Qontak WhatsApp

WhatsApp Business API: 4 Cara Mendapatkannya!

menggunakan-whatsapp-business-api

Simak bagaimana cara mendapatkan WhatsApp Business API untuk bisnis Anda!

WhatsApp Business API membantu bisnis menjangkau pelanggan melalui aplikasi pesan yang paling sering mereka gunakan. Dengan didukung fitur canggih yang pelanggan diajak untuk berinteraksi dengan bisnis layaknya mereka berinteraksi dengan teman atau keluarga melalui pesan personal WhatsApp.

WhatsApp API memiliki memiliki banyak kelebihan lain yang telah digunakan banyak bisnis untuk meningkatkan customer service. Apa saja kelebihan tersebut? bagaimana cara menggunakannya?

Berikut cara membuat API WhatsApp Business dengan mudah:

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API melalui video berikut ini:

 


Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah perangkat digital yang dirancang khusus untuk bisnis berinteraksi dengan pelanggan. WhatsApp API memiliki berbagai fitur dan kelebihan dibandingkan WhatsApp Business biasa, di antaranya adalah kemampuan untuk memiliki fitur WhatsApp Chatbot.

Selengkapnya: Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya

WhatsApp API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service. Integrasi WhatsApp dengan CRM sering juga disebut dengan istilah WhatsApp CRM. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang hanya bekerja sendiri atau tidak bisa integrasi dengan sistem lainnya.

Perbedaan WhatsApp Business biasa dengan WhatsApp Business API sebagai berikut:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Mengapa menggunakan WhatsApp Business API?

Manfaat WhatsApp API adalah meningkatkan customer service. Dengan membangun WhatsApp untuk customer service, bisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan berinteraksi secara efektif dengan pelanggan. Salah satu kelebihan utamanya dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa adalah kemampuan untuk mengakses satu nomor WhatsApp dari berbagai perangkat.


whatsapp-api-cs-qontak-1

Berikut ini adalah 6 alasan utama menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan customer service bisnis Anda:

1. Hubungan yang lebih unggul dengan pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sangat penting bagi bisnis. WhatsApp memberikan ruang bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan satu per satu secara personal.

Dengan WhatsApp, bisnis juga dapat membuat “Business Profile” yang berisi email, nomor telepon, alamat, website, dan detail bisnis lainnya. Hal ini dapat digunakan untuk membangun citra brand pada tiap interaksi dengan pelanggan.

Selain itu, tanda centang hijau resmi yang menjadi kelebihan WhatsApp Business API dibanding WhatsApp Business biasa dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan kepercayaan pelanggan ketika berhubungan dengan bisnis Anda.

2. Platform yang aman dan nyaman untuk berkomunikasi

Profil bisnis yang dimiliki tiap perusahaan berbeda dan hanya dibuat ketika WhatsApp telah melakukan verifikasi terhadap akun bisnis Anda. Selain itu, adanya enskripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Hal ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

3. Komunikasi yang interaktif dengan pelanggan

WhatsApp menyediakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui WhatsApp story, display picture, status, serta mendukung pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Hal ini dapat membantu bisnis untuk memberikan notifikasi berisi attachment yang diperlukan pelanggan.

Sebagai contoh, aplikasi pemesanan tiket dapat memberikan boarding pass kepada WhatsApp pelanggan, hingga update real-time mengenai perubahan maupun keterlambatan penerbangan, hanya dalam satu platform.

4. Memfasilitasi komunikasi dua arah

Melalui WhatsApp, bisnis dan pelanggan dapat berinteraksi satu sama lain secara langsung. Biasanya, pelanggan hanya merespon pesan satu arah yang dikirim kepada mereka. Kini, pelanggan dapat memulai percakapan karena sudah melihat produk/jasa yang ditawarkan bisnis dan memutuskan untuk bertanya lebih lanjut melalui nomor WhatsApp atau API WhatsApp link yang tersedia di media sosial.

WhatsApp membantu menciptakan terjalinnya komunikasi yang real dengan pelanggan secara dua arah layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko.


WhatsApp Business API-2

5. Kemudahan integrasi dengan aplikasi lain

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service.

Integrasi WhatsApp dengan CRM seperti yang dimiliki Qontak.com memungkinkan bisnis untuk memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam WhatsApp CRM.

6. Memperoleh masukan pelanggan secara langsung

Anda bisa menanyakan kepada pelanggan untuk langsung menilai layanan yang diberikan setelah selesai. Hal ini untuk memastikan tingkat respon pelanggan, sebab mereka cenderung untuk memberi masukan ketika merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, WhatsApp API juga dapat memberikan analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan. Data-data tersebut sangat penting untuk memahami pelanggan lebih baik lagi.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API?

Step 1. Daftar Business Solution Provider (BSP) terbaik seperti Qontak.com

qontak.com_WhatsApp Business API

Mendaftar ke BSP sebagai partner WhatsApp resmi seperti Qontak.com sangatlah penting. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Qontak.com akan memastikan ANda memiliki seluruh fitur WhatsApp API yang dibutuhkan dengan harga terjangkau.

Saya Mau Coba Gratis WhatApp API Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Qontak Sekarang!

