Qontak WhatsApp

Cara Membuat Pesan Otomatis dengan WhatsApp Automation

Apakah Bisa Automation WhatsApp? Begini Cara Membuatnya!

Kepopuleran WhatsApp saat ini dimanfaatkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sayangnya bisnis sering kerepotan untuk membalas pesan pelanggan satu persatu. Solusi yang tepat adalah membalas pesan pelanggan otomatis dengan menggunakan fitur WhatsApp Automation.

Automation WhatsApp adalah fitur WhatsApp Business API yang mampu membalas pesan secara otomatis. Hal ini tentu mempermudah bisnis dalam merespon pelanggan. Sebenarnya apa itu WhatsApp Automation dan bagaimana cara kerjanya? Temukan jawabannya pada ulasan dibawah ini.

6 cara membuat WhatsApp automation sebagai berikut:

  1. Bermitra dengan Business Solution Provider (BSP) Qontak.com
  2. Aktifkan ke Facebook Business Manager
  3. Lengkapi profil bisnis Anda
  4. Masuk ke panel chat Qontak.com
  5. Buat ‘template’ pada Settings
  6. Lakukan uji coba pesan

Apa itu Whatsapp Automation?

WhatsApp Automation adalah fitur WhatsApp Business API yang mampu mengirimkan pesan secara otomatis. Selain itu, bisnis juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan broadcast message ke banyak kontak secara otomatis.

WhatsApp Automation memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Salah satu manfaat utamanya adalah memberikan customer experience yang lebih baik. Caranya dengan memungkinkan tim support dan sales untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui pesan WhatsApp otomatis.


Apa Manfaat utama Whatsapp Automation?

Manfaat utama dari WhatsApp adalah mampu memberikan respon otomatis setiap pesan pelanggan. Berikut manfaat lain dari WhatsApp bisnis automation adalah

  • Mengirim pesan kepada pelanggan secara otomatis dengan WhatsApp untuk memberikan update dan informasi dengan cepat dan efisien (auto WhatsApp sender & autoresponder)
  • Menyimpan data dari WhatsApp dan percakapan secara otomatis
  • Menghasilkan ticket secara otomatis sehingga tim support dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan
  • Mempercepat proses sales dengan mengotomatisasi respon ke pelanggan dan membuat task untuk tim sales melalui integrasi dengan CRM (autoresponder bisa dengan bot broadcast WhatsApp)
  • Menjamin keamanan pesan dengan adanya verifikasi dan otentikasi pada pesan WhatsApp
  • Mendeteksi nama dari pesan WhatsApp baru yang masuk secara otomatis

Apa saja Tipe Pesan otomatis yang bisa dikirimkan WhatsApp Automation?

WhatsApp automation umumnya memberikan respon sesuai dengan jenis pesan berikut ini:

  • Greeting message: pesan ini akan otomatis muncul saat pelanggan berinteraksi dengan bisnis. Biasanya pesan WhatsApp bisnis yang ditampilkan berupa sapaan seperti Hallo, selamat pagi dan lain sebagainya. Anda bisa membuat kalimat sapaan sesuai dengan citra bisnis Anda.
  • Away message: pesan yang dikirimkan untuk tetap menjangkau pelanggan meski diluar jam operasional. Pesan ini akan memberitahu pelanggan bahwa permintaan mereka telah diterima dan akan ditanggapi setelah jam operasional kembali. Diharapkan mereka tidak akan pergi dengan perasaan tidak diperhatikan dan tidak bahagia.
  • FAQs: memungkinkan Anda menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering Anda gunakan. Anda dapat menetapkan ‘tag’ unik pada pesan dan mengaksesnya dengan mengetik “/” diikuti dengan kata kunci. Dengan mengirim pesan yang disimpan, Anda tidak hanya menjawab pertanyaan dengan cepat, tetapi juga menghemat waktu dan energi agen dukungan Anda.

Bagaimana Cara Membuat Whatsapp Automation?

Untuk menggunakan WhatsApp Automation, Anda harus harus memiliki WhatsApp API terlebih dahulu. Untuk mendapatkan WhatsApp API, Anda harus bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp API di Indonesia (official WhatsApp API partner), salah satunya adalah Qontak.com.

Ikutilah cara membuat WhatsApp Automation berikut ini:

Step 1. Bermitra dengan Business Solution Provider (BSP) Qontak.comBSP-WhatsApp Automation

Selanjutnya, Anda perlu bermitra dengan Mitra partner resmi WhatsApp Business Qontak.com. Kemudian Qontak.com akan membantu Anda mengajukan permohonan untuk WA API berlisensi yang dapat diintegrasikan dengan teknologi apa pun. Berbagai fitur yang terdapat pada WhatsApp Business API menawarkan sistem end to end untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, termasuk percakapan omnichannel dan solusi CRM yang dapat meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Aktifkan ke Facebook Business ManagerFBM-for-Whatsapp-automation

Setelah itu, Anda perlu mengaktifkan Facebook Business Manager. Caranya hanya perlu login ke Facebook Business Manager. Selanjutkan verifikasi, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa informasi sebagai berikut:

  • Nama bisnis
  • Website
  • E-mail bisnis
  • SIUP/NIB/NPWP

Step 3. Lengkapi profil bisnis AndaProfil-WhatsApp-automation

Selanjutnya, Anda bisa memilih nomor yang akan Anda gunakan untuk WhatsApp bisnis API. Selain itu, Anda bisa melengkapi profil dengan informasi bisnis seperti lokasi bisnis, jam operasional dan lainnya.

Sementara BSP Qontak.com akan mengajukan centang hijau atau akun verified. Selain itu juga membantu Anda mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM atau sistem lainnya yang telah ada.

Step 4. Masuk ke panel chat Qontak.comLogin-for-Whatsapp-Automation

Qontak.com akan memberikan ID untuk akses login di chat panel mereka. Akses atau kredensial yang diberikan untuk agen dan supervisor berbeda. Agen hanya akan diizinkan untuk membalas pesan yang masuk sedangkan supervisor juga dapat memantau pesan masuk serta melakukan beberapa pengaturan.

Step 5. Buat ‘template’ pada Settingstemplate-whatsapp-automation

Selanjutnya Anda bisa mulai menyusun template atau alur jawaban otomatis untuk merespon setiap pesan dari pelanggan. Anda bisa meminra bantuan tim Qontak.com untuk membangun sistem autoresponder, jam kerja, berbagai template, dan juga tags dengan praktis. Setelah itu submit yang telah jadi ke Panel Qontak.com.

Step 6. Lakukan uji coba pesanTrial-and-Error-WhatsApp-automation

Setelah selesai semua, lakukan uji coba. Kirim pesan ke akun WhatsApp bisnis Anda seperti pelanggan. Tunggu beberapa waktu untuk memastikan Anda menerima balasan otomatis sesuai yang diatur. Apabila Anda mendapatkan balasan, berarti WA otomatis dapat digunakan untuk melayani pelanggan.

Selengkapnya: Cara Membuat API Whatsapp: Ini Langkah-Langkahnya!


Apa saja Fitur yang dimiliki WhatsApp Automation?

WhatsApp Automation memiliki fitur canggih yang memudahkan bisnis dalam merespon pelanggan. Berikut fitur canggih dari WhatsApp Bisnis, diantaranya:

  • Chatbot: mampu merespon pesan pelanggan dengan cepat selama 24 jam nonstop.
  • Auto-reply: akan memindai pesan dan menjawab berdasarkan trigger dari pesan tersebut secara otomatis.
  • Multi user: memungkinkan bisnis menggunakan satu nomor di berbagai perangkat dengan admin/agen tak terbatas sekaligus.
  • Centang hijau atau verified badge: menunjukan bahwa akun bisnis Anda terverifikasi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan.
  • WhatsApp blast: mampu mengirimkan pesan secara bersamaan ke nomor pelanggan tak terbatas.
  • Integrasi dengan sistem CRM: mendorong pertumbuhan bisnis dan pelayanan pelanggan dengan menghubungkan WhatsApp bisnis dengan sistem yang sudah Anda gunakan seperti CRM.
  • Dashboard laporan: akan menampilkan seluruh aktivitas interaksi yang terjadi antara bisnis dengan pelanggan.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Penggunaan WhatsApp Automation?

