Qontak WhatsApp

WhatsApp Customer Service Platform untuk Bisnis

Apa itu WhatsApp Customer Service Platform?

WhatsApp customer service platform adalah perangkat digital yang mempermudah bisnis dan pelanggan untuk saling terhubung melalui sistem obrolan WhatsApp. WhatsApp customer service tidak hanya berfungsi untuk merespon pelanggan, tapi juga mengirim notifikasi produk dan katalog promo kepada pelanggan sehingga tercipta hubungan yang berkelanjutan.

Aplikasi customer service WhatsApp mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, pengaturan pesan otomatis sapaan yang bersifat pribadi melalui suara atau gaya khas bisnis. Begitu juga pengaturan jawaban cepat (ChatBot) dari WhatsApp customer service yang akan dikirim ke pelanggan. Hal ini menghemat waktu dan menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Alasan mengapa Anda perlu meningkatkan customer service, baca: Pentingnya Customer Service, Jangan Anggap Remeh!


Apa Saja Fitur WhatsApp Customer Service Platform?

Aplikasi customer service WhatsApp membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan sehingga lebih cepat dan efisien yang meningkatkan penjualan dan produktivitas.

6 fitur pada WhatsApp customer service platform yang resmi dan menggunakan API ialah:

    1. WhatsApp Multiple Users dengan satu nomor untuk banyak agen di berbagai lokasi.
    2. Tanda centang hijau resmi untuk kredibilitas bisnis.
    3. Akses ke semua kontak WhatsApp, percakapan, dan lainnya secara otomatis.
    4. Laporan progres sales dan customer service dalam waktu tertentu, serta kinerja agen CS Anda secara real time.
    5. Integrasi omnichannel CRM dengan WhatsApp customer service dan berbagai aplikasi lainnya.
    6. WhatsApp blast untuk mengirimkan pesan massal ke pelanggan, meski nomor kontak tidak tersimpan.

Apa Manfaat WhatsApp Customer Service Platform?

Manfaat WhatsApp customer service platform yang diimplementasikan oleh bisnis akan sangat membantu dalam menghasilkan leads, terlibat dengan pelanggan lebih dalam, dan selalu ada saat pelanggan membutuhkan. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan aplikasi customer service WhatsApp, seperti:

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Aplikasi customer service WhatsApp memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan bisnis lebih cepat. Sebuah penelitian mengungkapkan sebanyak 80% pelanggan lebih loyal kepada bisnis yang mudah untuk dihubungi. Tim CS juga akan memastikan pelanggan merasa puas sebelum mengakhiri percakapan. Pelanggan yang puas pun akan kembali bertransaksi dan merekomendasikan bisnis ke orang lain.

  • Mudah Digunakan

Anda dapat mengelola semua interaksi bisnis dengan pelanggan secara tertib dalam satu panel WhatsApp customer service platform. Aplikasi ini didukung dengan sistem otomatisasi, bisnis tidak perlu lagi repot menginput atau backup data secara manual. Bisnis hanya perlu mengklik aplikasi customer service WhatsApp untuk melihat laporan dan analisa dari proses pelayanan pelanggan.

WhatsApp Customer Service Platform

  • Sistem yang Familiar bagi Karyawan

Sebagian besar karyawan mengunduh aplikasi WhatsApp untuk kepentingan pribadi. Mereka juga telah mengetahui apa saja fungsi dan cara mengoperasikan WhatsApp. Hal ini membuat mereka tidak perlu mempelajari sistem baru, karena prinsip kerja WhatsApp Business mirip dengan WhatsApp pribadi.

WhatsApp Customer Service Platform Familiar

  • Pilihan Tepat untuk Mendatangkan Konsumen Digital

Terjadi perubahan tren konsumen milenial yang menginginkan akses ke bisnis yang instan dan cepat. Dengan pengguna lebih dari 5 juta orang, WhatsApp dapat dimanfaatkan bisnis untuk memenuhi ekspektasi mereka memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efisien. Diharapkan akan lebih banyak konsumen dari generasi digital yang tertarik.

WhatsApp Customer Service Platform

  • Sarana Promosi

WhatsApp customer service didukung fitur WhatsApp blast yang mampu mengirimkan pesan secara bulk (dalam jumlah besar). Anda bisa memanfaatkan fitur WhatsApp ini untuk menyebarkan informasi terbaru terkait bisnis Anda seperti katalog produk, diskon atau promo terbaru, dan lainnya. WA blast mampu mengirimkan pesan ke nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak bisnis, sehingga dapat menjangkau lebih banyak leads.

WhatsApp Customer Service Platform

  • Peningkatan Penjualan

Sebagian pelanggan cenderung memutuskan untuk membeli produk setelah berkonsultasi dengan customer service. WhatsApp customer service platform memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis. Mereka yang terbantu dengan layanan yang diberikan, akan membeli produk yang ditawarkan bisnis tersebut.

WhatsApp Customer Service Platform

Rekomendasi aplikasi pilihan terbaik untuk customer service, baca: Software untuk Customer Service: 3 Pilihan Terbaik


Bagaimana Mendapatkan WhatsApp Customer Service Platform?

Untuk memulai WhatsApp customer service platform, Anda perlu mengaktifkan WhatsApp Business dengan cara:

  1. Download aplikasi WhatsApp Business,
  2. Daftarkan nomor ponsel yang akan digunakan,
  3. Pilih Settings > Business Settings > Profiles,
  4. Buatlah profil bisnis dengan memasukan nama perusahaan, alamat, logo, alamat email, dan website. Selanjutnya klik Submit,
  5. Atur salam sapaan, pesan cepat, dan salam penutup dengan klik Settings > Business Settings.
  6. WhatsApp customer service Anda siap digunakan!

Sayangnya, fitur yang ditawarkan WhatsApp Business ini terbatas dan akun Anda kurang terlihat kredibel di mata calon pelanggan. Anda bisa meningkatkannya menjadi WhatsApp API yang terintegrasi dengan Omnichannel CRM. Untuk mendapatkan WhatsApp API, Anda perlu bermitra dengan official partner WhatsApp Business Indonesia, seperti Qontak.com.

Qontak.com membantu Anda menikmati fitur WA API seperti ChatBot, WhatsApp blast, dan masih banyak lagi untuk customer service bisnis yang jauh lebih baik. Anda pun dapat mengajukan WhatsApp Business resmi yang terverifikasi (centang hijau) melalui Qontak.com.

Nikmati WhatsApp customer service platform yang optimal dengan mencobanya GRATIS! Tim kami selalu siap membantu Anda kapan pun, hubungi kami disini.


Tonton penjelasan singkat mengenai WhatsApp Business API pada video YouTube berikut:

You may also like

By