Step 2. Patikan Akun Facebook Business Manager Terverifikasi

FBM-for-kategori-Whatsapp-Business-API

Qontak.com akan membantu Anda melakukan verifikasi akun Facebook Manager yang cukup rumit dan lama. Tugas Anda hanya menyiapkan dokumen identitas bisnis seperti:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • Izin usaha seperti: SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 3. Pilih Nomor untuk Akun WhatsApp Bisnis

WhatsApp-Business-API-profil

Pilih satu nomor yang akan digunakan sebagai nomor WhatsApp API. Nomor ini tidak bisa diganti untuk selamanya.

Setelah itu, Anda bisa melengkapi profil bisnis. Usahakan profil diisi dengan informasi bisnis selengkap mungkin seperti jam operasional, website, katalog dan lainnya. Hal ini akan membantu branding bisnis Anda.

Step 4. WhatsApp API Terverifikasi

WhatsApp Business-API-qontak-official

Akun WhatsApp Anda akan terverifikasi yang ditandai dengan centang hijau di sebelah nama bisnis. Tanda ini dan nama bisnis akan otomatis muncul ke layar pelanggan setiap berinteraksi meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Hal ini menandakan WhatsApp Business API mulai bisa digunakan.


Apa Kelebihan WhatsApp Business API?

Berikut kelebihan-kelebihan yang akan bisnis Anda dapatkan jika Anda menggunakan WA API Qontak.com:

– WhatsApp Business API Multi User

WhatsApp API memiliki fitur yang memungkinkan bisnis menggunakan satu nomor di berbagai perangkat dengan admin/agen tak terbatas sekaligus. Berbeda dengan WhatsApp Business hanya bisa digunakan untuk 2 device yang membatasi Anda menambah customer service.

WhatsApp-Business-API- Qontak.com

– Sistem Otomatisasi

Hampir semua proses yang dikerjakan WA API dilakukan secara otomatis seperti menyimpan dan mengunduh semua kontak, percakapan serta informasi pelanggan lainnya. Informasi tersebut membantu untuk memberikan customer experience yang lebih baik.

– Akun WhatsApp Business API Terverifikasi

Centang hijau (green tick) diberikan pihak WhatsApp untuk menunjukan bahwa akun terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp Anda diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan.

– Memiliki Asisten Virtual

WhatsApp Business API memiliki fitur unggulan ChatBot yang bertugas layaknya asisten. Robot virtual ini mampu merespon pelanggan secara otomatis dan menyelesaikan permintaan pelanggan sederhana.

– Mengirimkan Pesan Broadcast dan Blast

WhatsApp API mampu mengirimkan pesan secara bersamaan ke nomor pelanggan tak terbatas dengan WhatsApp blast atau WhatsApp bulk. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

Integrasi dengan sistem CRM

WhatsApp API dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem yang sudah Anda gunakan seperti CRM. Hal ini akan mendorong pertumbuhan bisnis dan pelayanan pelanggan.

– Dilengkapi Dashboard Pelaporan

API dilengkapi dengan dashboard yang menampilkan laporan seluruh aktivitas interaksi yang terjadi antara bisnis dengan pelanggan. Dari situ Anda dapat melihat pencapain kerja tim CS, tren yang terjadi hingga data pelanggan yang berguna untuk menyusun strategi bisnis.

WhatsApp -fitur


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Business API?

Setelah berhasil membuat WhatsApp API bersama Qontak.com, Anda mungkin bingung bagaimana cara menggunakan WA API dengan benar. Maka dari itu Anda bisa memperhatikan penjelasan cara menggunakan API WhatsApp seperti berikut ini:

1. Login ke Chat Panel Qontak.com

Login Qontak.com

Setelah bermitra dengan Qontak.com, Anda akan diberi username dan password untuk bisa mengakses WhatsApp Business API. Pada panel tersebut agen hanya akan mampu membalas pesan masuk, sedangkan manajer/supervisor dapat memantau pesan masuk serta pengaturan lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Atur Penerima Chat

Proses ini hanya dapat dilakukan oleh supervisor. Sementara Agen dapat mengatur status online nya dari bagian atas panel untuk menjalankan fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation.

3. Atur Jam Kerja, auto-reply, dan Template Pesan

WhatsApp Business API-template

Supervisor bisa mulai membuat alur auto-reply, template pesan dan jam kerja agen. Hal ini untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien. Dengan begitu agen tidak perlu menuliskan beberapa hal dasar secara berulang.

4.  Atur Pengambilan dan Pengiriman Pesan

WhA API-menerima pesan

Langkah terakhir adalah memulai proses mengambil, membalas dan memberikan pesan. Supervisor memiliki kemampuan untuk membalas pesan, menginterupsi pesan, serta bebas memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Pesan yang telah dibalas oleh supervisor tidak dapat diambil oleh agen.

Supervisor juga memiliki kewenangan untuk memberikan menambahkan atau mengeluarkan agen ke dalam chat room yang sama. Sementara agen hanya dapat memberikan pesan ke sesama agen. Pesan yang telah berakhir atau diselesaikan akan ditutup dengan menekan tombol Resolve, kemudian akan muncul tanda Resolved.


Bagaimana Mengembangkan Bisnis Anda dengan WhatsApp Business API?

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, WhatsApp dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik

Qontak.com telah memudahkan bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Dengan mendapatkan WhatsApp Business API melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih mulus dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di samping kanan!

 

You may also like

By