Qontak WhatsApp

Cara Mudah Balas Pesan WhatsApp Otomatis

whatsapp-otomatis

Apakah Bisa Kirim Jawaban Otomatis di WhatsApp?

WhatsApp merupakan salah satu media yang digunakan oleh bisnis untuk membangun customer relation.  Hal ini tak lepas dari kemampuan WA memberikan jawab otomatis. WhatsApp otomatis atau autoresponder ini dapat Anda peroleh melalui WhatsApp Business API.

6 cara mengirikan WhatsApp jawab otomatis bisnis sebagai berikut ini:

  1. Mendaftar ke Business Solution Provider WhatsApp API (Qontak.com)
  2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
  3. Tentukan Nomor dan Lengkapi Profil WA Anda
  4. Login ke Chat Panel Qontak.com
  5. Submit Template Pesan ke Qontak.com
  6. Kirim Pesan WhatsApp (Testing)

Apa itu WhatsApp Otomatis?

WhatsApp Otomatis adalah salah satu fitur WA Business yang mampu jawab pesan secara otomatis. Kemampuan auto WhatsApp sender ini diperoleh dari robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau chatbot. Biasanya isi WhatsApp jawab otomatis berupa greeting message, harga produk, gambar produk dan lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Cara membuat chat otomatis di WA bisnis biasanya dengan menyediakan teks balasan dari pertanyaan yang sering diajukan melalui fitur Quick Replies. WhatsApp jawab otomatis juga dapat dirancang untuk meneruskan pertanyaan yang tidak dapat dijawab ke tim support melalui fitur Rotator. Namun saat tim support tidak sedang beroperasi, auto WhatsApp sender akan kirim pesan berupa pemberitahuan bahwa tim tidak tersedia melalui fitur Away Message.

Whatsapp-otomatis-with-API


Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Jawab Otomatis dengan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API dilengkapi dengan fitur Chatbot yang akan merespon setiap pesan pelanggan secara otomatis. Meski WA biasa memiliki fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mengirimkan pesan otomatis, tapi fitur away messages WhatsApp biasa ini memiliki keterbatasan. Misalnya fitur Quick reply yang hanya jawab 50 pesan otomatis bersamaan.

Bagi pelaku bisnis dengan pelanggan banyak, hal ini tidaklah cukup. Tidak seperti WhatsApp API yang mana dapat jawab pesan otomatis tak terbatas dalam waktu bersamaan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur pola percakapan pesan yang akan dikirimkan dari pernyaan yang sering diajukan pelanggan. Dengan begitu, permintaan pelanggan dapat diselesaikan tanpa berinteraksi dengan agen Anda. Bahkan saat jam operasional bisnis Anda berakhir, permintaan pelanggan tetap bisa diselesaikan oleh chatbot.


Apa Manfaat Menerapkan WhatsApp Otomatis Pada Bisnis?

Manfaat utama WhatsApp otomatis adalah memberikan jawaban permintaan pelanggan secara otomatis. Sebagian besar bisnis memiliki jam operasional 8-12 jam per hari. Sangat mungkin bagi pelanggan untuk berinteraksi di luar jam tersebut. Dengan menggunakan auto WhatsApp sender, bisnis dapat tetap bisa melayani pelanggan. Hal ini mendorong mereka untuk masuk ke sales funnel lebih mudah.

Berikut keuntungan bisnis Anda jika menggunakan WhatsApp jawab otomatis:

– Menyediakan Layanan Pelanggan 24 jam

Autoresponder akan membalas otomatis setiap kali pelanggan mengirimkan pesan tanpa dibatasi jam operasional. Isi pesan tersebut biasanya berupa solusi sederhana yang sering ditanyakan pelanggan tanpa perlu ke CS. Hal ini membuat bisnis seperti memiliki customer service yang selalu tersedia 24 jam nonstop.

– Terjamin Keamananya

Aplikasi WhatsApp dilengkapi sistem keamanan end-to-end encryption. Artinya semua pesan baik masuk atau keluar dijamin kerahasiaannya. Pengguna yang terlibat dalam percakapan yang hanya dapat melihat isi percakapan.

– Meningkatkan Customer Relation

WhatsApp autoresponder membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan lebih baik.

– Mengumpulkan Feedback

Auto WhatsApp sender dapat diatur untuk meminta feedback atau masukan dari pelanggan. Feedback tersebut dapat digunakan untuk memahami kebutuhan pelanggan dan menyusun strategi peningkatan bisnis.

– Meningkatkan Penjualan

Sebagian besar pelanggan mendapatkan rekomendasi dan solusi dari WhatsApp jawab otomatis, tanpa perlu melalui tim CS. Artinya terjadi peningkatan pada customer experience yang berpengaruh pada reputasi lebih baik. Dengan reputasi bisnis yang baik, kesempatan untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.

Saya Mau Coba WA Otomatis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Tim Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Kirim Pesan Otomatis Menggunakan WhatsApp Otomatis?

