Qontak WhatsApp

WhatsApp Business Pricing: Harga WhatsApp Bisnis

whatsapp business pricing harga whatsapp bisnis

WhatsApp Business Pricing, Berapa Harga WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Business pricing adalah harga yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp untuk setiap penggunaan dan pesan terkirim dari WhatsApp Business.

Kontan.co.id menyebutkan:

Makin banyak para pelaku usaha terutama UMKM di Indonesia beramai-ramai beralih menjual dagangannya ke marketplace digital. Namun selain marketplace digital, ada satu lagi wadah berjualan secara online melalui aplikasi WhatsApp Business.

Ada dua WhatsApp Business yang tersedia. WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API). Keduanya memiliki fungsi yang sama namun fitur yang berbeda. Berikut adalah overview dan informasi harga untuk WhatsApp Business.

Berapa harga whatsapp business? Whatsapp business pricing


Tipe WhatsApp Business Account

Ada dua tipe WhatsApp Business account atau WhatsApp bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, yaitu:

1. WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dan khusus diciptakan bagi para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan mereka. Selain itu, WhatsApp bisnis memiliki fungsi untuk:

  • menyoroti produk dan layanan yang Anda berikan,
  • menjawab pertanyaan dari para pelanggan,
  • membuat katalog produk dan layanan,
  • mengotomatiskan, mengurutkan, dan menanggapi pesan dengan cepat.

WhatsApp Business biasa ini hanya dapat dipakai oleh maksimum 1 agen dalam 1 nomor dan dapat diunduh gratis melalui App Store/Playstore. Untuk pendaftaran pun cukup mudah hanya perlu menyiapkan Facebook Business Manager dan 1 SIM Card.

2. WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Bisnis dengan skala menengah dan besar lebih cocok jika menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API atau WhatsApp API memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan WhatsApp bisnis biasa. WA API dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia. Anda dapat terhubung dengan mereka melalui WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan andal.

WhatsApp API dapat digunakan oleh banyak agen/admin dalam 1 nomor dan aplikasi yang digunakan pun berbeda dengan WhatsApp Business biasa. WhatsApp API menggunakan aplikasi dari Facebook Official Partner, yang salah satunya adalah Qontak.

Rekomendasi Artikel: Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang WhatsApp API Indonesia dan 6 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang WhatsApp API


Kelebihan Menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Dengan hadirnya 2 tipe WhatsApp bisnis, tentunya Anda akan membandingkan keduanya sebelum memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, mari kita membahas beberapa kelebihan yang dapat kita peroleh jika menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API), yaitu:

  • Meningkatkan customer trust yang baik

Kepercayaan dari para pelanggan terhadap bisnis Anda perlu diciptakan demi kemajuan bisnis di masa mendatang. Dengan adanya profil bisnis yang jelas pada akun WhatsApp API Anda, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Hal ini dibantu juga dengan adanya tanda centang hijau pada WhatsApp Anda.

  • Lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Hal ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

  • Menciptakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan

Tidak hanya bisa berkirim pesan teks, gambar, suara maupun video; namun WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengunggah cerita atau story yang dapat dilihat oleh setiap orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang interaktif dengan pelanggan. Selain itu juga terdapat foto profil, status, serta share live location yang sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mengetahui lokasi bisnis Anda.

  • Dapat diintegrasi dengan aplikasi lain dengan mudah

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan aplikasi customer service lainnya.

  • Memperoleh saran dan penilaian langsung dari pelanggan

Anda bisa secara langsung meminta saran atau penilaian   kepada para pelanggan Anda. Saran dan penilaian tersebut akan sangat bermanfaat untuk evaluasi kerja rutin pada bisnis Anda.

Baca: Inilah 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API


Fitur Penting pada WhatsApp Business API

Aplikasi berbayar tentunya akan memberikan berbeda bagi para penggunanya. Perbedaannya terletak pada fitur serta manfaat yang diberikan oleh Aplikasi WhatsApp bisnis tersebut. Beberapa fitur Whatsapp Business API adalah:

1. Satu nomor untuk banyak agen customer service di berbagai lokasi

Pelanggan Anda bisa saja merasa bingung dan kerepotan jika harus menyimpan nomor bisnis yang berbeda untuk agen CS yang berbeda. Akan lebih praktis jika terdapat hanya satu nomor bisnis yang dapat digunakan oleh semua agen CS Anda walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda.

agent routing pada whatsapp business api

2. Centang hijau WhatsApp

Centang hijau pada WhatsApp bisnis ini merupakan sebuah tanda bahwa nomor dan akun bisnis WhatsApp Anda telah terverifikasi sebagai bisnis yang resmi dan lengkap legalitasnya. Tanda centang hijau ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

whatsapp-verified-badge-whatsapp business pricing

3. Menyimpan dan mengunduh semua data penting secara otomatis

Anda dapat mengunduh semua file atau dokumen penting pada bisnis Anda, seperti: kontak, riwayat transaksi, percakapan, dan sebagainya. Penyimpanan dokumen tersebut dijalankan secara otomatis sehingga Anda dapat menghindari human error yang sering terjadi.

4. Akses laporan sales, customer service, dan agen CS Anda

Tak hanya penyimpanan data, namun pelaporan data atau informasi bisnis penting lainnya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Laporan itu juga berisi analisa data yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami kondisi yang sedang berlangsung pada bisnis Anda.

5. Integrasi dengan Omnichannel CRM

Omnichannel CRM merupakan sistem CRM yang terhubung dengan saluran bisnis penting lainnya, termasuk sosial media. Anda dapat menggunakan sosial media Anda sebagai sarana untuk membagikan WhatsApp API link yang Anda punya. Aplikasi CRM ini sangatlah penting bagi sebuah bisnis, karena sistem yang dijalankannya mempunyai tujuan khusus yaitu dalam hal manajemen hubungan pelanggan.

Dengan fitur serta manfaat yang cukup banyak pada WhatsApp bisnis tersebut, tak heran jika kita wajib mempertimbangkan WhatsApp Business pricing yang telah ditetapkan. Jika harga WhatsApp Business tersebut masih dapat kita jangkau, lalu mengapa tidak?!

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API di Masa Pandemi dan 6 Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis Retail


WhatsApp Business Pricing, Berapa Harganya?

Seperti yang disebutkan, ada dua jenis WhatsApp Business – WhatsApp Business biasa dan WhatsApp API. Jumlah yang Anda bayarkan untuk menggunakan WhatsApp Business bergantung pada akun WhatsApp mana yang Anda buat.

WhatsApp business pricing pada dasarnya harga WhatsApp Business adalah gratis. Namun jika Anda menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API) Anda akan dikenakan biaya set-up dari BSP yang termasuk harga standard dari Facebook serta harga pengiriman pesan sekitar 350 Rupiah per pesannya.

WhatsApp Business Pricing (Harga WhatsApp Business Biasa)

Whatsapp business account

WhatsApp tidak mengenakan biaya untuk penggunaan aplikasi, tetapi ada beberapa biaya terkait. Anda memerlukan nomor telepon khusus karena menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp pribadi dan bisnis tidak diperbolehkan.

Jika Anda memiliki telepon SIM ganda, Anda dapat membeli kartu SIM tambahan untuk memasukkan dan menetapkan nomor itu ke Aplikasi Bisnis. Jika Anda tidak memiliki ponsel SIM ganda, Anda perlu membeli ponsel baru untuk WhatsApp Business.

Ingat, Anda hanya dapat menginstal Aplikasi WhatsApp Business di satu perangkat. Agar pengguna tambahan memiliki akses, belilah telepon tambahan yang dapat Anda bagikan atau sebagai alternatif, gunakan WhatsApp Web. Jika Anda memiliki lebih dari satu pengguna, pilihlah WhatsApp Official Business Account (WhatsApp API).

WhatsApp Official Business Edition Pricing (Harga WhatsApp Business API)

whatsapp official business account

WhatsApp API merupakan layanan bayar untuk digunakan. Harga WhatsApp API (WhatsApp Official Business Edition) tergantung pada BSP (Business Solution Provider) yang Anda daftarkan. BSP ini akan menagih Anda dengan harga mereka sendiri selain dari apa yang ditagih WhatsApp kepada mereka.

Misalnya, WhatsApp tidak mengenakan biaya BSP untuk pesan yang dikirim sebagai tanggapan atas pertanyaan pelanggan dalam jendela 24 jam (Chat Session). Untuk pesan yang dikirim setelah 24 jam (Pesan Template), WhatsApp menagih BSP sesuai dengan kartu tarif.

Pihak WhatsApp sebenarnya telah menetapkan biaya atau harga WhatsApp Official Business Edition yang harus dibayarkan oleh para penggunanya. WhatsApp Business pricing tersebut ditentukan dari jumlah template pesan yang berhasil dikirimkan. Biaya yang dipatok untuk setiap template pesan terkirim berbeda-beda, yaitu bergantung pada banyaknya jumlah template pesan terkirim.

WhatsApp Business pricing diatas tidak jauh berbeda dengan harga WhatsApp Business API di pasaran, yaitu berkisar Rp 350 – 400. Dengan berbagai manfaat tambahan yang dapat diperoleh dari WhatsApp API, pastinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha untuk lebih memilih menggunakan WhatsApp Business API dibandingkan dengan WhatsApp bisnis biasa. Untuk harga lengkapnya dapat dicek disini: WhatsApp Pricing


Cara Mendapatkan WhatsApp Business

Tidak hanya berbeda dari fitur yang dimilikinya saja, namun dua tipe WhatsApp bisnis yang telah kami jelaskan diatas juga dapat diperoleh dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara mendapatkan WhatsApp Business:

  • Cara Mendapatkan WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business biasa dapat diperoleh dengan mudah, yaitu dengan cara mengunduh aplikasinya secara gratis di Playstore atau Appstore yang telah tersedia di smartphone Anda masing-masing. Anda cukup mengetikkan “WhatsApp Business” pada kolom pencarian, kemudian aplikasi tersebut akan muncul di bagian teratas.

  • Cara Mendapatkan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Official Business Edition atau yang dikenal dengan WhatsApp API tidak terdapat pada Playstore atau Appstore. Satu-satunya cara untuk mendapatkan WhatsApp API adalah melalui official partner WhatsApp di negara masing-masing. Untuk di Indonesia, Qontak.com merupakan salah satunya.

Langkah – langkah untuk memperoleh WhatsApp API adalah:

1. Memilih WhatsApp Official Partner Terbaik, Qontak.com

Qontak.com menawarkan harga WhatsApp Business atau WhatsApp Business pricing yang bersaing serta pelayanan pelanggan yang optimal.

2. Melakukan verifikasi perusahaan

Anda harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Hal ini berkaitan dengan dokumen/ legalitas pada bisnis Anda.

3. Mengaktifkan nomor yang akan didaftarkan

Anda tidak bisa mengubah nomor akun WhatsApp API di kemudian hari. Jadi tentukanlah satu nomor yang akan menjadi nomor bisnis Anda.

Baca: Cara Membuat WhatsApp API


Dapatkan WhatsApp Business Pricing Terbaik!

Anda dapat memperoleh harga WhatsApp Business atau  WhatsApp Business pricing terbaik hanya di Qontak.com. Anda dapat mencobanya secara GRATIS. Hubungi tim kami jika Anda mengalami kesulitan dan ingin berkonsultasi mengenai WhatsApp bisnis dengan tim kami, misalnya untuk mempelajari cara menggunakan WhatsApp Business API atau pertanyaan lainnya. Kami siap membantu Anda, silakan klik disini!

You may also like

By