Whatsapp Integration: One Stop Solution untuk Bisnis Anda

whatsapp integration

Apa itu Whatsapp Integration? Bagaimana Whatsapp integration bisa memberi manfaat bagi bisnis Anda?

Whatsapp Integration merupakan integrasi Whatsapp dengan sistem lain yang sudah ada dalam perusahaan. Integrasi ini bisa dilakukan jika Anda memiliki Whatsapp API atau Whatsapp Business API. API yang dimiliki Whatsapp sangatlah fleksibel. Hal ini memungkinkan bisnis untuk dapat bekerja sama dengan provider Whatsapp dan mengintegrasinya dengan sistem lain.

Whatsapp Business API sendiri sudah memiliki berbagai fitur yang tentunya lebih unggul dibandingkan Whatsapp biasa. Ditambah dengan fleksibilitasnya, API Whatsapp dapat semakin memberikan fitur-fitur yang lebih canggih dan memudahkan bisnis dalam sales maupun customer service. Berikut ini adalah perbandingan fitur yang dimiliki Whatsapp API dengan Whatsapp Business biasa.

whatsapp integration

Bagaimana Whatsapp Integration Bekerja?

Whatsapp integration biasanya dilakukan dengan sistem CRM Sales dan Customer Service. Untuk dapat melakukan integrasi Whatsapp dengan sistem CRM, Anda terlebih dahulu harus mendapatkan API Whatsapp. API Whatsapp dapat diperoleh dengan bekerja sama dengan official partner Whatsapp Business, salah satunya yang ada di Indonesia adalah Qontak. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Cara Membuat API Whatsapp dapat dibaca di sini.

Manfaat Utama Whatsapp Integration

Whatsapp Integration membawa fitur canggih yang terdapat pada sistem CRM Anda ke dalam tampilan Whatsapp Web. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi mengenai kontak Whatsapp mereka dan melakukan tugas pada sistem CRM tanpa harus meninggalkan tampilan Whatsapp.

Melalui integrasi Whatsapp dengan sistem CRM, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada kontak dalam sistem CRM dan merekam percakapan yang terjadi antara agen yang bertugas dengan kontak tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat melacak percakapan tersebut dengan mudah ketika dibutuhkan, menganalisisnya, maupun melihat kinerja tiap agen yang bertugas dan bisnis secara keseluruhan.

Komponen kunci yang terdapat pada Whatsapp Integration adalah sebagai berikut:

  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam Whatsapp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan Whatsapp
  • Memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan Whatsapp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Whatsapp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp

Siapa saja yang bisa menggunakan Whatsapp Integration?

Bisnis dari berbagai industri dan skala bisnis sangat bisa menggunakan Whatsapp Integration. Aplikasi CRM bisa digunakan mulai dari bisnis kecil/UMKM hingga industri retail. Semua bisnis tentu ingin menyediakan sarana untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan memberikan layanan terbaik untuk mereka. Dengan integrasi Whatsapp, pelayanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih baik dan canggih.

Melakukan Whatsapp Integration dengan Qontak

Sebagai salah satu official business partner Whatsapp API Indonesia, Qontak telah membantu bisnis dari berbagai industri dan skala bisnis untuk melakukan integrasi Whatsapp dengan CRM Sales dan Customer Service. Selain komponen kunci yang telah disebut di atas, beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Whatsapp CRM Qontak yaitu:

  1. Melihat dashboard CRM Whatsapp Web dalam satu tampilan

Tampilan dashboard pada CRM Whatsapp Qontak memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur pada sistem CRM dalam satu tampilan Whatsapp Web, seperti kontak, ticket, dan task. Dengan demikian pengguna tidak perlu bolak-balik untuk melihat antara dashboard CRM dan Whatsapp.

whatsapp integration

  1. Mengirim pesan Whatsapp dari CRM Qontak menggunakan template

Whatsapp CRM Qontak dapat membantu Anda mengirimkan pesan menggunakan template. Anda dapat menggunakan template yang telah tersedia, atau membuat template baru sesuai kebutuhan.

whatsapp integration

  1. Memiliki Whatsapp Chatbot

Anda dapat mengembangkan fitur Whatsapp lebih canggih lagi dengan memiliki fitur Whatsapp Chatbot. Fitur Whatsapp Chatbot sangat berguna bagi bisnis yang ingin mengotomatisasi percakapan dengan pelanggan secara lebih efisien. Bisnis dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memberikan respon secara 24/7 kepada pelanggan.

Dengan berbagai kelebihan di atas, pertimbangkan Whatsapp Integration untuk kemudahan bisnis Anda. Untuk konsultasi lebih lanjut secara gratis, silakan klik di sini.

× Contact Us!