Daftar isi
5 min read

Panduan Memilih Whatsapp Partner Resmi dan Terpercaya Terbaik di Indonesia

Tayang 06 Februari 2024
Diperbarui 12 Februari 2024
WhatsApp Partner Indonesia
Panduan Memilih Whatsapp Partner Resmi dan Terpercaya Terbaik di Indonesia

Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi sangatlah populer saat ini. Komunikasi yang terjalin bukan hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga bisnis. Oleh karena itu, sebagian bisnis bermitra dengan WhatsApp Partner Indonesia untuk memiliki WhatsApp Business API untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Terlebih melihat data Your Business  Number sekitar 83% pelanggan menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp Business untuk menghubungi bisnis guna mempelajari produk, dan 75% dari mereka benar-benar melakukan pembelian.

Angka tersebut menujukkan pentingnya bagi bisnis untuk melayani pelanggan dengan baik dan cepat melalui WhatsApp Business API. Namun sebelum itu semua, Anda perlu memilih Whatsapp partner Indonesia terpecaya. Pasalnya sebagian WhatsApp provider memiliki beberapa keterbatasan dan biaya tersembuyi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara memilih WhatsApp API Partner terbaik di Indonesia seperti pada artikel di bawah ini.

Apa Itu WhatsApp Business Partner?

WhatsApp Business Partner adalah mitra resmi WhatsApp yang menawarkan solusi komunikasi untuk bisnis berinteraksi dengan pelanggan. WhatsApp Partner membantu bisnis untuk memperoleh WA Business API.

WA API merupakan versi khusus yang dikeluarkan oleh Whatsapp untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi, baik bagi pelaku bisnis maupun penggunanya. WhatsApp API memiliki banyak fitur dan manfaat bagi bisnis yang tidak dapat dimiliki dengan Whatsapp Business biasa.

Jalin Kerjasama dengan Whatsapp Partner Indonesia

Menggunakan API Whatsapp Business merupakan pilihan yang tepat bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan, terutama di tengah masa pandemi yang masih belum berakhir ini. Cara membuat API Whatsapp tidaklah sulit. Jika tertarik untuk masuk ke pasar dengan API Whatsapp, Anda perlu bekerja sama dengan Official WhatsApp Partner sebagai penyedia solusi bisnis Whatsapp  atau WhatsApp Provider.

WhatsApp Business Partner merupakan penyedia solusi pihak ketiga yang mampu memberikan layanan Whatsapp Business API kepada bisnis. Official WhatsApp Partner akan membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan, misalnya untuk customer support

Sebagai pihak ketiga, Whatsapp partner Indonesia menawarkan layanan pada platform Whatsapp seperti pesan otomatis dan dalam jumlah besar yang bisa didapatkan dengan Whatsapp biasa. Hal tersebut tentunya dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana memilih Whatsapp partner Indonesia yang tepat?

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan Whatsapp API, memilih partner yang tepat merupakan hal yang penting. Terdapat beberapa kriteria yang dapat dipertimbangkan dalam memilih WhatsApp Provider yang tepat, seperti berikut:

1. Ketahui Apa saja fitur yang dibutuhkan

Memiliki akun Whatsapp Business bukan berarti Anda mendapatkan akses terhadap seluruh fitur yang dimilikinya. Partner resmi dapat memilih fitur mana saja yang menurut mereka penting. Pastikan bahwa penyedia yang dipilih dapat mendukung fitur Whatsapp yang Anda butuhkan.

Salah satu fitur yang cukup penting adalah fitur laporan dan analitik. Fitur ini penting bagi perusahaan untuk mengukur bagaimana kinerja tim yang menggunakan Whatsapp. Biasanya fitur ini digunakan untuk melihat kinerja tim customer service dalam menangani pelanggan, seperti jumlah percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon pertama, dan lain sebagainya.

2. Integrasi Whatsapp yang Ditawarkan

Sebelum menentukan partner yang sesuai, pertimbangkan bagaimana rencana integrasi Whatsapp Anda. Apakah Anda ingin mengintegrasikannya dengan sistem yang sudah ada? Jika ya, apa saja sistem yang ingin diintegrasi? Atau mungkin Anda ingin platform yang terpisah untuk Whatsapp?

Untuk memiliki sebuah sistem layanan pelanggan yang terpadu, sebaiknya berbagai sistem yang ada di perusahaan saling terintegrasi membentuk sebuah omnichannel customer service.

Mekari Qontak sebagai salah satu Whatsapp partner Indonesia resmi menyediakan Whatsapp Omnichannel, yaitu integrasi yang fleksibel dengan API yang siap diintegrasikan dengan platform manapun, mulai dari sistem CRM, contact center, hingga aplikasi ticketing. Integrasi tersebut mempermudah perusahaan untuk mengelola seluruh percakapan yang masuk dalam satu tampilan dashboard.

3. Apakah Partner Mengakomodasi Layanan Chatbot?

Penggunaan chatbot semakin meningkat dalam memberikan customer experience yang lebih efisien dengan biaya operasional yang lebih rendah. Chatbot Whatsapp memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah memberikan layanan pelanggan yang cepat dan tersedia setiap saat selama 24/7.

Jika Anda mempertimbangkan penggunaan chatbot, carilah partner yang dapat mengakomodasinya seperti Mekari Qontak. Fitur ini dapat disediakan sendiri oleh provider Whatsapp API, bekerja sama dengan pihak lain, maupun melalui integrasi pre-built.

4. Apakah Penetapan Harganya Transparan?

Perhatikan dengan cermat bagaimana penetapan harga yang ditawarkan oleh provider. Jangan tergoda dengan harga murah yang ditawarkan namun ternyata ada biaya tambahan tidak terduga di kemudian hari. Sebaiknya pilihlah provider yang telah mencakup seluruhnya, mulai dari biaya pemasangan, hosting, maintenance, dan layanan lainnya. Pastikan tidak ada biaya tersembunyi yang membuat pengeluaran Anda membengkak tiba-tiba.

Baca Juga: Catat! Inilah Harga (Pricing) WhatsApp Business API!

5. Seberapa cepat onboarding Whatsapp dilakukan?

Banyak perusahaan yang memerlukan onboarding dengan cepat untuk dapat memulai Whatsapp dalam waktu dekat. Mengatur akun Whatsapp Business seharusnya tidak terlalu rumit dan memakan waktu lama.

Qontak menawarkan onboarding dengan cepat kapan pun dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan melalui konsultasi dan panduan secara bertahap yang disediakan oleh para konsultan senior.

Baca Juga: Kelebihan dan Fitur Utama WhatsApp Business API

Kesimpulan

Memilih Official WhatsApp Partner sangat menentukan bagaimana kelancaran perusahaan Anda dalam menggunakan Whatsapp API. Pastikan WhatsApp provider yang dipilih bersikap responsif dan mampu memberikan solusi terhadap bisnis Anda secara efisien dan tepat.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp API yangtelah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak Gratis di sini.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales