Qontak WhatsApp

WhatsApp Bot API: 5 Cara Membuat Bot di WA API

WhatsApp Bot Business_5 Cara Membuatnya

Bagaimana Cara WhatsApp Bot API untuk Meningkatkan Penjualan?

WhatsApp Bot API banyak dimanfaatkan penggunaannya untuk customer service. Bot API merespon pelanggan secara otomatis sehingga meringankan beban kerja customer service. Selain itu kemampuan chatbot API juga dimanfaatkan untuk membangun dan mengembangkan penjualan bisnis Anda dengan penggunaan yang tepat. Caranya adalah membangun interaksi sederhana, aman, dan reliabel dengan pelanggan melalui akun WhatsApp Business API.

5 cara membuat bot WA (WhatsApp) dengan mudah sebagai berikut ini:

Step 1. Mendaftar official WhatsApp Business Partner di Indonesia (Qontak.com)
Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
Step 3. Lengkapi Profil dan Tentukan nomor WhatsApp API
Step 4. Membuat template Percakapan Bot WhatsApp
Step 5. Lakukan Uji Coba Chatbot

WhatsApp Bot API


Apa itu WhatsApp Bot API?

WhatsApp Bot API adalah fitur WhatsApp Business API yang mampu memberikan respon otomatis dalam waktu cepat. Fitur ini digerakan oleh sebuah robot virtual dengan program kecerdasan AI (artificial intelligence). Bot akan memberikan menjawab setiap pesan masuk dari pelanggan menggunakan bahasa natural layaknya manusia.

Dengan API bot chat WhatsApp, kita dapat memperoleh respon secara cepat dan efisien. Keunggulan WhatsApp bot dapat diakses pada media yang kita gunakan setiap hari, yaitu handphone. Hal ini memberikan beberapa keuntungan yang menjadikan Bot chat WhatsApp lebih personal dan lebih mudah diakses.

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Bot Business API melalui video berikut ini:


Bagaimana Cara WhatsApp Bot API Meningkatkan Bisnis Anda?

Chatbot WhatsApp merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu memperoleh keuntungan maksimal melalui WhatsApp Chatbot.

1. Memberikan penawaran kepada pembeli

Dalam proses komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp, biasanya pelangganlah yang melakukan kontak terlebih dahulu dengan bisnis. Mereka biasanya memiliki pertanyaan tentang suatu produk, mencari nomor WhatsApp yang dapat dihubungi atau melalui API WhatsApp Link, dan memulai percakapan terlebih dahulu.

Ketika percakapan sudah berlangsung, bisnis dapat memanfaatkannya untuk memberikan penawaran melalui chatbot WhatsApp, misalnya promo yang sedang berlangsung. Memberikan penawaran langsung kepada pelanggan secara otomatis dan tertarget melalui chatbot WhatsApp dapat menjadi cara yang efektif dan hemat biaya untuk meraih pelanggan.

2. Mengingatkan pembeli

Jika bisnis Anda sudah cukup canggih dengan memiliki website sendiri, terkadang pembeli seringkali mengabaikan barang-barang yang sudah mereka masukkan ke dalam shopping cart  dan lupa untuk melakukan pembayaran.

WhatsApp chatbot dapat dimanfaatkan sebagai pengingat yang mudah kepada pelanggan untuk melanjutkan pembayaran mereka. Anda hanya perlu mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp kepada pelanggan. WhatsApp merupakan sarana yang tepat untuk memastikan mereka menyelesaikan pembelian mereka.

3. Meningkatkan lead conversion

Kemampuan chatbot WhatsApp dalam membalas pesan secara cepat dan real time membantu menuntun pelanggan melewati sales funnel. Hal ini dapat mendorong mereka dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan lead conversion.

Bot-WhatsApp-API-Chat

4. Mengurangi pengeluaran

Menghadapi pertanyaan rutin dari pelanggan atau sering disingkat FAQ (frequently asked questions), seperti pertanyaan daftar harga, produk apa saja yang ditawarkan, dan lain sebagainya, dapat menghabiskan waktu tim customer service. Pertanyaan-pertanyaan ini bersifat repetitif dan dapat diprediksi. Bahkan, kadang kala jawabannya sebenarnya sudah tercantum di deskripsi data.

Chatbot WhatsApp dapat menjawab pertanyaan tersebut secara otomatis dengan biaya yang sangat rendah. Kemampuannya dalam menjawab puluhan, atau bahkan ratusan pertanyaan sekaligus dapat menghemat biaya bisnis Anda secara signifikan sehingga dapat menangani pelanggan dengan lebih efisien.

Saya Mau Coba Gratis ChatBot WhatsApp Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

5. Meningkatkan produktivitas karyawan

WhatsApp Bot API dapat membantu meningkatkan produktivitas tim support Anda dengan menangani pertanyaan-pertanyaan repetitif. Dengan demikian, agen CS dapat menangani pelanggan dengan pertanyaan yang lebih kompleks sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama.


Fitur Apa saja pada WhatsApp Bot API untuk meningkatkan Bisnis Anda?

Kemampuan WhatsApp Bot API untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda sudah tidak diragukan lagi. Telah banyak bisnis yang membuktikannya, hal ini juga berdampak pada meningkatnya produktivitas kinerja karyawan dan penjualan.

