Qontak WhatsApp

WhatsApp Parallel: Cara Install Banyak WhatsApp di Satu Device

WhatsApp Parallel Cara Install Banyak WhatsApp di Satu Device

WhatsApp Parallel untuk Banyak Agen, Pelajari Cara Lengkap untuk Menginstalnya

WhatsApp parallel yang dapat digunakan untuk banyak agen bukan lagi menjadi hal yang mustahil untuk dimiliki pada sebuah bisnis. Sebaliknya, WhatsApp parallel justru sangat dianjurkan untuk diterapkan pada sebuah bisnis karena akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang menggunakannya. Jika Anda ingin menggunakannya, pelajari lebih lanjut tentang WhatsApp parallel serta cara menginstalnya pada device Anda.

Berikut ini merupakan cara lengkap untuk menginstal WhatsApp parallel:

Step 1. Login melalui Chat Panel Qontak.com

Step 2. Mengatur Chat Assignment (Penerima Chat)

Step 3. Mengatur Jam Kerja, Balasan Otomatis, dan Template Pesan

Step 4. Login melalui Aplikasi Chat Qontak.com

Step 5. Membuat Pengaturan Pesan

Step 6. Mengetahui Informasi Konsumen

Cara Lengkap untuk Instal WhatsApp Parallel untuk Banyak Agen


Apa itu WhatsApp Parallel?

WhatsApp parallel adalah sistem WhatsApp yang dapat diinstal pada banyak perangkat yang berbeda namun menggunakan akun yang sama sehingga disebut juga sebagai WhatsApp multi device. Oleh karenanya, WhatsApp parallel ini dapat digunakan oleh banyak admin.

WhatsApp multi parallel ini berbeda dengan WhatsApp cloning biasa yang hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan satu akun pada dua perangkat saja, ataupun yang hanya memungkinkan adanya penginstalan dual WhatsApp dengan nomor yang berbeda pada satu device. WhatsApp multi device tidak membatasi jumlah nomor ataupun jumlah perangkat yang digunakan untuk sebuah akun WhatsApp.


Apa Alasan yang Tepat untuk Menggunakan WhatsApp Parallel?

WhatsApp parallel hanya dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp Business API atau yang biasa disingkat WA API. Hal tersebut disebabkan karena hanya WhatsApp API lah yang tidak membatasi jumlah admin atau jumlah nomor yang didaftarkan untuk mengakses satu akun WhatsApp.

Dibawah ini merupakan beberapa alasan untuk menggunakan WhatsApp parallel (WhatsApp API) :

  • Memiliki pesan masuk dengan jumlah yang cukup banyak melalui WhatsApp dari prospek dan pelanggan, baik berupa pertanyaan, keluhan, testimoni, atau pesanan.
  • Membutuhkan jumlah admin atau agen lebih dari 2 orang untuk melayani pesan yang masuk dari prospek ataupun pelanggan.
  • Ingin meningkatkan bisnis dengan promosi melalui WhatsApp yang biasanya juga dilakukan oleh tim marketing sehingga akan menambah jumlah agen.
  • Membutuhkan fitur WhatsApp yang lebih canggih, misalnya seperti WhatsApp Bot yang dapat membantu tim customer service pada bisnis Anda.

Jika Anda merupakan pelaku bisnis dengan kebutuhan seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai menggunakan WhatsApp multi device.


Apa Manfaat WhatsApp Parallel untuk Bisnis?

Ada banyak manfaat yang dapat bisnis Anda peroleh jika menggunakan WhatsApp multi device. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • WhatsApp multi device dapat di instal atau digunakan pada banyak device dengan nomor yang berbeda namun menggunakan satu akun yang sama. Dengan demikian, tidak ada batasan jumlah admin atau agen yang dapat menggunakannya.
  • WhatsApp multi parallel memiliki fitur WhatsApp Masking dimana display name akan otomatis muncul pada layar obrolan pengguna WhatsApp lainnya walaupun nomor bisnis Anda belum mereka simpan. Display name tersebut juga muncul dengan nama yang sama walaupun nomor bisnis yang digunakan berbeda.
  • WhatsApp API chat nya memiliki sistem auto reply dan automation.
  • Selain display name, akan terdapat tanda centang hijau (green tick) disampingnya yang menandakan bahwa akun WhatsApp tersebut telah terverifikasi sebagai akun bisnis resmi.
  • WhatsApp parallel memiliki sistem rotating yang membantu meneruskan serta membaginya kepada admin yang bertugas secara merata.
  • API WhatsApp dapat membantu penggunanya untuk mengirimkan pesan blast dan bulk tanpa perlu menyimpan nomor penerima pesan terlebih dahulu. Pesan tersebut dapat terkirim sekaligus dan tidak ada batasan jumlah nomor yang dapat dikirimi pesan.
  • WhatsApp parallel dapat diintegrasikan dengan sistem CRM yang dapat meningkatkan otomatisasi pada proses bisnis.

