Qontak WhatsApp

WhatsApp Bulk: Cara Mengirimkan Pesan Bulk di WA

whatsapp-bulk-cara-mengirimkan-pesan-bulk-di-wa

Apakah WhatsApp Bulk Bisa Mengirimkan Pesan Massal?

WhatsApp bulk memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan massal ke banyak pelanggan, tanpa menyimpan nomor mereka. Pengiriman pesan bulk ini hanya dapat dilakukan melalui WhatsApp official API. Lalu sebenarnya apa WhatsApp bulk? Bagaimana mendapatkan WA bulk dan menggunakan WhatsApp bulk sender yang benar?

Berikut adalah cara mudah mengirimkan pesan Bulk WhatsApp:

  1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia (Qontak.com)
  2. Lakukan verifikasi akun bisnis
  3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil
  4. Siapkan daftar kontak
  5. Siapkan template pesan
  6. Kirim pesan bulk


Apa itu WhatsApp Bulk?

WhatsApp bulk  adalah perangkat digital marketing yang mengirimkan pesan dalam jumlah besar ke banyak kontak secara bersamaan. Kelebihan bulk WAmampu mengirim pesan ke kontak yang belum menyimpan nomor Anda. Selain itu juga tidak ada batasan nomor yang dapat dikirimi pesan.

Cara mengirim pesan bulk WhatsApp dilakukan dengan WhatsApp official business edition/WhatsApp API. WA Business API terintegrasi dengan aplikasi lain dan ditandai centang hijau yang menunjukan akun resmi. WhatsApp Business API juga tidak membatasi jumlah admin, dan secara otomatis menyimpan riwayat chat beserta nomor kontak.

Kenali lebih jauh mengenai WhatsApp API: Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan fitur-fiturnya

Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business Biasa WhatsApp Business API
Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop) Jumlah admin tak terbatas
Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat
Menyimpan nomor secara manual Nomor dan nama otomatis tersimpan
Tidak bisa mengirimkan pesan blast Dapat mengirimkan pesan blast
Koneksi terputus saat perangkat utama offline Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif
Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain Bisa integrasi dengan aplikasi lain
Tidak ada centang hijau Ada centang hijau

untuk memahami lebih lanjut mengenai WhatsApp API, Anda dapat melihat video berikut:

 


Apa Saja Manfaat Menggunakan WhatsApp Bulk?

Manfaat utama menggunakan WhatsApp bulk sender adalah mengirimkan pesan massal ke banyak pelanggan sekaligus. Selain itu, masih banyak manfaat menggunakan WhatsApp bulk diantaranya:

  • Bebas mengirim pesan ke banyak kontak tanpa menyimpan nomor kontak
  • Pesan dapat dipersonalisasi
  • Terdapat laporan pesan terkirim, tidak terkirim, dibaca atau belum dibaca
  • Pesan bulk akan diterima pada hari yang sama
  • Memudahkan aktivitas marketing

Bagaimana Cara Mengirimkan Pesan WhatsApp Bulk dengan Mudah?

Berikut cara mengirimkan bulk  WA ke pelanggan hanya dengan seperti berikut:

Step 1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia (Qontak.com)

langkah 1-Cara-Mendapatkan-whatsapp-bulk

Untuk dapat mengirimkan banyak pesan, Anda harus menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API). WhatsApp API hanya bisa didapatkan melalui Business Solution Partner (BSP) di negara Anda berada, salah satunya Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Lakukan verifikasi akun bisnis

Langkah 2-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Bulk

Proses verifikasi data diperlukan untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan WhatsApp. Data yang digunakan meliputi:

  1. Nama perusahaan,
  2. Website URL,
  3. Email domain
  4. SIUP/NIB/NPWP bisnis

Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan sebagian bisnis. Qontak.com membantu bisnis dalam melakukan verifikasi.

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil

Langkah 3-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Bulk

Setelah terverifikasi, tentukan satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini tidak dapat diganti untuk seterusnya. Selanjutnya akan terlihat centang hijau saat WhatsApp telah aktif. Nama bisnis otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka belum menyimpan kontak Anda. Setelah proses ini, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM yang disediakan Qontak.com

Perbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Pada tahap ini juga dapat dimanfaatkan sebagai branding serta mengatur hal lain yang perlu pelanggan ketahui seperti jam operasional, katalog produk dan sebagainya.

