Qontak WhatsApp

WhatsApp Business Pricing: Harga WhatsApp Bisnis

whatsapp-business-pricing-harga-whatsapp-bisnis

Apakah WhatsApp Business Berbayar ? Ini Harga WhatsApp Bisnis

Saat ini banyak bisnis beralih menjual dagangannya secara online salah satunya melalui aplikasi WhatsApp Business. Namun perlu diketahui saat Anda mulai mengirimkan pesan melalui WhatsApp Business, akan dikenakan biaya oleh Facebook. Lalu berapa besarnya WhatsApp Business pricing yang harus Anda bayarkan?

whatsapp-business-pricing-semua-hal-tentang-harga-whatsapp-business


Apa itu WhatsApp Business Pricing?

WhatsApp Business pricing adalah harga yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp yang harus dibayarkan setiap pengguna WhatsApp Business. Harga (pricing) tersebut meliputi tarif pesan yang dikirimkan oleh pengguna WhatsApp Business.

Ada dua WhatsApp Business yang tersedia. WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API). Keduanya memiliki fungsi yang sama namun fitur yang berbeda. Berikut adalah overview dan informasi harga untuk WhatsApp Business.

Tonton video Penjelasan lebih lanjut mengenai WhatsApp Business API dibawah ini:

 


Apa Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API?

Ada dua tipe WhatsApp Business atau WhatsApp bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, yaitu: WhatsApp Bisnis biasa dan WhatsApp Bisnis API. Berikut perbedaan keduanya:

1. WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dan khusus diciptakan bagi para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan mereka. Selain itu, WhatsApp bisnis memiliki fungsi untuk:

  • menyoroti produk dan layanan yang Anda berikan,
  • menjawab pertanyaan dari para pelanggan,
  • membuat katalog produk dan layanan,
  • mengotomatiskan, mengurutkan, dan menanggapi pesan dengan cepat.

WhatsApp Business biasa ini hanya dapat dipakai oleh maksimum 1 agen dalam 1 nomor dan dapat diunduh gratis melalui App Store/Play Store. Untuk pendaftaran pun cukup mudah hanya perlu menyiapkan Facebook Business Manager dan 1 SIM Card.

2. WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Bisnis dengan skala menengah dan besar lebih cocok jika menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API atau WhatsApp API memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan WhatsApp bisnis biasa. WA API dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia. Anda dapat terhubung dengan mereka melalui WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan andal.

WhatsApp API dapat digunakan oleh banyak agen/admin dalam 1 nomor dan aplikasi yang digunakan pun berbeda dengan WhatsApp Business biasa. WhatsApp API menggunakan aplikasi dari Facebook Official Partner, yang salah satunya adalah Qontak.

Perbedaan WhatsAp Bisnis Biasa dan WhatsApp Binsis API dibawah ini:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau

Rekomendasi Artikel: Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang WhatsApp API Indonesia dan 6 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang WhatsApp API


Apa Keuntungan Anda Membayar WhatsApp Business API (Pricing)?

Dengan hadirnya 2 tipe WhatsApp bisnis, tentunya Anda akan membandingkan keduanya sebelum memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, mari kita membahas beberapa kelebihan yang dapat kita peroleh jika menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API), yaitu:

– Meningkatkan customer trust yang baik

Kepercayaan dari para pelanggan terhadap bisnis Anda perlu diciptakan demi kemajuan bisnis di masa mendatang. Dengan adanya profil bisnis yang jelas pada akun WhatsApp API Anda, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Hal ini dibantu juga dengan adanya tanda centang hijau pada WhatsApp Anda.

– Lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Hal ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

– Menciptakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan

Tidak hanya bisa berkirim pesan teks, gambar, suara maupun video; namun WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengunggah cerita atau story yang dapat dilihat oleh setiap orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang interaktif dengan pelanggan. Selain itu juga terdapat foto profil, status, serta share live location yang sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mengetahui lokasi bisnis Anda.

– Integrasi dengan aplikasi lain

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan aplikasi customer service lainnya.

– Memperoleh saran dan penilaian langsung dari pelanggan

Anda bisa secara langsung meminta saran atau penilaian   kepada para pelanggan Anda. Saran dan penilaian tersebut akan sangat bermanfaat untuk evaluasi kerja rutin pada bisnis Anda.

Baca: Inilah 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API


Apa yang Anda dapatkan setelah Membayar WhatsApp Business API Pricing?

