Qontak WhatsApp

WhatsApp Chatbot: Cara Membuatnya

Apa Itu WhatsApp Chatbot dan Cara Memulainya

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Chatbot?

Di zaman modern saat ini, sebagian besar interaksi antar manusia terjadi di jaringan sosial dan terus meningkat setiap waktunya. Aplikasi pesan singkat telah menjadi sarana utama kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, salah satunya WhatsApp. Bisnis pun memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan, di antaranya adalah fitur WhatsApp Chatbot.

WhatsApp dapat dikatakan merupakan platform terbaik untuk memasarkan produk, brand, dan memberikan layanan kepada pelanggan. Dengan lebih dari 1 Miliar pengguna di seluruh dunia, WhatsApp merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis. WhatsApp bahkan memiliki versi tersendiri untuk bisnis yang dinamakan WhatsApp Business, di mana salah satunya adalah WhatsApp Business API.

Selengkapnya Anda dapat membaca:

Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya

Membangun WhatsApp untuk Customer Service

Saat ini, WhatsApp Business telah meluncurkan bot yang dinamakan WhatsApp Chatbot atau WhatsApp Bot untuk semakin membantu bisnis dalam berkembang.


Apa itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot atau WhatsApp Bot adalah program software yang digunakan secara spesifik pada pesan WhatsApp yang terenkripsi. Dengan WhatsApp bot, pengguna WhatsApp dapat berkomunikasi dengan chatbot layaknya kepada orang asli.

Bot sendiri merupakan program otomatis untuk memudahkan melakukan sesuatu. Chatbot adalah software artificial intelligence (AI) yang dapat melakukan percakapan dengan pengguna dalam bahasa yang natural melalui aplikasi pesan, website, atau aplikasi mobile. Natural di sini maksudnya adalah kita seolah-olah bukan berbicara kepada robot atau sistem, melainkan seperti dengan admin CS pada umumnya.

Chatbot yang menghubungkan artificial intelligence (AI) dengan customer experience merupakan pilihan yang tepat bagi WhatsApp. Adanya bot di WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan. WhatsApp bot dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Chatbot?

Membangun WhatsApp bot bukanlah hal yang sulit jika Anda telah memiliki perencanaan yang baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat WhatsApp Chatbot:

  1. Daftar WhatsApp Business API
  2. Rencanakan percakapan yang akan terjadi
  3. Gunakan chatbot partner WA Business
  4. Lakukan uji coba

Step 1. Daftar WhatsApp Business API

Untuk menggunakan WhatsApp bot, Anda harus terdaftar pada API WhatsApp, yaitu dengan mendaftar pada partner resmi WhatsApp seperti Qontak.com. Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana memulai WhatsApp Business API dapat dibaca pada artikel kami berikut.

Whatsapp Chatbot

Step 2. Rencanakan percakapan yang akan terjadi

Pastikan chatbot bisa menjawab seluruh pertanyaan yang dimiliki oleh pelanggan. Anda harus memikirkan bagaimana chatbot akan melakukan percakapan kepada pelanggan, termasuk jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Beberapa pertanyaan berikut dapat menjadi panduan.

  • Apa tujuan pembuatan chatbot? Apakah untuk memudahkan konsultasi dan pembayaran, atau pelayanan pelanggan.
  • Apa jenis percakapan yang akan dilakukan dengan pelanggan?
  • Bagaimana respon chatbot jika tidak bisa menjawab pertanyaan pelanggan?

Namun Anda tidak perlu pusing, karena mitra WhatsApp Business API seperti Qontak.com akan memandu Anda dalam membuat alur percakapan bot.

WhatsApp Chatbot

Step 3. Gunakan chatbot partner WA Business

WhatsApp chatbot partner seperti Qontak.com dapat membantu bisnis membuat chatbot dan mengintegrasikannya ke nomor WhatsApp Business API Anda tanpa harus memulainya sendiri dari awal.

WhatsApp Chatbot

Step 4. Lakukan uji coba

Jika sudah memiliki chatbot, pastikan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan bot dapat berfungsi dengan baik. Perbaiki error yang masih terjadi dan lakukan uji coba lagi terhadap fungsionalitasnya. Hal ini untuk memastikan Anda memiliki chatbot berkualitas yang benar-benar dapat meningkatkan customer experience.

WhatsApp Chatbot


Keuntungan WhatsApp Chatbot

Bisnis memiliki berbagai manfaat dan keuntungan melalui penggunaan WhatsApp Chatbot, terutama dalam melayani pelanggan.

– Memberikan customer support selama 24 jam

Bot di WhatsApp Business didesain untuk berinteraksi dengan pelanggan senatural mungkin secara langsung dan tersedia selama 24/7 untuk mengumpulkan informasi pelanggan.

– Menangani pelanggan melalui platform yang mereka gunakan sehari-hari

Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? WhatsApp bot menjadi platform yang memudahkan pelanggan untuk bisa berinteraksi dengan bisnis.

– Meningkatkan customer experience

Dengan bot di WhatsApp Business, bisnis dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan customer experience. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

– Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan

Bayangkan, seorang admin CS memakan waktu kurang lebih selama 5-8 menit hanya untuk melayani satu pelanggan. Dengan chatbot, bisnis dapat menangani lebih dari 1000 pelanggan dalam waktu yang sama, bahkan bisa lebih singkat.

– Meningkatkan lead conversion

Kemampuan chatbot dalam membalas pesan secara cepat dan real time membantu menuntun pelanggan melewati sales funnel dan mendorong mereka hingga mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Penggunaan WhatsApp Chatbot pada Bisnis Klinik di masa pandemi
Contoh penggunaan WhatsApp Chatbot pada bisnis klinik. WA Chatbot disediakan oleh Qontak.com

Fitur-fitur WhatsApp Chatbot

Beberapa fitur yang dimiliki WhatsApp Chatbot yaitu:

  • Integrasi dengan sistem lain

WhatsApp Chatbot dapat terhubung dengan sistem, database, maupun software yang sudah ada dalam perusahaan dengan menggunakan WhatsApp Business API, misalnya dengan aplikasi CRM. Dengan Qontak.com, integrasi ini dapat dilakukan dengan mudah.

  • Percapakan yang dapat di-customized

Bisnis dapat dengan mudah mendesain dan mengedit alur percakapan, mengisi konten di dalamnya, dan mengubahnya sesuai kebutuhan. Alur ini juga dapat terhubung dengan sistem lainnya melalui fungsi API, seperti yang telah dijelaskan di atas.

  • Melihat statistik chatbot

Bisnis dapat dengan mudah melihat bagaimana komunikasi chatbot dengan pelanggan, percakapan apa yang sering ditanyakan, dan lain sebagainya. Hal ini dapat digunakan untuk menemukan insight menarik mengenai pelanggan maupun chatbot.


Dapatkan WhatsApp Chatbot Anda Sekarang!

Chatbot pada WA membantu bisnis dalam memfasilitasi interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan customer experience sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan.

Membuat WhatsApp Bot bukanlah hal yang sulit dengan Qontak.com. Berikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik tanpa kendala selama 24/7 dan miliki hubungan yang lebih dengan pelanggan Anda.

Hubungi kami sekarang untuk merasakan keuntungan fitur chatbot dan kembangkan bisnis Anda! Atau dengan mengisi formulir di bawah ini:


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Chatbot

Apakah membutuhkan API untuk sistem chatbot ini?
    • Ya, untuk chatbot dengan fitur yang dibutuhkan bisnis, Anda memerlukan WhatsApp API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem chatbot yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan broadcast promosi dengan WhatsApp API?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API (chatbot) pada video berikut ini:

You may also like

By