Step 4. Siapkan daftar kontak

Langkah 4-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Bulk

Impor ke bentuk excel atau csv semua list kontak pelanggan yang pernah menghubungi bisnis Anda, termasuk leads yang telah mendapatkan antrian setelah mendaftar melalui form. Selanjutnya unggah file tersebut pada sistem.

Step 5. Siapkan template dan submit

langkah 5-Cara-Mendapatkan-WhatsApp-Bulk

Siapkan template pesan minimal 1 hari sebelum pengiriman untuk diperiksa konten pesannya oleh pihak WhatsApp. Hindari isi pesan yang mengandung hard selling seperti kata diskon, promo dan lainnya sesuai dengan ketentuan pihak WhatsApp. Isi template pesan dapat berupa teks, gambar, video hingga file.

Step 6. Kirim pesan WhatsApp Bulk

Setelah template mendapat persetujuan WhatsApp, lakukan WhatsApp bulk sender dengan kontak dan template yang ada. Dalam hitungan menit sistem akan mengirimkan secara otomatis bersamaan. Susun pesan berseri dan terjadwal yang bisa dikirim otomatis ke WhatsApp pelanggan. Dengan ini, aktifitas follow up jadi lebih terstruktur, sistematis dan masif.


Bagaimana Menggunakan WhatsApp Bulk Sender?

Sebagian bisnis salah memanfaatkan bulk WhatsApp sender. Dimana mereka lebih banyak menggunakan bulk untuk melakukan promosi untuk mencapai target penjualan. Sayangnya hal ini melanggar kebijakan WhatsApp dan berpotensi memblokir nomor WhatsApp Anda. Saat ini, WhatsApp mengandalkan dua cara untuk melakukan pemblokiran, yaitu melalui Bot WhatsApp, dan blokir dari pengguna.

Lalu bagaimana cara menggunakan WA blast yang tepat, berikut tipsnya:

– Gunakan WhatsApp Business API

WhatsApp API menghindar pemblokiran akun WhatsApp. Dengan API WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan template pesan dan melakukan pesan keluar otomatis sesuai trigger. Ditambah lagi, melalui integrasi dengan WhatsApp CRM, database customer akan terhubung dan tersimpan secara otomatis.Selain itu juga didukung fitur canggih seperti WhatsApp Chatbot, hingga integrasi dengan aplikasi lain seperti Line dan Telegram (WhatsApp Omnichannel).

– Jangan mengirim pesan spam berisi promosi

WhatsApp tidak mengizinkan penggunanya untuk melakukan blast promosi maupun notifikasi kampanye. Mereka hanya mengizinkan mengirimkan pesan bulk info promosi atau kampanye jika diminta oleh pelanggan. Sebab WhatsApp tidak ingin penggunanya merasa terganggu. Jika Anda tetap melakukannya, WhatsApp akan mendeteksinya sebagai spam dan nomor Anda akan diblokir.

– Mengirim pesan keluar sesuai ketentuan

Banyak pengguna yang masih belum mengetahui terms of service dari WhatsApp mengenai tipe pesan keluar yang diperbolehkan. Ada juga pengguna yang sudah tahu namun mengabaikan ketentuan tersebut. Berikut adalah tipe pesan keluar yang diizinkan oleh WhatsApp:

  • Pengiriman faktur
  • Pengingat
  • Notifikasi
  • OTP
  • Konfirmasi pesanan

– Gunakan sebagai customer service

Tujuan utama penggunaan WhatsApp bulk lebih mengarah untuk customer service, bukan untuk marketing. Maka dari itu gunakanlah bulk sesuai dengan ketentuannya. Memanfaatkan WhatsApp untuk customer service dan berikan layanan pelanggan terbaik untuk mendapatkan loyalitas mereka. Dengan demikian, penjualan Anda pun akan meningkat dengan sendirinya.


Miliki WhatsApp Bulk Melalui Qontak.com Sekarang!

Sebagai official WA Business API, Qontak.com membantu bisnis Anda mengirimkan pesan bulk lebih mudah. WhatsApp Qontak.com terintegrasi CRM yang didukung fitur canggih untuk meningkatkan bisnis Anda. Terlebih Qontak.com telah membantu berbagai macam bisnis untuk merasakan manfaat menggunakan WhatsApp Business API. Anda hanya perlu menunggu karena pendaftaran ditangani Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

You may also like

By