Aplikasi berbayar tentunya akan memberikan pengalaman berbeda bagi para penggunanya, termasuk WhatsApp API. Perbedaannya terletak pada fitur serta manfaat yang diberikan oleh Aplikasi WhatsApp bisnis tersebut. Beberapa fitur Whatsapp Business API pricing adalah:

1. Satu nomor untuk banyak agen customer service di berbagai lokasi

Pelanggan Anda bisa saja merasa bingung dan kerepotan jika harus menyimpan nomor bisnis yang berbeda untuk agen CS yang berbeda. Akan lebih praktis jika terdapat hanya satu nomor bisnis yang dapat digunakan oleh semua agen CS Anda walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda.

whatsapp-business-api-pricing-agent-routing

2. Centang hijau WhatsApp

Centang hijau pada WhatsApp bisnis ini merupakan sebuah tanda bahwa nomor dan akun bisnis WhatsApp Anda telah terverifikasi sebagai bisnis yang resmi dan lengkap legalitasnya. Tanda centang hijau ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

whatsapp-business-pricing-Centang-hijau

3. Menyimpan dan mengunduh semua data penting secara otomatis

Anda dapat mengunduh semua file atau dokumen penting pada bisnis Anda, seperti: kontak, riwayat transaksi, percakapan, dan sebagainya. Penyimpanan dokumen tersebut dijalankan secara otomatis sehingga Anda dapat menghindari human error yang sering terjadi.

whatsapp-business-pricing-otomatis-menyimpan-data

4. Akses laporan sales, customer service, dan agen CS Anda

Tak hanya penyimpanan data, namun pelaporan data atau informasi bisnis penting lainnya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Laporan itu juga berisi analisa data yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami kondisi yang sedang berlangsung pada bisnis Anda.

whatsapp-business-pricing-kpi-tracking

5. Integrasi dengan Omnichannel CRM

Omnichannel CRM merupakan sistem CRM yang terhubung dengan saluran bisnis penting lainnya, termasuk sosial media. Anda dapat menggunakan sosial media Anda sebagai sarana untuk membagikan WhatsApp API link yang Anda punya. Aplikasi CRM ini sangatlah penting bagi sebuah bisnis, karena sistem yang dijalankannya mempunyai tujuan khusus yaitu dalam hal manajemen hubungan pelanggan.

whatsapp-business-pricing-omnichannel-crm

Dengan fitur serta manfaat yang cukup banyak pada WhatsApp bisnis tersebut, tak heran jika kita wajib mempertimbangkan WhatsApp Business pricing yang telah ditetapkan. Jika harga WhatsApp Business tersebut masih dapat kita jangkau, lalu mengapa tidak?!

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API di Masa Pandemi dan 6 Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis Retail


Berapa Harga WhatsApp Bisnis?

Besarnya WhatsApp Business Pricing untuk setiap negara berbeda. Harga didasarkan pada jumlah notifikasi yang dikirimkan bisnis di setiap pasar. Facebook menentukan pasar tempat Anda beroperasi berdasarkan kode negara orang yang menerima pesan, bukan bisnis yang mengirimkan pesan

Facebook akan mengirimkan invoice ke email Anda selama minggu pertama di setiap bulannya untuk semua akun WhatsApp Business. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank Facebook yang tercantum di setiap invoice. Semua biaya jatuh tempo dalam 30 hari setelah tanggal invoice dikirimkan dan pembayaran yang terlambat akan dikenai biaya layanan.

1. WhatsApp Business Pricing (Harga WhatsApp Bisnis Biasa)

WhatsApp tidak mengenakan biaya untuk penggunaan aplikasi WhatsApp bisnis, tetapi ada beberapa biaya terkait. Anda memerlukan nomor telepon khusus karena menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp pribadi dan bisnis tidak diperbolehkan.

Jika Anda memiliki telepon SIM ganda, Anda dapat membeli kartu SIM tambahan untuk memasukkan dan menetapkan nomor itu ke Aplikasi Bisnis. Jika Anda tidak memiliki ponsel SIM ganda, Anda perlu membeli ponsel baru untuk WhatsApp Business.

Ingat, Anda hanya dapat menginstal Aplikasi WhatsApp Business di satu perangkat. Agar pengguna tambahan memiliki akses, belilah telepon tambahan yang dapat Anda bagikan atau sebagai alternatif, gunakan WhatsApp Web. Jika Anda memiliki lebih dari satu pengguna, pilihlah WhatsApp Official Business Account (WhatsApp API).

2. WhatsApp Official Business Edition Pricing (Harga WhatsApp Bisnis API)

WhatsApp API merupakan layanan bayar untuk digunakan. API WhatsApp Business pricing  di pasar Indonesia, yaitu berkisar Rp 350 – 400 per pesan. Relatif terjangkau, dengan berbagai manfaat tambahan yang dapat diperoleh dari WhatsApp API.

BSP (Business Solution Provider) akan menagih Anda dengan harga mereka sendiri selain dari apa yang ditagih WhatsApp kepada mereka. Misalnya, WhatsApp tidak mengenakan biaya BSP untuk pesan yang dikirim sebagai tanggapan atas pertanyaan pelanggan dalam jendela 24 jam (Chat Session). Untuk pesan yang dikirim setelah 24 jam (Pesan Template), WhatsApp menagih BSP sesuai dengan kartu tarif.

WhatsApp Business pricing tersebut ditentukan dari jumlah template pesan yang berhasil dikirimkan. Biaya yang dipatok untuk setiap template pesan terkirim berbeda-beda, yaitu bergantung pada banyaknya jumlah template pesan terkirim.

Harga WhatsApp bisnis dari Facebook selama sebulan untuk setiap pesan diberbagai negara sebagai berikut:

First 250K messages

(IDR)

Next 750K messages (IDR) Next
2M messages
(IDR)
Next
4M messages
(IDR)
Next
5M messages (IDR)

>10M messages (IDR)

Indonesia

339.371 334.896 330.420 312.519 299.092

285.666

Malaysia

575.659 560.663 545.667 455.691 410.703

410.703

United Kingdom

562.932

550.340 537.748 Rp462.195 424.419

424.419

India

59.390

59.390 56.845 54.158 51.471

48.785

Rest of Asia Pacific*

714.087

702.567 691.048 656.489 621.930

587.371

Untuk harga lengkapnya dapat dicek disini: WhatsApp Pricing


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business?

Tidak hanya berbeda dari fitur yang dimilikinya saja, namun dua tipe WhatsApp bisnis yang telah kami jelaskan diatas juga dapat diperoleh dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara mendapatkan WhatsApp Business:

– Cara Mendapatkan WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business biasa dapat diperoleh dengan mudah, yaitu dengan cara mengunduh aplikasinya secara gratis di Playstore atau Appstore yang telah tersedia di smartphone Anda masing-masing. Anda cukup mengetikkan “WhatsApp Business” pada kolom pencarian, kemudian aplikasi tersebut akan muncul di bagian teratas.

– Cara Mendapatkan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API)

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Official Business Edition atau yang dikenal dengan WhatsApp API tidak terdapat pada Playstore atau Appstore. Satu-satunya cara untuk mendapatkan WhatsApp API adalah melalui official partner WhatsApp di negara masing-masing. Untuk di Indonesia, Qontak.com merupakan salah satunya.

Langkah – langkah untuk memperoleh WhatsApp API adalah:

1. Memilih WhatsApp Official Partner Terbaik, Qontak.com

2. Mengajukan verifikasi perusahaan ke pihak WhatsApp.

3. Mengaktifkan nomor yang akan didaftarkan

Baca: Cara Membuat WhatsApp API


Dapatkan WhatsApp Business Pricing Terbaik!

WhatsApp API Qontak.com

Anda dapat memperoleh harga WhatsApp Business atau  WhatsApp Business pricing terbaik hanya di Qontak.com. Anda dapat mencobanya secara GRATIS. Hubungi tim kami jika Anda mengalami kesulitan dan ingin berkonsultasi mengenai WhatsApp bisnis dengan tim kami, misalnya untuk mempelajari cara menggunakan WhatsApp Business API atau pertanyaan lainnya.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di samping kanan!

Frequently Asked Question tentang WhatsApp API

Mengapa saya membutuhkan API untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp API?
    • Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan fitur yang lebih canggih pada WhatsApp bisnis Anda, Anda memerlukan API. Vendor WhatsApp blast Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WA Business biasa dan WhatsApp API software dari Qontak.com?
    • Tidak ada API di WA Business biasa. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WA Business. Sedangkan dengan vendor WhatsApp blast Qontak.com, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem blast yang baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WA Business saya ke aplikasi WhatsApp API Qontak.com?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan aplikasi WhatsApp API?
    • Anda dapat memberikan info promosi / kampanye jika disetujui atau diizinkan oleh pelanggan.

You may also like

By