Qontak WhatsApp

WhatsApp API: Pengertian, Fitur dan Cara Membuat WA API!

WhatsAp-API

Mengenal WhatsApp API,  Fitur-Fiturnya dan Cara membuatnya

Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang dimilikinya, Whatsapp mengembangkan fiturnya bagi pelaku bisnis melalui Whatsapp Business Official atau Whatsapp API. Selain mendukung fitur sekelompok fitur standard yang disediakan oleh aplikasi Whatsapp biasa, Whatsapp API, atau sering juga disebut API WA bisnis, memiliki beberapa kelebihan. seperti mengirim dan menerima pesan secara terprogram secara otomatis.

4 Cara Mudah Membuat WhatsApp API sebagai berikut:

Step 1. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API (Qontak.com)
Step 2. Pastikan Akun Facebook Business Manager Terverifikasi
Step 3. Menentukan Nomor dan Mengisi Profil
Step 4. WhatsApp API Siap Digunakan


Apa itu Whatsapp API?

WhatsApp API adalah fitur resmi WhatsApp yang dirancang untuk bisnis untuk memudahkan menghubungi pelanggannya. Kata API diambil dari singkatan Application Programming Interface, yang artinya memungkinkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

Maka dari itu, API Whatsapp juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah Ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service. Berbeda dengan WhatsApp Business Biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Perbedaan lainnya antara WhatsApp Business Biasa dengan WhatsApp Business API sebagai berikut:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau

Baca juga: Bagaimana Mengintegrasi WhatsApp dengan CRM Perusahaan Anda? Begini caranya!


Apa saja Fitur yang Dimiliki WhatsApp API Indonesia?

WhatsApp API Indonesia didukung fitur-fitur canggih untuk membantu bisnis menjalin interaksi dengan pelanggan lebih baik. Fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

– Asisten Virtual Chatbot

Asisten virtual ini didukung dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) yang mampu merespon setiap permintaan pelanggan yang masuk secara cepat dengan jumlah yang banyak sekaligus.

– Integrasi WhatsApp CRM

Fitur ini membantu bisnis dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dengan mengelola seluruh informasi tentang mereka. Informasi tersebut digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Otomatisasi WhatsApp

Fitur automation bertugas menyimpan dan mengunduh semua interaksi pelanggan dengan bisnis. Dimana riwayat Interaksi tersebut akan disatukan ke dalam sistem database yang dapat diakses oleh tim support untuk melayani pelanggan.

– WhatsApp Multi User

Satu akun WA Business API dapat diakses oleh banyak admin sekaligus dari berbagai perangkat. Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat dengan adanya banyak admin.

Rotator

Fitur ini akan meneruskan pesan pelanggan secara otomatis dan adil ke tim support seperti yang telah diatur. Hal ini untuk menghindari penumpukan pelanggan dan permasalahan pelanggan yang tidak terselesaikan.

– Centang Hijau

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp bot API dapat meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan dan customer trust terhadap bisnis Anda.

– WhatsApp Blast atau Bluk

WhatsApp blast atau dikenal juga WhatsApp bulk yang dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

– Laporan Analitik

WA API  dilengkapi laporan analitik interaktif semua interaksi pelanggan pada dalam satu dashboard. Laporan tersebut menampilkan pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.

WhatsApp-API-Business fitur


Apa Manfaat WhatsApp Business API Indonesia untuk Bisnis?

Penerapan WhatsApp dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Berikut manfaat lainnya dari API WhatsApp yang sayang dilewatkan bisnis:

  • Melayani 24 jam nonstop dengan adanya Chatbot yang mampu memberikan respon otomatis dalam hitungan detik.
  • Otomatisasi feedback dengan mengirimkan pesan otomatis sesuai dengan pertanyaan atau permintaan yang sering diajukan pelanggan.
  • Keamanan terjamin dengan sistem end-to-end encryption dipastikan semua percakapan hanya dapat diakses oleh bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.
  • Mengirimkan pesan broadcast dan blast langsung ke banyak nomor pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor mereka.
  • Personalisasi pesan pelanggan yang dapat digunakan menjadi insight untuk lebih memahami pelanggan.
  • Hemat biaya dibandingkan harus mempekerjakan banyak tim
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform WhatsApp.

Baca juga: Membangun WhatsApp untuk Customer Service


Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan WhatsApp API

WA API telah banyak digunakan oleh bisnis karena terbukti mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan pelanggan. Berikut alasan lainnya kenapa bisnis perlu menggunakan WhatsApp API:

– Menawarkan Produk ke Pelanggan

WhatsApp dapat digunakan sebagai media penyebar katalog atau promo produk terbaru dari bisnis Anda. Metode ini lebih efektif dan hemat biaya dengan bantuan WhatsApp blast yang dapat mengirim pesan ke nomor-nomor pelanggan meski mereka tidak menyimpan nomor bisnis Anda.