Keberhasilan Bot WhatsApp berkat dukungan fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Fitur-fitur yang dimaksud meliputi:

– Respon cepat dengan auto-reply

WhatsApp memiliki fitur auto reply yang mampu memberikan respon otomatis setiap pesan yang masuk dalam hitungan detik. Biasanya isi pesan tersebut berupa greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– Program Otomatisasi

Fitur automation akan menyimpan dan mengunduh semua interaksi yang terjadi pada API Bot WhatsApp. Interaksi tersebut akan disimpan di database pelanggan dalam sistem CRM. Apabila tim support membutuhkan data tersebut, dapat mudah diakses.

– Digunakan oleh banyak Admin

Multi user merupakan fitur bot chat WhatsApp yang dapat digunakan banyak admin atau agen dengan nomor yang sama dari berbagai perangkat. Dengan begitu, bisnis tetap bisa merespon pelanggan dengan cepat meski bot WhatsApp tidak mampu menyelesaikannya.

– Rotator

Rotator secara otomatis meneruskan pesan leads secara adil sesuai dengan kemampuan customer service. Tujuannya membantu tim CS dapat menyelesaikan permintaan pelanggan lebih cepat dan tepat.

– Akun WhatsApp Bot API Terverifikasi

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp bot API dapat meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan dan customer trust terhadap bisnis Anda.

– Mengirimkan Pesan Broadcast melalui WhatsApp Blast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk yang dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

– Integrasi dengan CRM

Integrasi dengan CRM membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengelola.

Report Dashboard

WhatsApp bot dilengkapi laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dalam laporan tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.

Bot-WhatsApp-API-report


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Bot API?

Keberhasilan penggunaan WhatsApp chatbot sangatlah bergantung pada software yang Anda gunakan. Tiap vendor memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda, dan tentunya Anda ingin chatbot WhatsApp yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. 5 cara membuat bot WA (WhatsApp) dengan mudah sebagai berikut ini:

Step 1. Mendaftar official WhatsApp Business Partner di Indonesia (Qontak.com)

Mendaftar ke partner resmi WhatsApp Business API adalah keharusan. Pilih Business Solution Provider (BSP) yang mempunyai kredibilitas di Indonesia seperti Qontak.com. Dengan Qontak.com, Anda akan mendapatkan WhatsApp API dan Chatbot lebih mudah.

WhatsApp Bot API-Qontak.com

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Proses Verifikasi akun Facebook Business Manager cukup merepotkan dan memakan waktu lama. Proses verifikasi ini akan dibantu oleh Qontak.com, sehingga Anda tidak perlu kerepotan. Tugas Anda hanya menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

verifikasi-facebook-manager

Step 3. Lengkapi Profil dan Tentukan nomor WhatsApp API

Bot-WhatsApp-API-profil

Lengkapi akun WhatsApp Business dengan memasukkan jam operasional, website bisnis, katalog dan lainnya. Informasi tersebut membantu pelanggan lebih mudah mengenali bisnis Anda. Terpenting pilih nomor yang akan digunakan akun WhatsApp Business API. Pastikan nomor tersebut selalu aktif karena tidak bisa diganti selama nya.

Step 4. Membuat template Percakapan Bot WhatsApp

Pada tahap ini, Anda mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara Chatbot dengan pelanggan. Anda bisa menyusunnya dengan cara memperkirakan respon dari pertanyaan/permintaan apa saya yang umum diajukan pelanggan. Rencanakan juga respon untuk pertanyaan atau permintaan yang tidak ada pada daftar yang Anda susun.

Chatbot-whatsapp-template

Sebaiknya Anda konsultasikan dahulu alur tersebut bersama Qontak.com. Ini akan lebih memudahkan Anda dalam membuat template karena Mereka selalu siap membantu Anda, bahkan membuatkan alur Chatbot khusus untuk Anda.

Saya Mau Coba Gratis ChatBot WhatsApp Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 5. Lakukan Uji Coba Chatbot

Bot-WhatsApp-API-Business-uji-coba

Uji coba Chatbot yang Anda buat dengan berpura-pura menjadi pelanggan. Hal ini untuk memastikan apakah Chatbot berfungsi dengan baik. Apabila ada kendala dalam uji coba, Anda bisa konsultasi dengan Qontak.com.


Bagaimana Cara Mudah Memiliki WhatsApp Bot API?

Anda dapat memiliki WhatsApp Bot API dengan mudah melalui  Qontak.com yang merupakan Official Partner Facebook di Indonesia. Qontak.com akan membantu Anda melakukan seleruh rangkaian cara membuat bot WA, hingga bisa digunakan oleh Anda.

WhatsApp API Qontak.com memiliki beberapa fitur yang dapat membantu Anda untuk memiliki chatbot WhatsApp yang canggih, yaitu:

  1. Integrasi dengan sistem lain, misalnya software CRM sales dan customer service
  2. Menyusun alur percakapan dan mengubahnya dengan mudah sesuai kebutuhan bisnis Anda
  3. Melihat statistic chatbot WhatsApp

Dengan Qontak.com, bisnis Anda dapat merasakan keuntungan dari WhatsApp Chatbot dengan mudah. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi kami di sini

 

You may also like

By