikirimkan WA robot gratis ini haruslah menarik.

– Mengirimkan Kampanye Pemasaran

Pengguna aplikasi WhatsApp marketing ini dapat mengirimkan kampanye pemasaran tanpa adanya pembatasan jumlah karakter pada setiap pesan. Hal ini tentu menguntungkan bagi penggunanya karena mereka dapat bebas menyusun isi pesan sesuai kebutuhan mereka.

– Sistem Auto Chat

Obrolan otomatis ini disebabkan adanya sistem Chatbot yang bekerja pada WhatsApp robot marketing. Obrolan otomatis pada Chatbot ini juga dapat dipersonalisasi sehingga akan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

– Meningkatkan Penjualan

Manfaat yang terakhir yang menjadi tujuan dari penggunaan robot chat WhatsApp ini adalah tentu saja pada peningkatan jumlah penjualan bisnis Anda. Pemasaran yang baik, target yang potensial, serta pelayanan yang optimal akan meningkatkan penjualan.

– Mengembangkan Bisnis

Salah satu karakteristik dari akun WhatsApp API adalah terdapat tanda centang hijau (green tick) serta WhatsApp masking yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan prospek terhadap bisnis penggunanya. Kampanye pemasaran yang dikirimkan kepada mereka tentu akan memperoleh respon yang lebih baik, sehingga bisnis dapat lebih berkembang.


Apakah Saya Membutuhkan WhatsApp Robot Marketing?

Anda merupakan salah satu orang yang membutuhkan WhatsApp robot marketing jika Anda berada dalam satu atau beberapa kondisi ini:

  • Memiliki bisnis baik online atau offline yang menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi dengan pelanggan Anda.
  • Anda memiliki puluhan, ratusan, bahkan ribuan chat yang masuk setiap harinya untuk melakukan transaksi bisnis dengan Anda, sehingga tidak mampu ditangani dengan baik.
  • Mempunyai beberapa admin yang bertugas melayani pelanggan khususnya lewat aplikasi obrolan WhatsApp.
  • Membutuhkan alat pemasaran yang dapat dijalankan melalui WhatsApp.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Robot Marketing?

Jika kondisi Anda sesuai dengan salah satu atau beberapa poin di atas, maka inilah saatnya bagi Anda untuk belajar bagaimana mendapatkan robot WhatsApp untuk bisnis Anda.

Cara membuat WhatsApp robot marketing cukup mudah yaitu dengan membuat WhatsApp Business API terlebih dulu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1. Pilih WhatsApp BSP Terbaik di Indonesia

WhatsApp Business API hanya bisa diperoleh melalui partner resmi WhatsApp atau yang biasa disebut dengan BSP (Business Solution Provider) di negara yang bersangkutan. Salah satu BSP WhatsApp terbaik di Indonesia adalah Qontak.com.

WhatsApp Robot Marekting Qontak.com

Langkah 2. Siapkan Dokumen dan Data Bisnis Anda untuk Proses Verifikasi

Pastikan Anda memiliki dokumen bisnis legal yang lengkap dan tidak menyalahi ketentuan yang telah ditetapkan oleh WhatsApp. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan data bisnis untuk proses pengajuan WhatsApp API, seperti: nama bisnis, URL website bisnis, email resmi bisnis, SIUP/NIB/NPWP bisnis, industri, daerah operasional, serta akun Facebook Business Manager.

WhatsApp Robot Marketing

Langkah 3. Mengaktifkan Nomor dan Melengkapi Profil Bisnis

Pilih satu nomor yang akan Anda jadikan nomor bisnis. Nomor tersebut tidak dapat diubah selamanya. Kemudian Anda harus melengkapi profil bisnis Anda sejelas-jelasnya dan selengkap mungkin agar pelanggan dapat mengenal bisnis Anda dengan lebih baik.

WhatsApp Robot Marketing

Langkah 4. Login dan Membuat Pengaturan WhatsApp Robot Marketing

Ada dapat login akun WhatsApp bisnis Anda pada panel chat menggunakan credential yang diberikan kepada Anda. Setelah itu, buatlah pengaturan, seperti: jam kerja, template pesan, pengiriman pesan, dan lain sebagainya. Panel chat ini juga dapat diakses melalui perangkat seluler dan Anda dapat mengetahui informasi konsumen yang ada pada profil mereka. Untuk sistem robot WhatsApp yang lebih mutakhir, Anda dapat meminta kustomisasi lanjutan dengan BSP.

WhatsApp Robot Marketing Chat Setting

Langkah 5. Kirim Pesan Percobaan

Setelah semua pengaturan dan profil bisnis Anda telah diatur, maka lakukanlah pesan percobaan untuk mengukur sebaik apa robot chat WhatsApp Anda bekerja, dan hal apa yang harus Anda perbaiki.

WhatsApp Robot Marketing Chat Testing


Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Robot Marketing?

WhatsApp robot marketing berbasis API biasanya dapat melakukan beberapa pekerjaan canggih, seperti:

• WhatsApp Blast, Bulk, Broadcast

Fitur ini berguna untuk mengirimkan pesan secara massal. Keuntungannya disini adalah bahwa Anda tidak perlu menyimpan kontak yang ingin Anda kirimkan pesan. Teknik pemasaran ini sangat efektif dan dapat menghemat waktu.

WhatsApp Robot Marketing Broadcast

Chatbot

Chatbot memungkinkan penggunanya untuk menyapa dan membalas pesan sesuai dengan tema yang ditanyakan. Fitur Chatbot ini dapat dipasang pada website bisnis Anda, sehingga prospek dan pelanggan dapat menghubungi Anda tanpa harus berganti perangkat atau aplikasi.

WhatsApp Robot Marketing Chatbot

Auto Responder

Fitur ini penting bagi sebuah bisnis karena prospek dan pelanggan Anda menginginkan jawaban yang tepat dan cepat. Anda dapat mengatur jawaban apa yang sesuai untuk pertanyaan tertentu.

WhatsApp Robot Marketing Autoresponder

• Personalisasi Pesan

Pesan yang dikirimkan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan engagement dengan prospek dan pelanggan.

WhatsApp Marketing Robot

• Pengiriman Terjadwal

Pengiriman pesan yang terjadwal dengan baik akan memudahkan tugas tim pemasaran, sehingga mereka dapat lebih fokus pada tugas lain yang membutuhkan perhatian lebih.

• Menyimpan Kontak Otomatis

Pengguna WhatsApp API tidak perlu repot menyimpan nomor secara manual, karena akan dilakukan secara otomatis oleh robot WhatsApp. Kontak dan info rinci mengenai prospek akan tersimpan dengan lengkap dan rapi dalam satu sistem terintegrasi.

• Filter Nomor Aktif dan Memantau Pesan Terkirim

WhatsApp robot marketing dapat mendeteksi nomor yang aktif dan tidak aktif, sehingga pesan yang Anda buat hanya akan dikirimkan pada nomor WhatsApp yang aktif saja. Anda juga dapat memantau jumlah pesan yang terkirim atau tidak.

Artikel Terkait: 9 WhatsApp Marketing Tools


Gunakan WhatsApp Robot Marketing Sekarang Juga

Jika Anda telah sampai pada bagian ini, tentunya Anda telah mengetahui bahwa WhatsApp marketing tentu banyak manfaatnya bagi bisnis Anda, terutama untuk pemasaran. WhatsApp marketing akan membantu Anda untuk menghemat biaya pemasaran, karena Anda dapat melakukannya hanya menggunakan WhatsApp, dan didukung dengan jumlah pengguna WhatsApp yang cukup banyak.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan robot WhatsApp atau robot chat WhatsApp, Anda dapat memperolehnya dengan mudah melalui Qontak.com yang merupakan Official Business Partner WhatsApp di Indonesia yang siap membantu Anda kapan saja. Qontak.com mengerti akan kebutuhan bisnis di Indonesia karena telah memiliki banyak pengalaman dalam melayani banyak bisnis di Indonesia.

Qontak.com juga dapat membantu Anda untuk mengoptimasi bisnis Anda dengan aplikasi CRM Omnichannel sehingga dapat terintegrasi dengan WhatsApp Business API Anda. Konsultasikan dulu dengan tim Qontak.com dan coba Free Trial nya sebelum berlangganan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Robot Marketing

Mengapa saya membutuhkan API untuk membuat robot WhatsApp?
    • Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan fitur yang lebih canggih pada WhatsApp bisnis Anda, Anda memerlukan API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WA Business biasa dan WhatsApp robot marketing dari Qontak.com?
    • Tidak ada API di WA Business biasa. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WA Business. Sedangkan dengan robot WhatsApp Qontak.com, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem bot yang baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WA Business saya ke WhatsApp robot marketing Qontak.com?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan WhatsApp robot marketing?
    • Anda dapat memberikan info promosi / kampanye jika disetujui atau diizinkan oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai WhatsApp robot marketing berbasis API by Qontak.com pada video berikut ini:

You may also like

0 comments

By