WhatsApp jawab otomatis hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business API. Berikut cara membuat chat  di WhatsApp Business API:

Step 1. Mendaftar ke Business Solution Provider WhatsApp API (Qontak.com)

WhatsApp Jawab Otomatis

Business Solution Provider (BSP) akan mendaftarkan nomor Anda ke WhatsApp untuk mendapatkan API WhatsApp Business. Mereka juga akan membantu Anda dalam setiap proses memiliki fitur WhatsApp canggih salah satunya WA otomatis. Maka dari itu, Anda perlu memilih vendor atau mitra resmi WhatsApp yang terpercaya dan solutif seperti Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

FBM-for-Otomatis-Whatsapp-

Proses pengajuan verifikasi ini ke pihak Facebook, akan dibantu Qontak.com. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa informasi sebagai berikut:

  • Nama bisnis
  • Website
  • E-mail bisnis
  • SIUP/NIB/NPWP

Step 3. Tentukan Nomor dan Lengkapi Profil WA Anda

Profil-WA

Setelah terverifikasi, Anda harus memilih nomor yang akan digunakan untuk akun WhatsApp business. Pastikan nomor tersebut selalu aktif karena tidak bisa diganti selamanya. Selanjutnya lengkapi profil dengan informasi bisnis seperti katalog produk, lokasi bisnis, jam operasional dan lainnya.

Sementara itu, BSP Qontak.com akan mengajukan centang hijau atau akun verified. Selain itu juga membantu Anda mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM atau sistem lainnya yang telah ada.

Step 4. Login ke Chat Panel Qontak.com

Qontak-panel

Qontak.com akan memberikan kredensial untuk digunakan login di chat panel Qontak.com. Akses atau kredensial yang diberikan untuk agen dan supervisor berbeda. Agen hanya akan diizinkan untuk membalas pesan yang masuk sedangkan supervisor juga dapat memantau pesan masuk serta melakukan beberapa pengaturan.

Step 5. Submit Template Pesan ke Qontak.com

whatsapp chatbot qontak

Selanjutnya Anda bisa menyusun template atau alur autoresponder untuk merespon setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Anda bisa mendapatkan bantuan tim Qontak.com untuk membangun sistem WhatsApp jawab otomatis seperti jam kerja, berbagai template, dan juga tags dengan praktis. Setelah itu, submit yang telah jadi ke Panel Qontak.com.

 Step 6. Kirim Pesan WhatsApp (Testing)

Trial-and-Error-WhatsApp-otomatis

Setelah selesai semua, coba mengirimkan pesan ke akun WhatsApp Anda seperti pelanggan. Tunggu beberapa waktu untuk memastikan Anda menerima balasan otomatis sesuai yang diatur. Apabila Anda mendapatkan balasan, berarti WhatsApp jawab otomatis dapat digunakan untuk melayani pelanggan.


Bagaimana WhatsApp Otomatis Bekerja?

WhatsApp otomatis bekerja mengirimkan pesan balasan dari setiap pesan yang masuk secara otomatis. Biasanya bisnis menyediakan template chat WhatsApp jawab otomatis yang akan dikirim ke pelanggan setiap mengirimkan pesan. Cara membuat chat otomatis di WA berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Berikut hal-hal yang umumnya dilakukan oleh WhatsApp auto WhatsApp sender:

– Kirim pesan otomatis WhatsApp sesuai dengan template chat yang telah dibuat

Kirim pesan otomatis WA digerakkan oleh sebuah program yang membaca sebuah triggers atau pesan yang masuk. Kemudian autoresponder memberikan balasan berdasarkan template chat WAotomatis yang telah dibuat. Pesan balasan tersebut akan dikirim melalui sistem CRM dan akan muncul pada panel omnichannel CS. Terdapat 5 tipe template chat WhatsApp jawab otomatis yakni berupa faktur, reminder, notifikasi, OTP, dan konfirmasi.

– Kirim pesan otomatis WhatsApp dengan sistem Chatbot

Chatbot dikenal membantu bisnis dalam memberikan respon cepat ke pelanggan selama 24 jam nonstop. Kelebihan lainnya adalah chatbot dapat dikostumisasi dan menghubungkan  alur percakapan dengan database yang ada melalui fungsi JSON API.

– Mengalokasikan agen secara otomatis

Autoresponder dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan secara otomatis berdasarkan lokasi atau tim spesifik melalui round robin sesuai dengan kebutuhan bisnis,

– Menyimpan data percakapan ke sistem CRM

Seluruh chat WA otomatis akan langsung disimpan dalam database sistem CRM. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi memindahkan secara manual. Fungsi ini dapat menghemat waktu tim support dan membantu mereka menangani keluhan pelanggan lebih cepat.

– Menampilkan laporan dan analisis

Auto WhatsApp sender dilengkapi dengan dashboard yang menampilkan laporan semua aktivitas chat WhatsApp otomatis secara real time dan instan. Hal ini membantu untuk meningkatkan kinerja percakapan tim support dengan pelanggan.

whatsapp-otomatis-report-qontak


Dapatkan WhatsApp Otomatis Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Langkah pertama untuk membangun Chatbot WhatsApp adalah dengan memiliki WhatsApp API. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang bisa diperoleh dengan mengunduh gratis pada Playstore atau Appstore, ada beberapa cara membuat API WhatsApp. Hal yang pasti adalah Anda harus bekerja sama dengan partner resmi WhatsApp seperti Qontak.com.

Qontak.com akan membantu membangun chatbot WhatsApp Anda, mulai dari desain template, hingga integrasi dengan sistem lain seperti CRM. Dengan demikian, Anda dapat memiliki satu tampilan dashboard terhadap seluruh touch point pelanggan. Qontak.com merupakan solusi lengkap all-in-one untuk bisnis Anda.

Dapatkan FREE TRIAL WhatsApp API Anda Sekarang! atau dengan mengisi form di bawah ini! Hubungi kami sekarang, disini!

You may also like

By