Sebagai mitra resmi WhatsApp API Indonesia, Qontak.com dapat memberikan solusi WhatsApp Automation untuk bisnis. Fitur ini mampu membantu bisnis memberikan respon lebih cepat untuk meraih kepuasan pelanggan. Berikut tips memaksimalkan penggunaan WhatsApp Automation adalah:

– Mengirimkan pesan secara otomatis melalui template dan autoresponder

Anda dapat mengirimkan pesan massal WhatsApp secara otomatis melalui bot broadcast WhatsApp berdasarkan triggers atau pesan yang masuk, atau berdasarkan template yang telah diatur sebelumnya. Hal ini akan memudahkan Anda karena bisa menjadi autoresponder. Pesan yang keluar akan dikirim melalui sistem CRM ke WhatsApp pelanggan. Selanjutnya, pesan yang terkirim akan muncul pada panel multi chat CS.

Tipe pesan yang dapat dilakukan yaitu faktur, reminder, notifikasi, OTP, dan konfirmasi. Berdasarkan peraturan yang diatur oleh WhatsApp, Anda tidak diizinkan untuk melakukan promosi blast atau notifikasi kampanye, kecuali jika diminta oleh pelanggan.

Dengan mengirimkan pesan otomatis secara massal (bot broadcast WhatsApp autoresponder), Anda dapat memberikan komunikasi yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih efisien kepada pelanggan.whatsapp-automation-qontak

– Menyimpan data dari Whatsapp ke dalam sistem CRM

Anda tidak perlu memindahkan kontak WhatsApp Anda ke dalam sistem CRM. Seluruh database kontak dan riwayat percakapan dapat tersimpan otomatis ke dalam CRM. Fungsi ini akan mengefisienkan waktu tim sales dalam proses sales dan membantu tim support ketika menangani keluhan pelanggan.

– Mengalokasi agen secara otomatis

Anda dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan secara otomatis berdasarkan lokasi atau tim spesifik melalui round robin sesuai dengan kebutuhan tim manajemen.

– Mengotomatisasi pesan dengan sistem chatbot

Fitur bot di WhatsApp (bot broadcast WhatsApp autoresponder) memudahkan bisnis dalam memberikan respon ke pelanggan lebih cepat dan tersedia selama 24/7. Dengan WhatsApp Chatbot, Anda dapat mendesain, mengubah, dan menyesuaikan alur percakapan tanpa membutuhkan coding. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan alur percakapan dengan database yang ada melalui fungsi JSON API.

– Memperoleh laporan dan analisis menyeluruh secara otomatis

Anda akan memperoleh laporan secara real time dan instan dari semua aktivitas untuk meningkatkan kinerja percakapan tim sales maupun support Anda dengan pelanggan.


Dapatkan WhatsApp Automation SEKARANG!

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end, sehingga Anda dapat mendapatkan integrasi WhatsApp omnichannel, WhatsApp CRM, serta WhatsApp Chatbot. Tentunya hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses bisnis Anda. Sehingga customer experience pun terjaga dan sales pun meningkat. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Tiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Memiliki solusi integrasi WhatsApp Omnichannel untuk bisnis Anda sangatlah mudah. Untuk dapat mempelajarinya, hubungi kami di sini untuk memperoleh WhatsApp Omnichannel milik Qontak.com. Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut mengenai WhatsApp automation, silakan klik di sini.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By