Daftar isi
7 min read

Kenali Apa itu WhatsApp CRM, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Tayang 07 Maret 2024
Diperbarui 24 Maret 2024
WhatsApp CRM Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
Kenali Apa itu WhatsApp CRM, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi bisnis dengan pelanggan bukanlah hal baru. Hal ini lantaran bisnis dapat meningkatkan layanan pelanggan mereka sebesar 225% menggunakan WhatsApp Business.

Namun bisnis kerap kerepotan mengelola dan melacak seluruh interaksi yang terjadi pada WhatsApp karena banyaknya pesan masuk. Oleh karena itu, sebagian menyiasatinya dengan mengintegrasikan WhatsApp dan software customer relationship management (CRM) atau WhatsApp CRM.

Integrasi WhatsApp CRM membantu untuk mengelola seluruh interaksi pelanggan dari berbagai saluran. Hal ini memudahkan dalam memantau dan menyelesaikan permintaan pelanggan.

Pelajari selengkapnya mengenai WhatsApp CRM pada artikel di bawah ini.


Apa itu WhatsApp CRM?

WhatsApp CRM adalah integrasi aplikasi WhatsApp dan CRM untuk mengelola interaksi pelanggan lebih efisien. Integrasi ini membantu mengembangkan hubungan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

CRM integration with WhatsApp bisa dengan menggunakan WhatsApp Business API. Sementara untuk WhatsApp API, Anda dapat bekerja sama dengan provider WhatsApp.

Selain integrasi CRM, WA API juga memiliki fitur-fitur canggih lainnya untuk meningkatkan layanan pelanggan. Fitur tersebut adalah integrasi WhatsApp dengan aplikasi Sales dan Customer Service, atau sering disebut sebagai software sales WhatsApp.

Baca juga: Panduan Lengkap API WhatsApp Business


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp CRM?

Penerapan WhatsApp CRM memberikan kemudahan untuk bisnis melayani pelanggan lebih cepat dan konsisten. Bisnis juga lebih mudah dalam memantau serta mengukur kinerja tim dalam melakukan penjualan atau melayani pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa alasan WhatsApp CRM populer digunakan oleh sejumlah bisnis:

1. Mempermudah Melacak Calon Pelanggan Baru

Integrasi CRM memudahkan bisnis dalam mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis. Pasalnya setiap interaksi pada WA langsung tersimpan ke dalam database CRM.

Kemampuan tersebut juga menghemat waktu, karena tidak perlu mengulangi pertanyaan ke pelanggan. Jadi penggunaan WhatsApp CRM akan sangat memudahkan dalam membangun database yang berguna bagi bisnis.

2. Menjaga Calon Pelanggan Potensial

Penggunaan WhatsApp memudahkan bisnis untuk mengirim katalog produk kepada calon pelanggan potensial atau prospek. Hal ini bisa disesuaikan dengan riwayat interaksi yang mereka pada database sistem CRM.

Integrasi CRM juga memungkinkan untuk menjadi aplikasi customer service WhatsApp. Artinya, Anda dapat menjadikan WhatsApp sebagai pintu customer service Anda.

3. Follow-up

Tim sales dapat terbantu dalam melakukan follow up calon pelanggan dengan mengirimkan pesan WhatsApp otomatis. Follow up bisa dipersonalisasi berdasarkan riwayat interaksi yang tersimpan di sistem CRM

Melalui integrasi dengan sistem CRM, tiap proses yang sedang berlangsung dapat dilihat dengan mudah melalui sales pipeline sehingga proses follow up lebih efektif. Jadi, implementasi CRM WA akan mempercepat proses follow up dan otomatisasi bisnis.

4. Melacak Pesanan dan Info Ierbaru

CRM WhatsApp memungkinkan pelanggan untuk memperoleh notifikasi otomatis untuk melacak pesanan dan pengiriman. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui template message, sehingga tim customer service tidak pelu melakukannya manual.

5. Customer Support dan Ticketing

Melalui CRM WhatsApp, bisnis dapat dengan mudah membangun WhatsApp untuk Customer Service. Beberapa hal yang bisa dilakukan WhatsApp untuk customer service antara lain:

  • Memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis,  Integrasi ini akan menjadikan aplikasi customer service WhatsApp sebagai salah satu customer service support bisnis Anda.
  • Meningkatkan respon terhadap keluhan pelanggan karena 1 nomor WhatsApp API bisa dipegang oleh banyak CS atau device.
  • Sistem Customer Relationship Management memungkinkan agen CS untuk mengirimkan Outbond WhatsApp Message
  • Adanya WhatsApp Chatbot sebagai auto responder untuk menjawab FAQ dan memberikan informasi umum lainnya
  • Anda juga bisa menyebarkan informasi penting lainnya secara masal kebanyak kontak melalui fitur WA blast.

6. Menganalisis Percakapan yang Terjadi

Anda dapat memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan.

Melalui aplikasi integrasi WhatsApp, Anda dapat menganalisa percakapan/chat yang terjadi di nomor Anda.

7. Mempermudah Proses Pembayaran

WhatsApp API memiliki fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

8. Meningkatkan Kerja Sama Tim

Hampir semua orang menggunakan WhatsApp, termasuk tim sales dan support. Melalui aplikasi WhatsApp, hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan maupun tiket yang didelegasikan kepada mereka dapat dilakukan dengan mudah.

