Qontak WhatsApp

WhatsApp Business Banyak Admin: Cara Dapatkannya!

WhatsApp Business Banyak Admin, Cara Cepat Melayani Pelanggan

WhatsApp Business banyak admin mungkin sudah harus dimiliki para pemilik bisnis. Di masa pandemi seperti sekarang ini, para pemilik bisnis beralih menjalankan bisnis mereka secara online. Salah satu cara yang banyak ditempuh adalah dengan memaksimalkan penggunaan WhatsApp. WhatsApp kini telah menjadi bagian penting dalam interaksi bisnis dengan pelanggan.

Sebagai aplikasi pesan instant dengan pengguna terbanyak di dunia, tidak heran jika WhatsApp menjadi pilihan bisnis untuk meraih pelanggan. Terdapat banyak fitur dalam WhatsApp yang sangat berguna untuk bisnis, salah satunya adalah WhatsApp Business dengan banyak admin.


Apa itu WhatsApp Business Banyak Admin?

Whatsapp business multiple admin qontak

WhatsApp business banyak admin atau multiple admin adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak orang (users). Artinya, nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin CS Anda dari berbagai device.

WhatsApp Business banyak admin merupakan salah satu fitur unggulan yang terdapat pada WhatsApp Business API. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk dapat menggunakan satu nomor oleh beberapa admin. Biasanya fitur ini dicari oleh bisnis yang menangani banyak pelanggan sehingga memerlukan lebih dari satu nomor WhatsApp agar dapat merespon lebih cepat. Fitur ini sekaligus berfungsi sebagai helpdesk online bagi perusahaan.

Fitur satu nomor WhatsApp untuk banyak admin memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • Pemilik bisnis hanya perlu memiliki satu nomor WhatsApp untuk customer service. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengelola seluruh pesan yang masuk. Ketika ada dua atau lebih nomor kontak WhatsApp, pelanggan yang tidak mendapat respon dengan cepat akan berusaha untuk menghubungi nomor lain yang tersedia. Hal ini dapat membingungkan dan bisa terjadi tumpang tindih terhadap permintaan pelanggan yang sama.
  • Memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis. Dengan hanya tersedia satu nomor, pelanggan tidak perlu bingung untuk menentukan nomor mana yang harus dihubungi.

Apa Perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business Biasa?

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa WhatsApp memiliki versi khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp for Business. Namun, masih banyak belum mengetahui bahwa terdapat dua versi dalam WhatsApp for Business, yaitu WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API.

Kebanyakan yang diketahui orang banyak saat ini adalah WhatsApp Business biasa. Versi ini dapat diunduh gratis melalui AppStore atau PlayStore. Sementara itu, WhatsApp Business API mungkin masih belum diketahui banyak orang karena tidak tersedia di platform umum. WhatsApp API dapat diperoleh melalui kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp di Indonesia, seperti Qontak.

Kedua jenis WhatsApp Business ini memiliki fitur yang berbeda. Fitur-fitur yang terdapat pada WhatsApp Business biasa cukup terbatas. Oleh sebab itu, biasanya versi ini cocok digunakan untuk pemilik bisnis kecil. Sementara itu, fitur pada WhatsApp Business API sangat luas dan canggih. Versi ini cocok digunakan untuk bisnis yang lebih besar atau perusahaan, terutama jika ingin meningkatkan customer service mereka. Berikut adalah perbedaan fitur WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API) dan WhatsApp Business Biasa:

Simak video mengenai WhatsApp Business API di bawah ini: 


Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Business Multiple Admin?

Berikut adalah alur pesan masuk pada WhatsApp Business dengan banyak admin:

  • Pesan dari berbagai pelanggan akan masuk ke satu nomor WhatsApp dan disalurkan ke multi-channel chat panel. Selanjutnya, pesan akan diterima oleh agen customer service. Pengaturan alokasi agen ini dapat dilakukan secara manual maupun otomatis melalui round robin.
  • Terjadi percakapan antara agen customer service yang ditugaskan dengan pelanggan
  • Database profile pelanggan dan riwayat percakapan akan tersimpan dalam sistem CRM untuk memudahkan pelacakan dan manajemen data

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Banyak Admin?

Cara mendapatkan WhatsApp Business Multiple admin yang utama adalah dengan menggunakan WhatsApp API (WhatsApp Official Business Account).

Berikut adalah cara mendapatkan WhatsApp Business Multiple Admin dengan WhatsApp API:

1. Pastikan Bisnis memiliki dan memverifikasi akun Facebook Business Manager,

Jika Anda sudah pernah menggunakan FB Ads atau IG Ads, maka Anda sudah memiliki akun Facebook Business Manager. Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan verifikasi bisnis di akun tersebut.

2. Memilih Business Solution Provider (BSP) terbaik sebagai partner resmi WhatsApp API seperti Qontak.com,

Salah satu WhatsApp Official Business Partner terbaik di Indonesia adalah Qontak.com Qontak.com dapat membantu Anda memperoleh green tick WhatsApp atau centang hijau WhatsApp dengan mudah. Selanjutnya, mitra resmi tersebut akan membantu mengajukan permohonan untuk WA API berlisensi yang dapat diintegrasikan dengan teknologi apa pun.

3. Pilih satu nomor yang akan digunakan, BSP akan mendaftarkan nomor tersebut menjadi WhatsApp API

Setelah memilih BSP, Anda cukup memberikan nomor WhatsApp yang Anda ingin jadikan untuk WhatsApp API. Nomor ini bisa merupakan nomor baru atau nomor WhatsApp existing.

4. WhatsApp Business Multiple Admin dapat digunakan.

Untuk memperoleh WhatsApp Business dengan banyak admin, pengguna harus memiliki API WhatsApp terlebih dahulu. Seperti yang telah disebut sebelumnya, WhatsApp API dapat diperoleh melalui kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp API Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membaca langkah-langkah Cara Membuat API WhatsApp.


Dapatkan WhatsApp Business Banyak Admin Sekarang

whatsapp business banyak admin

Setelah memperoleh WhatsApp API, Anda tidak hanya memiliki keuntungan menggunakan satu nomor WhatsApp Business banyak admin. Terdapat berbagai keuntungan menggunakan API WhatsApp Business, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Salah satunya adalah untuk mengelola penjualan dan pesanan. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh fitur yang lebih canggih seperti WhatsApp Automation, WhatsApp CRM, dan WhatsApp Chatbot.

Sebagai mitra resmi WhatsApp API Indonesia, Qontak dapat membantu bisnis untuk memperoleh WhatsApp Business API dengan mudah. Platform Qontak telah mencakup sebuah sistem end-to-end yang di dalamnya termasuk WhatsApp chat API, percakapan WhatsApp Omnichannel, dan solusi CRM untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Penjualan dan layanan pelanggan haruslah mudah. Miliki WhatsApp Business API dan penuhi semua kebutuhan bisnis Anda di sini.

You may also like

By