Daftar isi
6 min read

10 Rekomendasi Aplikasi Auto Reply WhatsApp Terbaik

Tayang 20 Maret 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
10 Rekomendasi Aplikasi Auto Reply WhatsApp Terbaik

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda paham bahwa setiap pelanggan mengharapkan mendapatkan balasan cepat dari pesan yang mereka kirimkan. Hal tersebut bisa Anda penuhi dengan menggunakan WhatsApp auto reply.

WhatsApp auto reply merupakan fitur WhatsApp business yang secara otomatis akan membalas pesan hanya dalam hitungan detik, meski Anda sedang tidak online.

Kemampuan ini tentu sangat penting bagi bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Karena mereka bisa menghubungi bisnis kapan saja dibutuhkan, tanpa terbatas jam operasional.

Pelajari selengkapnya aplikasi WA Auto reply terbaik untuk bisnis Anda pada artikel berikut.


Apa Itu WhatsApp (WA) Auto Reply?

WhatsApp (WA) auto reply adalah fitur WhatsApp Business yang berfungsi untuk menjawab pesan masuk secara otomatis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Dengan menggunakan fitur WhatsApp auto reply, bisnis dapat mengirimkan greeting message (pesan sapaan), away message (pesan yang memberitahu bahwa agen atau bisnis sedang tidak tersedia), atau quick replies (balasan cepat) kepada pelanggan.

Artinya, pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan balasan pesan mereka dan dapat terhubung dengan bisnis Anda kapan saja.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu memiliki akun WhatsApp Business atau WhatsApp Business API.

Namun, perlu diketahui bahwa bahwa fitur WhatsApp auto reply di WA bisnis biasa dan API WhatsApp sebenarnya berbeda. Fitur auto reply di API WhatsApp dilengkapi dengan berbagai kelebihan yang tidak dapat diperoleh di akun WA bisnis biasa.

Misalnya seperti rotator yang dapat meneruskan pertanyaan pelanggan secara otomatis ke tim CS, dan chatbot WhatsApp yang membantu menjawab pertanyaan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Pesan Auto Reply WhatsApp Terbaru


10 Rekomendasi Aplikasi Auto Reply WhatsApp Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi auto reply WhatsApp terbaik hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp business API. Di mana WA Business API satu-satunya aplikasi auto reply WhatsApp terbaik yang resmi dan aman digunakan.

Meski begitu, masih ada pilihan penyedia aplikasi auto reply Whatsapp terbaik yang mungkin Anda gunakan

10 Rekomendasi penyedia aplikasi auto reply WhatsApp terbaik adalah sebagai berikut:

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak menyediakan aplikasi auto reply WhatsApp terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak merupakan partner resmi WhatsApp Business API. Jadi WhatsApp auto reply yang Anda gunakan dijamin aman.

Selain itu, WhatsApp Qontak terintegrasi sistem CRM (Customer Relationship Management) sehingga bisnis dapat dijalankan dengan lebih baik dan efisien.

2. Chatbot

chatbot-aplikasi-auto-reply-whatsapp

Chatbot merupakan aplikasi bot WhatsApp untuk membalas pesan WhatsApp secara otomatis. Aplikasi ini juga muda dihubungkan dengan berbagai platform pesan singkat seperti Slack, Facebook Messenger, LiveChat, Skype, Twitter, hingga YouTube.

3. AutoRespoder For WA

AutoRespoder For WA - Aplaikasi auto reply WhatsApp

AutoRespoder For WA tersedia dalam dua versi yakni gratis dan pro (berbayar). Sayangnya untuk menggunakan fitur auto reply, Anda harus mendapat gangguan iklan.

Meski begitu, aplikasi auto reply WhatsApp terbaik ini memiliki paket fitur lengkap seperti pesan sambutan obrolan baru, penggantian jawaban langsung dan masih banyak fitur yang lainnya.

4. Botsify

botsify- aplikasi auto reply WhatsApp

Botsify adalah aplikasi WhatsApp yang juga dapat dihubungkan dengan Facebook Messenger, Slack, dan website.

Kelebihan aplikasi Botsify mampu merespon pesan pelanggan yang kompleks. Bot Botsify dapat meneruskan pesan yang tidak bisa ditangani ke agen secara otomatis.

5. BotCore

BotCore - aplikasi auto reply WhatsApp

BotCore menyediakan aplikasi autoresponder WhatsApp dengan dukungan teknologi artificial intelligence. Aplikasi ini mampu merespon setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis dengan bahasa natural layaknya manusia pada umumnya.

6. AutoRespond Bot

AutoRespond Bot - aplikasi auto reply WhatsApp

Autorespond Bot dapat digunakan untuk mengirimkan pesan ke pelanggan secara personal maupun grup. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjawab pesan WhatsApp melalui website.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah digunakan, bisa melakukan jadwal auto respon kapanpun, bisa melakukan balasan pesan hingga 99 kali.