Artikel Terkait: 3 Keuntungan Menggunakan API WhatsApp Business di New Normal dan WhatsApp API Indonesia: Manfaat dan Cara Membuatnya


Bagaimana Cara Menginstal WhatsApp Parallel pada Satu Device?

Untuk menginstal WhatsApp parallel pada perangkat elektronik Anda, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu melalui Business Solution Provider WhatsApp Resmi seperti Qontak.com untuk memperoleh WhatsApp API. Langkah-langkah melakukannya dapat Anda baca lebih lengkap disini.

Inilah langkah-langkah menginstal WhatsApp parallel setelah Anda memperoleh WhatsApp API melalui Qontak.com:

Step 1. Login melalui Chat Panel Qontak.com

WhatsApp Parallel Login Chat Panel

Tim Qontak.com akan memberikan Anda credential berupa username dan password untuk dapat melakukan login. Tampilan serta kemampuan akses pada aplikasi akan berbeda antara manajer (supervisor) dan agen.

Step 2. Mengatur Chat Assignment (Penerima Chat)

WhatsApp Parallel Mengatur Chat Assignment

Pengaturan ini terdapat pada opsi login untuk manajer atau supervisor. Sedangkan agen mendapatkan opsi untuk mengatur statusnya, online atau tidak. Status tersebut akan berguna saat fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation dijalankan.

Step 3. Mengatur Jam Kerja, Balasan Otomatis, dan Template Pesan

WhatsApp Parallel Mengatur Pesan

Beberapa pengaturan dasar hanya dapat dibuat oleh manajer atau supervisor, termasuk pengaturan ini. Pengaturan ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.

Step 4. Login melalui Aplikasi Chat Qontak.com

WhatsApp Parallel Login Aplikasi Chat Qontak.com

Aplikasi chat ini dapat diunduh pada AppStore atau PlayStore menggunakan kata kunci “Qontak chat” pada kolom pencarian. Aplikasi ini digunakan pada perangkat seluler yang tentu akan memberikan kemudahan pada setiap penggunanya. Gunakan username dan password yang sama yang telah diberikan sebelumnya untuk login pada chat panel pada langkah pertama.

Step 5. Membuat Pengaturan Pesan

WhatsApp Parallel Membuat Pengaturan Pesan

Semua hal yang berkaitan dengan pesan akan diatur pada langkah ini, yaitu:

  • Mengambil pesan
  • Membalas pesan
  • Mengirimkan pesan
  • Menyelesaikan pesan

Step 6. Mengetahui Informasi Konsumen

WhatsApp Parallel Mengetahui Informasi Konsumen

Informasi terkait pelanggan perlu untuk diketahui, dan inilah salah satu kelebihan dari WhatsApp API atau WhatsApp multi device. Semua informasi pelanggan akan otomatis tersimpan dalam sistem karena adanya API. Beberapa informasi terkait pelanggan yang penting misalnya sebagai berikut:

  • Data pelanggan (Nama, nomor telepon, session status)
  • Room history (Riwayat percakapan antara agen dengan prospek dan pelanggan). Fitur ini hanya dapat diakses oleh manajer atau supervisor.
  • Catatan yang diberikan agen untuk setiap prospek atau pelanggan yang dilayaninya.
  • Tags yang berfungsi untuk memfilter pesan dengan mudah sesuai kategorinya.

Jika Anda ingin menambahkan atau mendaftarkan nomor WhatsApp baru untuk agen atau admin tambahan, Anda hanya perlu menghubungi tim Qontak.com. Setelah itu, agen atau admin yang nomornya telah didaftarkan dapat login melalui chat panel diatas.


Dapatkan WhatsApp Parallel Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang

WhatsApp API Qontak.com

Penggunaan WhatsApp multi device pada bisnis Anda dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang jauh lebih baik. Tidak perlu bingung dimana harus memperolehnya, karena Anda dapat memperoleh WhatsApp multi device terbaik dengan mudah melalui Qontak.com.

Qontak.com merupakan BSP resmi WhatsApp di Indonesia yang juga merupakan penyedia aplikasi CRM Omnichannel yang telah berpengalaman dalam membantu banyak bisnis di Indonesia. Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan tim Qontak.com yang selalu siap melayani Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Parallel

Mengapa saya membutuhkan WhatsApp parallel?
    • Untuk mendapatkan fitur obrolan yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan WhatsAp parallel (WhatsApp API). Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business biasa dan WhatsApp parallel dari Qontak.com?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apapun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem chat yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API (WhatsApp parallel)?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan aplikasi WhatsApp parallel?
    • Anda dapat memberikan info promosi / kampanye jika disetujui atau diizinkan oleh pelanggan.

You may also like

0 comments

By