Hal tersebut membantu seluruh anggota tim berada pada posisi yang sama dan memastikan mereka memiliki informasi terbaru serta memiliki solusi terbaik dengan cepat. Dengan memusatkan seluruh komunikasi bisnis, operasional bisnis akan berjalan lebih efisien.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp CRM?

CRM integration with WhatsApp memiliki fitur canggih yang mendorong bisnis memberikan layanan pelanggan lebih baik. Integrasi ini memberikan akses tim CS melihat informasi pelanggan dengan perspektif 360 derajat tanpa harus meninggalkan WhatsApp.

Selain itu, masih banyak manfaat yang akan dapat Anda nikmati setelah menggunakan CRM integration with WhatsApp, antaranya sebagai berikut:

  • Otomatis mendeteksi dan menyimpan identitas prospek atau pelanggan yang berasal dari WhatsApp.
  • Riwayat percakapan atau progress deals dari WA akan tersimpan secara otomatis pada sistem CRM.
  • Mengelola alur proses sales dan customer service.
  • Menyediakan laporan analisis canggih yang menampilkan kinerja tim CS seperti jumlah percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan.
  • WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp CRM untuk Bisnis Anda?

Cara Mendapatkan WhatsApp CRM

Cara mendapatkan integrasi WhatsApp CRM sebenarnya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

Step 1. Dapatkan WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider

Untuk bisa menggunakan integrasi WhatsApp CRM, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp jenis ini berbeda dengan WhatsApp Business biasa, karena WhatsApp Business tidak bisa diintegrasikan dengan apapun dan fiturnya terbatas.

Sementara, WhatsApp Business API bisa didapatkan melalui Business Solution Provider (BSP) WhatsApp. Salah satu BSP terbaik di Indonesia ialah Mekari Qontak. Dengan mendaftar ke Qontak, Anda sudah otomatis mendapatkan WhatsApp CRM sekaligus.

Step 2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Selanjutnya, Anda memerlukan proses verifikasi data untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan WhatsApp. Data yang digunakan meliputi:

  1. Nama perusahaan,
  2. Website URL,
  3. Email domain
  4. SIUP/NIB/NPWP bisnis

Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan sebagian bisnis. Mekari Qontak membantu bisnis dalam melakukan verifikasi.

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil Bisnis Anda

Setelah terverifikasi, tentukan satu nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini tidak dapat Anda ganti untuk seterusnya. Selanjutnya akan terlihat centang hijau saat WhatsApp telah aktif.

Nama bisnis otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka belum menyimpan kontak Anda. Setelah proses ini, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM milik Mekari Qontak.

Perbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Pada tahap ini bisa Anda manfaatkan sebagai branding serta mengatur informasi penting seperti jam operasional, katalog dan sebagainya.

Step 4. Request Integrasi CRM dengan WhatsApp

Setelah nomor WA API Anda aktif, Anda dapat mengajukan request untuk integrasi dengan CRM. Qontak.com menyediakan paket yang sudah otomatis mendapatkan integrasi WhatsApp CRM di dalamnya.

Baca juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Apa Saja Fitur Unggulan WhatsApp CRM?

Aplikasi WhatsApp CRM memiliki banyak fitur unggulan yang mendorong pertumbuhan bisnis serta memberikan pengalaman pelanggan berkesan. Fitur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Profil Bisnis : memberikan informasi seputar identitas bisnis seperti nama toko, deskripsi, alamat, katagori hingga jam operasional.
  • Auto replymemberikan respon otomatis untuk setiap interaksi pelanggan seperti Away Message, Greeting Message dan Quick Replies.
  • Centang hijau WA: tanda yang menunjukan bahwa akun WhatsApp terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis legal.
  • Chatbot: robot virtual yang bertugas menjawab pesan otomatis serta meneruskan pesan ke agen yang tersedia.
  • Multi-user: akeses satu akun WhatsApp oleh banyak agen di berbagai perangkat sekaligus.
  • Rotator: otomatis alokasi agen secara adil setiap pesan yang masuk.
  • Blast WhatsApp: mengirimkan pesan massal ke ribuan kontak sekaligus.
  • Lead management: melihat dan mengelola calon pelanggan dalam periode waktu tertentu.
  • Integrasi API: menghubungkan akun WhatsApp bisnis dengan aplikasi populer lainnya dalam satu platform.
  • Laporan statistik: dasbor yang menampilkan laporan aktivitas di WhatsApp seperti pesan terkirim, gagal, di baca atau tertunda serta banyak lainnya.

Integrasikan WhatsApp dan CRM Sekarang!

CRM WhatsApp merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Sebab, integrasi WhatsApp membantu memberikan respon secara cepat terhadap seluruh pertanyaan pelanggan, memberikan notifikasi pesanan, dan menganalisis seluruh percakapan.

Mekari Qontak merupakan one stop solution untuk bisnis Anda, mulai dari memulai WhatsApp Business API, software CRM sales dan customer service, hingga integrasi WhatsApp omnichannel dan aplikasi customer service WhatsApp.

Lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia menggunakan Mekari Qontak untuk meningkatkan usaha mereka menjadi lebih baik. Mekari Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Konsultasikan kebutuhan bsinsi Anda dengan tim ahli dair Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Kategori : CRMWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales