WhatsApp Live Chat: Pengertian dan 5 Cara Kerjanya

whatsapp live chat

WhatsApp Live Chat Wajib Dimiliki Bisnis

WhatsApp live chat adalah pelayanan yang memungkinkan untuk menjawab segala pertanyaan, keluhan, permintaan pelanggan secara real time. Layanan ini sangat penting bagi bisnis Anda karena mampu merespon chat dari pelanggan tanpa batas waktu baik melalui pesan suara, obrolan teks, maupun keduanya. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Dalam sebuah penelitian ICMI mengungkapkan sebanyak 72% pelanggan merasa puas dengan customer support experience ketika berbelanja online, level kepuasan mereka meningkat sebanyak 92% dengan adanya fitur live chat yang mudah diakses di gadget.

Sekitar 38% pelanggan memutuskan untuk berbelanja online setelah menggunakan live chat dan sebanyak 63% pelanggan yang menggunakan live chat cenderung kembali bertransaksi dibanding pelanggan biasa.

Berdasarkan fakta tersebut menunjukkan WhatsApp live chat mampu meningkatkan customer experience yang berdampak pada peningkatan bisnis. Selain itu,  Live chat WhatsApp integration dengan API WhatsApp Business mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan. Sebab WhatsApp Bisnis API dipastikan merupakan bisnis yang real dan resmi  yang ditandai dengan centang hijau karena bisnis tersebut harus memiliki izin/ berbadan hukum serta telah memenuhi persyaratan lainnya.

Mengenal lebih jauh mengenai live chat dengan membaca: Pentingnya live chat untuk bisnis

Mengapa bisnis membutuhkan WhatsApp live chat pada era digital?

Tahun 2021 diprediksi menjadi era kebangkitan ekonomi setelah terpuruk akibat pandemi covid-19. Didukung oleh penelitian PWC Indonesia yang mengungkapkan bahwa meski mengalami penurunan pendapatan rumah tangga imbas pandemi, sebanyak 64% konsumen Indonesia optimis tentang masa depan dan akan menghabiskan lebih banyak pendapatan rumah tangga mereka. Tentu saja fakta ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan bisnis Anda.

Maka dari itu, Anda perlu menyusun strategi agar mampu bersaing dengan kompetitor di tahun ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan WhatsApp live chat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan Anda. Sebab live chat WhatsApp integration terbukti telah banyak digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan customer experience. Berikut alasan WhatsApp live chat digunakan oleh bisnis Anda di era digital:

  • Fast Respon

Di Tengah persaingan bisnis ketat dimana hampir semua bisnis telah beralih ke online seperti saat ini, kecepatan dalam memberikan pelayanan sangatlah penting. Hal ini didukung penelitian Liveperson mengungkapkan sekitar 82% pelanggan menilai customer service adalah permasalahan mereka berhasil diselesaikan dengan cepat.  WhatsApp live chat dapat memberikan respon keluhan, pertanyaan dan permintaan pelanggan secara real time selama 24 jam nonstop.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Kejahatan cyber akhir-akhir ini menghantui konsumen Indonesia. Imbasnya muncul keraguan untuk bertransaksi online. WhatsApp Business yang terverifikasi atau centang hijau meyakinkan pelanggan kredibilitas bisnis Anda tak perlu diragukan. Studi Now Acquired by Oracle mengatakan 90% pelanggan berpendapat live chat memberikan keyakinan bahwa mereka akan mendapat bantuan sesuai dengan kebutuhannya dengan cepat. Sedangkan bisnis tanpa live chat harus bekerja keras untuk membangun kepercayaan itu.

  • Menghemat Biaya Customer Service

Meminimalisir pengeluaran menjadi salah satu solusi paling tepat dalam kondisi perekonomian terpuruk seperti saat ini. Riset yang dilakukan Telus International menemukan live chat 50% lebih murah dibandingkan telepon. Bahkan selama sebulan WP Engine memanfaatkan live chat, sudah mengurangi biaya customer support karena berhasil menyelesaikan lebih dari 90% pertanyaan dan masalah pelanggan secara cepat hanya dengan live chat.

Baca juga: manfaat WhatsApp sebagai customer service

  • Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaat dari penggunaan WhatsApp live chat adalah potensi meningkatnya penjualan. WA live chat membantu menahan pelanggan untuk cepat mengambil keputusan yang kurang menguntungkan bagi bisnis Anda. Sebab segala pertanyaan, permasalahan atau keberatan pelanggan dapat diselesaikan melalui obrolan di WhatsApp.  Sebuah penelitian eMarketer menunjukkan bahwa 35% orang melakukan pembelian setelah menggunakan live chat. Hal ini tentu sangat berarti bagi bisnis Anda yang  terdampak pandemi.

  • WhatsApp Live Chat Aman Digunakan

Whatsapp Business dilengkapi keamanan dengan enkripsi end-to-end encryption. Artinya semua pesan masuk dan keluar dijamin aman kerahasiaannya, karena hanya pengguna yang dapat melihat isi percakapan dengan WhatsApp Business. Bahkan pihak WhatsApp tidak bisa mengakses isi percakapan tersebut.

whatsapp live chat

Bagaimana live chat bekerja memenuhi kebutuhan bisnis?

Semua pebisnis tentu ingin melihat bisnisnya berkembang pesat. Maka dari itu sangat diperlukan ketelitian, tepat dan kecepatan dalam proses perjalanannya. Sesuatu yang tidak efisien serta lamban akan sulit mengembalikan kestabilan dalam bisnis. Alasan inilah yang membuat WhatsApp live chat sangat penting digunakan bisnis Anda.

Live chat bekerja memenuhi kebutuhan bisnis Anda terutama dalam bidang pelayanan atau customer service. Berikut 5 cara kerja live chat dalam membantu operasional bisnis Anda:

  1. Memberikan Pelayanan Online 24/7

Live chat memiliki fitur pelayanan optimal setiap saat bagi para prospek dan pelanggan yang mengunjungi website toko online Anda. Live chat terintegrasi dengan ChatBot memungkinkan merespon pelanggan secara otomatis selama 24/7. Dengan begitu bisnis Anda dapat dihubungi kapan saja saat pelanggan membutuhkan.

  1. Mengelola Ticketing Pelanggan

Alasan pelanggan menghubungi tim CS Anda pasti berbeda-beda seperti menanyakan informasi produk, menyampaikan keluhan dan lain sebagainya. Dengan adanya fitur ini, setiap pesan pelanggan akan diorganisir berdasarkan jenis dan kepentingannya.

  1. Terintegrasi dengan Database Pelanggan

WhatsApp live chat terintegrasi dengan sistem CRM. Sistem ini memungkinkan Anda menyimpan semua data yang masuk dan menyimpannya dalam satu tempat dengan lengkap dan rapi. Data ini sangat penting untuk pengembangan bisnis Anda.  Rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan: Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia.

  1. Transfer Chat sesama Tim

Chat transfer memudahkan berkoordinasi antar tim support. Misalnya apabila salah satu anggota tim mengalami kesulitan bisa dengan mudah meminta bantuan anggota lain dengan fitur ini. Dengan begitu semua masalah pelanggan dapat diselesaikan lebih cepat.

  1. Otomatisasi Pesan

Anda dapat mengatur live chat merespon pesan secara otomatis. Misalnya dimulai dengan sapaan setiap kali pengunjung menekan live chat widget. Hal ini dapat menarik perhatian pengunjung yang merasakan kehadiran tim support Anda. Diharapkan membawa pengaruh yang baik untuk meningkatkan sales toko online Anda.

 Segera Miliki WhatsApp Live Chat!

WhatsApp live chat memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda saat ini. Tingkatkan bisnis Anda dengan WhatsApp live chat dari Qontak.com. Sebagai official partner WhatsApp API Busniess Indonesia, Qontak.com dilengkapi fitur chat canggih, otomatisasi dan terintegrasi dengan omnichannel chat. Dengan begitu dapat mengoptimalkan customer service untuk meningkatkan bisnis Anda di tahun 2021 hingga seterusnya pada era digital.

Coba GRATIS WhatsApp live chat terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!

whatsapp live chat

You may also like