7. Rezolve.ai

rezolve-ai - WhatsApp Auto reply

Rezolve.ai menawarkan aplikasi autoresponder WhatsApp yang mempermudah kinerja tim sales. Aplikasi ini memanfaatkan AI untuk otomatisasi proses bisnis yang canggih, algoritme yang cerdas, dan lainnya. Jadi tim sales dapat fokus melakukan penjualan.

8. Whatsapp Auto – Reply App

Whatsapp Auto – Reply App

WhatsApp Auto – Reply App memudahkan Anda untuk berkolaborasi dengan Google Spreadsheet.

Aplikasi ini menyediakan 3 pilihan auto reply yaitu custom reply, welcome messenger dan spreadsheet. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim pesan otomatis ke group yang Anda ikuti.

9. WABOT

WABOT- aplikasi auto reply whatsapp

Wabot adalah aplikasi auto reply WhatsApp terbaik yang membatu bisnis untuk menyebarkan promosi. Aplikasi ini didukung fitur canggih yang berguna untuk mengirim pesan otomatis, pesan terjadwal, Auto Reply Serta Chat Bot WhatsApp serta banyak fitur menarik yang lain.

10. Wasavi apk

Wasavi apk - aplikasi auto reply whatsapp

Wasavi apk merupakan aplikasi modifikasi yang dapat digunakan untuk platform Facebook, Telegram, WA serta  sosial media lainnya.

Aplikasi ini mampu menjadwalkan pesan serta balasan secara otomatis buat whatsapp, whatsapp bisnis, viber, signal, serta FB mesengger dan sosial media yang lain.


Cara membuat Link Auto Chat WA

Agar dapat berfungsi dengan baik sebagai layanan pelanggan, Anda perlu menautkan link WhatsApp pada media komunikasi lainnya. Link inilah yang nantinya akan otomatis meneruskan ke halaman WhatsApp saat ditekan.

Sementara itu, untuk membuat link auto chat WA Anda perlu membuat tautan seperti berikut:

https://wa.me/<nomor>

Catatan: pada kolom <nomor>, Anda bisa mengisikan nomor akun WhatsApp Anda dalam format internasional. Misalnya untuk Indonesia menggunakan kode +62 untuk mengganti angka nol di awal nomor.

Namun khusus untuk tautan link, Anda harus menghilangkan simbol positif “+”. Jadi apabila nomor Anda +6285718971848, maka nomor yang dimasukkan cukup 6285718971848.

Apabila digabungkan menjadi link auto chat WA menjadi: “https://wa.me/6285718971848

Selain memasukkan nomor, Anda juga bisa mengisi tautan dengan menambahkan teks apapun sesuai kebutuhan. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan format tautan berikut:

https://wa.me/<nomor>?teks=<teksberkodeURL>

Catatan: <nomor> adalah nomor telepon Anda dalam format internasional dan <teksberkodeURL> adalah pesan otomatis berkode URL.”

Misalnya Anda ingin menambahkan pesan “Hello Qontak Blog!!”

Maka kode teks yang perlu Anda masukkan adalah Hello%20Qontak%20Blog%21

Sementara tautan yang dihasilkan akan menjadi seperti ini:

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6281287090263&text=Hello+Qontak+Blog%21&app_absent=0


Tips Cara Menggunakan WhatsApp Auto Reply

Cara menggunakan autoresponder WhatsApp tidaklah sulit. Meski begitu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan terutama dalam peningkatan layanan pelanggan. Berikut ini cara memaksimalkan fitur autoresponder WhatsApp untuk mengoptimalkan peningkatan bisnis Anda:

  • Lengkapi semua informasi bisnis pada akun WhatsApp Anda seperti nama, merk, Produk/ jasa yang ditawarkan, website, lokasi atau alamat, jam operasional dan lainnya.
  • Rancang semua jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pelanggan dalam bentuk FAQ. Hal ini akan memudahkan kerja auto reply dalam memberikan jawaban tepat.
  • Jangan lewatkan fitur berbagi foto, dokumen dan video untuk pelanggan. Fitur ini akan membantu pelanggan lebih mudah memahami informasi/balasan dari auto reply. Selain itu fitur ini juga lebih menarik pelanggan untuk mencoba produk/jasa Anda.

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Auto Reply Terbaik

WhatsApp auto reply dapat membantu penggunanya untuk membalas pesan WhatsApp secara otomatis. Kelebihan ini sangat berguna untuk bisnis yang ingin menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Pasalnya pelanggan bisa menghubungi bisnis kapan saja, meski di luar jam operasional.

Sementara itu, untuk mendapatkan fitur auto WhatsApp sender memerlukan langkah awal yaitu membangun sistem API melalui BSP / official partner WhatsApp.

Mekari Qontak dapat membantu Anda mendapatkan fitur terdepan WhatsApp yang Anda butuhkan, seperti mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan omnichannel CRM dan sistem lainnya.

Mekari Qontak merupakan solusi lengkap all-in-one Aplikasi auto reply WhatsApp terbaik untuk peningkatan bisnis Anda dan dilengkapi fitur canggih lainnya seperti centang hijau, chatbot, WA blast, dan banyak lagi.

Selain itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan bersama mengembangkan usahanya.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales