Whatsapp Multiple Device: Ini yang Perlu Kamu Tahu!

whatsapp multiple device

Kenali Apa itu Whatsapp Multiple Device dan Kelebihannya!

Telah beredar kabar bahwa Whatsapp saat ini sedang mengembangkan fitur Whatsapp multiple device. Fitur ini memungkinkan satu nomor Whatsapp dapat digunakan pada berbagai perangkat berbeda secara bersamaan. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini Whatsapp hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Alias, Anda tidak bisa menggunakan satu akun Whatsapp pada beberapa handphone atau perangkat sekaligus.

Bukankah kita bisa membuka Whatsapp di desktop melalui Whatsapp Web?

Ya, memang kita bisa membuka Whatsapp di handphone dan Web secara bersamaan, Namun, Whatsapp Web memerlukan handphone yang terhubung dalam keadaan menyala. Jika handphone yang terhubung dalam keadaan mati atau tidak terhubung dengan internet, otomatis Whatsapp Web tidak dapat digunakan.

Whatsapp multiple device yang sedang dikembangkan saat ini tidak demikian. Dilansir dari The Verge, fitur baru yang mendukung berbagai perangkat ini tidak perlu terhubung dengan perangkat utama. Artinya, satu nomor Whatsapp dapat digunakan pada beberapa perangkat secara bersamaan, bahkan hingga 4 perangkat sekaligus. Fitur ini juga mendukung sinkronisasi riwayat percakapan atau chat history sehingga pesan yang terdapat di perangkat yang berbeda tersebut dapat sinkron satu sama lain.

Pengguna yang ingin menggunakan Whatsapp pada perangkat kedua harus menyalin riwayat percakapan terlebih dahulu. Diperlukan koneksi Wi-Fi untuk melakukannya karena data yang digunakan cukup besar. Selanjutnya barulah proses login dapat dilakukan.

Sembari menunggu kebenaran perkembangan fitur tersebut, Anda sebetulnya bisa menggunakan Whatsapp multiple device melalui Whatsapp API. Whatsapp API adalah satu versi dari Whatsapp Business yang memiliki banyak keunggulan, seperti integrasi dengan aplikasi lain hingga menggunakan satu nomor Whatsapp untuk banyak admin.

Mengapa perlu Whatsapp Multiple Device?

Whatsapp multiple device sangat cocok bagi bisnis yang memiliki banyak pelanggan sehingga memerlukan lebih dari satu nomor Whatsapp untuk dapat memberikan respon yang lebih cepat. Dengan Whatsapp multiple device, bisnis cukup menggunakan satu nomor Whatsapp saja dengan jumlah pengguna dan perangkat yang tidak terbatas. Selain itu, Whatsapp API memiliki berbagai fitur canggih yang sangat berguna bagi bisnis, baik untuk meningkatkan layanan pelanggan maupun konversi penjualan.

whatsapp multiple device

Beberapa keunggulan Whatsapp multiple device dengan menggunakan Whatsapp API yaitu:

  • Satu nomor Whatsapp untuk semua

Pemilik bisnis cukup memiliki satu nomor Whatsapp untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya.

  • Memudahkan monitoring pesan yang masuk

Dengan hanya menggunakan satu nomor Whatsapp, bisnis lebih mudah untuk memantau pesan yang masuk. Whatsapp API dilengkapi fitur canggih sehingga walaupun digunakan oleh beberapa agen customer service dari berbagai perangkat yang berbeda, pesan yang masuk akan tersimpan otomatis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu melakukan backup data pesan maupun sinkronisasi riwayat percakapan antar perangkat satu dengan yang lainnya.

  • Laporan dan analisa menyeluruh

Whatsapp API memungkinkan adanya pelaporan dan analisa secara real time dan langsung dari seluruh aktivitas yang terjadi, seperti berapa total percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon agen, dan sebagainya. Hal ini mempermudah jajaran manajerial untuk menilai KPI customer service, kinerja tiap agen, dan strategi untuk meningkatkan kinerja percakapan agar lebih baik.

whatsapp multiple device

  • Sistem routing agen tingkat lanjut

Pengguna dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis, baik secara otomatis maupun dikustomisasi sesuai kebutuhan. Dengan demikian, pelanggan dapat diarahkan langsung ke bagian yang tepat untuk ditangani.

  • Kemudahan integrasi dengan saluran lainnya

Whatsapp API dapat dihubungkan dengan aplikasi populer lainnya, seperti Telegram, Line, atau Facebook Messenger. Integrasi canggih ini sering juga disebut Whatsapp Omnichannel. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memiliki sebuah omnichannel customer service yang dapat menciptakan interaksi yang lebih mulus antara bisnis dengan pelanggan. Seluruh percakapan yang terjadi dapat dilihat dalam satu tampilan layar yang saling terhubung.

whatsapp multiple device

  • Tanda centang hijau resmi

Bangun kredibilitas bisnis yang lebih baik dengan adanya tanda centang hijau resmi dari Whatsapp.

Miliki Whatsapp Multiple Device dengan Whatsapp API

Jika tertarik memiliki Whatsapp multiple device, terutama untuk keperluan bisnis, Anda bisa segera mendapatkannya melalui Whatsapp API. Selain jumlah pengguna dan perangkat yang tidak terbatas untuk satu nomor, Anda bisa memperoleh fitur-fitur unggul pada Whatsapp API yang sangat berguna untuk produktivitas bisnis. Cara membuat API Whatsapp dapat dilakukan melalui kerja sama dengan Whatsapp partner Indonesia, salah satunya adalah Qontak. Qontak menyediakan solusi end-to-end yang terdiri dari API WhatsApp dan solusi omnichannel lainnya yang terhubung ke solusi CRM yang canggih. Solusi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

× Contact Us!