Qontak WhatsApp

WhatsApp Bot Indonesia | 2 Langkah Buat Bot Sendiri

Apakah Anda Pebisnis yang Ingin Menggunakan WhatsApp Bot Indonesia?

WhatsApp bot Indonesia adalah program otomatis dengan kecerdasan buatan yang memungkinkan komunikasi dua arah pada WhatsApp. Dengan teknologi API (Application Programming Interface), setiap pesan yang masuk pada WhatsApp akan terhubung dan direspon oleh robot atau sistem bot dengan bahasa natural layaknya manusia.

Kemampuan WhatsApp bot di Indonesia kerap dimanfaatkan pelaku bisnis untuk meningkatkan customer experience. Hal ini didukung laporan kompas.com mengungkap bahwa:

Pengguna WhatsApp di Indonesia rata-rata menghabiskan 30,8 jam per bulan dan 60% di antaranya untuk keperluan menjalin relasi dan menjalankan bisnis.

Melihat fakta tersebut, wajar bagi pelaku bisnis memulai percakapan serta mengelola keluhan pelanggan lebih cepat dengan WhatsApp bot. Selain itu, WhatsApp bot API dapat dijadikan sarana marketing efektif dan efisien mengingat pengguna WhatsApp di Indonesia sangat besar.

WhatsApp Bot Indonesia


Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan WhatsApp Bot Indonesia?

WhatsApp bot mendukung fungsionalitas WhatsApp lebih baik dibandingkan sekedar mengirim pesan. Terlebih bagi pelaku bisnis, kehadiran WhatsApp bot API ini membantu untuk mengoptimalkan bisnis terutama pada pelayanan pelanggan.

Berikut yang bisa dilakukan WhatsApp bot API untuk bisnis Anda:

– Multi Users

Akun WhatsApp bot API dapat digunakan banyak admin atau agen dengan nomor yang sama dari berbagai perangkat. Artinya nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin customer service dari berbagai device. Dengan begitu, Anda mampu merespon pelanggan lebih cepat.

– Centang Hijau

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp bot API dapat meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan dan customer trust terhadap bisnis Anda

– WhatsApp Automation

WhatsApp automation memungkinkan WhatsApp bot melakukan otomatisasi dalam menyimpan dan mengunduh semua kontak WhatsApp, percakapan dan database pelanggan lainnya. Dengan begitu, membantu tim support memberikan customer experience lebih baik.

– Rotator

Rotator akan menuruskan pesan leads secara adil sesuai dengan kemampuan customer service. Tujuannya untuk menghindari ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan, karena membantu tim CS memberikan respon lebih cepat dan tepat.

– Auto Reply

WhatsApp auto reply memiliki kemampuan menjawab pesan masuk secara otomatis. Pesan auto reply dapat didesain sesuai kebutuhan bisnis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– WhatsApp Blast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk yang dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Report

WhatsApp bot dilengkapi laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dalam laporan tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.

– Integrasi

Integrasi dengan CRM membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengelola.


2 Langkah Membuat WhatsApp Bot Sendiri di Indonesia

Cara membuat WhatsApp bot di Indonesia sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya dengan memenuhi 2 tahapan berikut ini:

  1. Siapkan Persyaratan untuk Membuat WhatsApp Bot Indonesia
  2. Bangun WhatsApp Business API

Step 1. Siapkan Persyaratan untuk Membuat WhatsApp Bot Indonesia

Cara membuat WhatsApp bot dimulai dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Anda perlu menyiapkan beberapa informasi dan dokumen bisnis Anda untuk didaftarkan ke Facebook Business Manager. Berikut cara mengaktifkan bot di WA Bisnis yang perlu Anda lewati:

  • Buatlah akun Business Manager di Facebook. Anda perlu memasukkan informasi identitas bisnis Anda seperti nama bisnis, alamat kantor, dan detail lainnya. Selengkapnya dapat Anda baca disini.
  • Verifikasi Facebook Business Manager Anda. Pihak Facebook akan memverifikasi identitas bisnis Anda dengan izin pendirian perusahaan seperti SIUP, NIB atau NPWP bisnis, website, email resmi bisnis, alamat kantor dan informasi lainnya yang Anda lampirkan.
  • Setelah pihak Facebook selesai melakukan peninjauan, Anda akan menerima notifikasi bahwa bisnis sudah terverifikasi. Artinya, Anda sudah dapat membuat akun WhatsApp bot API.

WhatsApp Bot Indonesia

Step 2. Bangun WhatsApp Business API

Langkah berikutnya pada cara mengaktifkan bot di WA bisnis Anda adalah memiliki WhatsApp Business API. Caranya ialah dengan bekerjasama dengan Business Solution Providers (BSP) resmi di Indonesia seperti Qontak.com.

Qontak.com memungkinkan Anda untuk mengirim pesan otomatis atau massal sekaligus tanpa melanggar ketentuan dari WhatsApp. Hal ini untuk menghindari pemblokiran pihak WhatsApp yang menganggap akun spam.

Sebagai BSP yang berpengalaman, Qontak.com juga akan membantu Anda dalam tahapan pertama saat mendaftarkan bisnis pada Business Manager. Setelah setiap prosesnya berhasil dilewati, Anda dapat memiliki WhatsApp Business API dan langsung menggunakan WhatsApp bot Anda sendiri di Indonesia.

WhatsApp Bot Indonesia with API


Terapkan WhatsApp Bot Indonesia Sekarang Juga!

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, banyak keuntungan yang dapat Anda terima dari WhatsApp bot API, baik dalam meningkatkan pelayanan pelanggan atau sarana marketing yang efektif. Selain itu, juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan metode lainnya.

Cara membuat WhatsApp bot API Anda sendiri memang sederhana. Setelah bermitra dengan BSP terbaik seperti Qontak.com, kami akan membantu mengaktifkan bot di WA bisnis Anda dengan mudah dan cepat.

Dapatkan WhatsApp bot Indonesia untuk bisnis Anda dengan menghubungi kami dan mencobanya secara GRATIS sekarang juga!


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Bot Indonesia

Mengapa saya membutuhkan API untuk membuat WhatsApp bot Indonesia?
    • Untuk mendapatkan fitur bot yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp bot API?
    • Tidak ada bot di WhatsApp Business biasa. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan dengan API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem bot yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp bot Indonesia?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan WhatsApp bot Indonesia?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai WhatsApp bot API pada video berikut ini:

You may also like

By