– Mengingatkan Pelanggan

Pelanggan terkadang lupa untuk meneruskan proses transaksi dengan bisnis. WA Business API dapat Anda manfaatkan untuk mengingatkan mereka melanjutkan tahapan yang tertunda.

– Mengumpulkan Umpan Balik

Sebelum mengakhiri interaksi, Anda dapat menanyakan langsung umpan balik untuk bisnis ke pelanggan. Cara ini lebih efektif dibandingkan meminta pelanggan untuk mengisi form.

– Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

WA API memiliki asisten virtual yang dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan sederhana, sehingga tim support dapat fokus mengerjakan permasalahan kompleks. Hal ini sebuah keuntungan bagi bisnis karena lebih banyak permintaan pelanggan yang dapat diselesaikan.


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp API Indonesia?

Cara mudah membuat WhatsApp API, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

Step 1. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API (Qontak.com)

qontak.com

WhatsApp API hanya bisa diperoleh melalui Official Business Partner WhatsApp di negara yang asal. Pastikan untuk memilih partner yang tepat dan terpercaya seperti Qontak.com yang dapat melayani Anda secara optimal.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 Step 2. Pastikan Akun Facebook Business Manager Terverifikasi

FBM-for-Whatsapp-API-Indonesia

Qontak.com akan membantu Anda mengajukan verifikasi akun Facebook Business Manager ke pihak Facebook. Anda hanya perlu menyiapkan data seperti

  • Nama bisnis,
  • URL website bisnis,
  • E–mail resmi bisnis,
  • Izin SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 3. Menentukan Nomor dan Mengisi Profil

Profile-for-Whatsapp-API-Indonesia

Pemilihan nomor yang akan digunakan untuk akun WhatsApp sangatlah penting. Pasalnya nomor ini akan digunakan untuk selamanya, tidak bisa diganti.Selanjutnya isi profil WhatsApp selengkap mungkin. Hal ini dikarenakan informasi pada profil dijadikan branding bisnis Anda.

Step 4. WhatsApp API Siap Digunakan

Testing-Whatsapp-API-Indonesia

Setelah Anda melalui langkah diatas, WA API siap digunakan. Usahakan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan WhatsApp berfungsi sebagaimana mestinya.


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp API?

Setelah Anda berhasil membuat WhatsApp Business API. Anda bisa mulai mengoperasikan akun Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. Berikut cara yang harus Anda lakukan untuk menggunakan API WhatsApp:

1. Login di Panel Qontak.com

Panel-Qontak

Qontak.com akan memberikan username dan password untuk akses akun WhatsApp Anda. Izin akses agen hanya dapat membalas pesan masuk, berbeda dengan manajer yang dapat memantau seluruh interaksi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Mengatur Penerima Chat

Anda dapat menentukan sistem yang akan digunakan untuk mengatur agen penerima pesan apakah dilakukan secara auto agent allocation atau custom agent allocation. Namun keduanya memberi kesempatan manajer menentukan agen yang menerima pesan secara manual.

3. Mengatur Jam Kerja, auto-reply, dan Template Pesan

Setting-Whatsapp-API

Supervisor bisa mulai membuat alur auto-reply, template pesan dan jam kerja agen. Hal ini untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien. Dengan begitu agen tidak perlu menuliskan beberapa hal dasar secara berulang.

4. Setting Pengambilan Pengiriman Pesan

Supervisor memiliki kewenangan untuk membalas pesan, menginterupsi pesan, serta bebas memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Pesan yang telah dibalas oleh supervisor tidak dapat diambil oleh agen.

Mereka juga memiliki kewenangan untuk memberikan menambahkan atau mengeluarkan agen ke dalam chat room yang sama. Sementara agen hanya dapat memberikan pesan ke sesama agen. Pesan yang telah berakhir atau diselesaikan akan ditutup dengan menekan tombol Resolve, kemudian akan muncul tanda Resolved.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp API untuk Bisnis Anda?

WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui partner resmi WhatsApp di Indonesia seperti Qontak.com. WA API dari Qontak.com memiliki fitur-fitur terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis bahkan untuk perusahaan dalam skala besar sekalipun. Tak heran jika ada begitu banyak pelaku bisnis yang ingin memperoleh memiliki asisten virtual chatbot dari WA API untuk digunakan dalam bisnis atau perusahaannya.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di samping kanan!

 

You may also like

By