Qontak WhatsApp

WhatsApp Chatbot: Panduan Cara Buat Bot WhatsApp

Semua Hal Mengenai WhatsApp Chatbot dan Cara Membuatnya

Saat ini banyak pelaku bisnis memanfaatkan Chatbot untuk memberikan respon cepat terhadap pertanyaan pelanggan. Kemampuan tersebut digerakan oleh robot virtual dengan kecerdasan AI. WhatsApp chatbot hanya dapat dibuat dengan WhatsApp Business API.

4 Cara mudah untuk membuat WhatsApp Chatbot sebagai berikut:

  1. Daftar WhatsApp Business API
  2. Rencanakan percakapan yang akan terjadi
  3. Submit alur percakapan
  4. Lakukan uji coba

Apa itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Sistem ini bertugas sebagai asisten virtual melakukan percakapan seolah-olah dengan manusia pada umumnya bukan robot.

WhatsApp Chatbot diharapkan dapat meningkatkan customer experience. Adanya bot di WhatsApp Business API memungkinkan bisnis untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan. WhatsApp bot dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API (chatbot) pada video berikut ini:


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Chatbot?

Membangun WhatsApp bot bukanlah hal yang sulit jika Anda telah memiliki perencanaan yang baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat WhatsApp Chatbot:

Step 1. Daftar WhatsApp Business API

Untuk menggunakan WhatsApp bot, Anda harus terdaftar pada API WhatsApp, yaitu dengan mendaftar pada partner resmi WhatsApp seperti Qontak.com. Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana memulai WhatsApp Business API dapat dibaca pada artikel kami berikut.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

Whatsapp-Chatbot-with-API

Step 2. Rencanakan percakapan yang akan terjadi

Pastikan chatbot bisa menjawab seluruh pertanyaan yang dimiliki oleh pelanggan. Anda harus memikirkan bagaimana chatbot akan melakukan percakapan kepada pelanggan, termasuk jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Beberapa pertanyaan berikut dapat menjadi panduan.

  • Apa tujuan pembuatan chatbot? Apakah untuk memudahkan konsultasi dan pembayaran, atau pelayanan pelanggan.
  • Apa jenis percakapan yang akan dilakukan dengan pelanggan?
  • Bagaimana respon chatbot jika tidak bisa menjawab pertanyaan pelanggan?

Namun Anda tidak perlu pusing, karena mitra WhatsApp Business API seperti Qontak.com akan memandu Anda dalam membuat alur percakapan bot.

Bangun-WhatsApp-Chatbot-Templates

Step 3. Submit alur percakapan

Anda bisa mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara Chatbot dengan pelanggan Anda seperti yang telah Anda rencanakan. Alur percakapan ini dapat dikonsultasikan dengan Qontak.com. Konsultasi ini dapat membantu Anda dalam menyusun alur agar bot WhatsApp bekerja optimal.

Selanjutnya Qontak.com akan membuatkan alur percakapan Chatbot Wa yang sudah terfinalisasi. Anda bisa melakukan pekerjaan lain. Setelah selesai, Qontak.com akan memberitahu bahwa Chatbot WhatsApp Anda sudah siap digunakan.

Qontak

Step 4. Lakukan uji coba

Jika sudah memiliki chatbot, pastikan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan bot dapat berfungsi dengan baik. Perbaiki error yang masih terjadi dan lakukan uji coba lagi terhadap fungsionalitasnya. Hal ini untuk memastikan Anda memiliki chatbot berkualitas yang benar-benar dapat meningkatkan customer experience.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

Trial-and-Error-WhatsApp-Chatbot


Mengapa Bisnis Memerlukan WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot memiliki peran penting bagi bisnis terutama untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik. Hal ini tidak lepas dari kemampuan chatbot merespon pelanggan secara cepat kapan pun. Alasan lain bisnis memerlukan WA Chatbot antara lain:

– Memudahkan Pelanggan Berbelanja

WhatsApp-Chatbot-Memudahkan Pelanggan Berbelanja

Chatbot dapat dimanfaatkan untuk membagikan katalog produk atau jasa ke pelanggan tanpa harus melihatnya di aplikasi yang berbeda. Terpenting pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan dan mendapat update terkait status pengiriman dan hal penting lainnya langsung dari WhatsApp.

– Mengirim Penawaran melalui Broadcast dan Blast

WhatsApp-Chatbot-Mengirim Penawaran

Chatbot dapat mengirimkan pesan serentak ke banyak pelanggan melalui Broadcast dan WhatsApp Blast. Pesan tersebut dapat Anda isi dengan penawaran promosi seperti diskon, kupon belanja, promosi produk/jasa terbaru, dan sebagainya.

– Terjamin Keamanannya

whatsapp-chatbot-security

WhatsApp dilengkapi dengan sistem keamanan end-to-end encryption yang hanya bisa diakses oleh pengguna dan pelanggan yang berinteraksi. Hal ini memastikan semua pesan yang masuk dan keluar terjamin keamanannya.

– Otomatisasi Feedback

chabot-whatsapp-Otomatisasi-Feedback

Chatbot dapat diatur untuk mengirimkan jawaban secara otomatis berdasarkan permintaan/pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Hal ini membuat pelanggan tidak perlu membaca FAQ secara menyuruh, yang mendorong mereka untuk lebih berinteraksi dengan bisnis.

– Personalisasi WhatsApp Chatbot

Personalisasi WhatsApp Chatbot

Sistem pada bot WhatsApp dapat merekam data berupa minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight) pelanggan yang digunakan untuk menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat pelanggan.


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Chatbot?

Manfaat utama menggunakan WhatsApp Chatbot adalah meningkatkan kualitas customer service. Selain itu bisnis juga dapat merasakan manfaat lain dari penggunaan WhatsApp Chatbot:

  • Memberikan pelayanan pelanggan selama 24 jam nonstop,
  • Menangani pelanggan melaui platform yang familiar digunakan sehari-hari,
  • Meningkatkan hubungan pelanggan dan customer experience,
  • Menghemat pengeluaran biaya
  • Membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan,
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan,
  • Meningkatkan lead conversion dan mendorong mereka hingga mengambil keputusan untuk melakukan pembelian

Apa saja Fitur-fitur  Wajib ada Pada WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot bekerja melayani pelanggan dengan bantuan fitur-fitur canggih. Fitur-fitur tersebut membuat kerja chatbot lebih maksimal dalam mendatangkan keuntungan bagi bisnis. Beberapa fitur yang dimiliki WhatsApp Chatbot yaitu:

– Integrasi dengan sistem lain

WhatsApp Chatbot dapat terhubung dengan sistem, database, maupun software yang sudah ada dalam perusahaan dengan menggunakan WhatsApp Business API, misalnya dengan aplikasi CRM. Dengan Qontak.com, integrasi ini dapat dilakukan dengan mudah.

whatsapp-chatbot-example-qontak

– Percapakan yang dapat di-customized

Bisnis dapat dengan mudah mendesain dan mengedit alur percakapan, mengisi konten di dalamnya, dan mengubahnya sesuai kebutuhan. Alur ini juga dapat terhubung dengan sistem lainnya melalui fungsi API, seperti yang telah dijelaskan di atas.

custom-message-whatsapp-chatbot-qontak

– Melihat statistik chatbot

Bisnis dapat dengan mudah melihat bagaimana komunikasi chatbot dengan pelanggan, percakapan apa yang sering ditanyakan, dan lain sebagainya. Hal ini dapat digunakan untuk menemukan insight menarik mengenai pelanggan maupun chatbot.

statistik-whatsapp-chatbot


Bagaimana Cara Mengoptimalkan Penggunaan Chatbot WhatsApp?

Dual WhatsApp WhatsApp Business API

Dengan berbagai manfaat dari Chatbot WA pada bisnis online yang telah dipaparkan di atas, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bisnis online dengan Chatbot WA. Beberapa diantaranya adalah:

Lengkapi semua informasi yang terkait dengan bisnis Anda, seperti: nama toko, branding, merk, produk/jasa apa saja yang ditawarkan, keterangan produk/jasa, harga, lokasi, jam buka dan tutup, dan lain-lain.Formulasikan semua jawaban atas FAQ (pertanyaan yang akan sering diajukan) oleh prospek/pelanggan Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dan tim support

Jangan lewatkan fitur broadcast dan blast pada Chatbot WhatsApp karena hal ini dapat menarik minat pelanggan lama Anda untuk membeli kembali. Lakukan riset sederhana tentang promosi apa yang kira-kira sesuai dan menarik untuk diberikan. Manfaatkan insight dari data yang direkam oleh sistem Chatbot WA.Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur berbagi foto dan video dari para pelanggan Anda. Semakin banyak testimoni baik yang masuk, maka prospek Anda mungkin akan tertarik juga untuk mencoba produk/jasa yang Anda tawarkan.


Kapan Bisnis Membutuhkan WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot sangat dibutuhkan bisnis yang berinteraksi langsung dengan banyak pelanggan dalam sehari. Terlebih bisnis yang bergerak dalam bidang jasa seperti konsultan, distributor, klinik pengobatan dan lain sejenisnya. Bisnis tersebut biasanya mendapatkan banyak permintaan pelanggan dalam waktu bersamaan.

Sementara kemampuan dari tim customer service sangat terbatas untuk melayani semua permintaan pelanggan. Berbeda dengan Chatbot yang dapat merespon lebih dari 1000 pelanggan sekaligus dalam waktu yang sama.

Maka dari itu kehadiran Chatbot sangat membantu bisnis dalam memberikan layanan pelanggan mereka. Bisnis juga tidak akan ditinggalkan pelanggan yang kecewa karena terlambat direspon.


Bagaimana Mendapatkan WhatsApp Chatbot untuk Bisnis Anda?

WhatsApp-Chatbot-by-Qontak

Chatbot pada WA membantu bisnis dalam memfasilitasi interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan customer experience sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan.

Membuat WhatsApp Bot bukanlah hal yang sulit dengan Qontak.com. Berikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik tanpa kendala selama 24/7 dan miliki hubungan yang lebih dengan pelanggan Anda.

Hubungi kami sekarang untuk merasakan keuntungan fitur chatbot dan kembangkan bisnis Anda! Atau dengan mengisi formulir di bawah ini:


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Chatbot

Apakah membutuhkan API untuk sistem WhatsApp chatbot ini?
      • Ya, untuk

    chatbot

      • dengan fitur yang dibutuhkan bisnis, Anda memerlukan

    WhatsApp

      API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
      • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada

    WhatsApp

      • API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem

    chatbot

      yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan broadcast promosi dengan WhatsApp API?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

You may also like

By