Whatsapp API Indonesia Telah Hadir: Ini yang Perlu Kamu Tahu!

whatsapp api indonesia

Aplikasi pesan telah menjadi sarana utama komunikasi antar sesama saat ini. Dengan lebih dari 1,5 milyar pengguna di seluruh dunia, Whatsapp merupakan aplikasi pesan dengan pengguna terbanyak dibandingkan yang lainnya. Setelah meluncurkan versi API, Whatsapp semakin mengembangkan sayapnya untuk keperluan bisnis. Simak hal yang perlu kamu ketahui tentang Whatsapp API Indonesia!

Whatsapp merupakan aplikasi pesan yang aman, bebas dari iklan, serta terenkripsi end-to-end. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari Whatsapp. Bisnis telah melihat potensi yang dimiliki Whatsapp dalam memberi keuntungan bagi mereka. Whatsapp semakin membantu mengembangkan bisnis dengan merilis Whatsapp Business API secara terbatas.

Apa itu Whatsapp API?

Whatsapp Business API merupakan pengembangan terbaru dari Whatsapp. Ketika merilis versi API, masih banyak pengguna yang bingung apa itu Whatsapp API dan manfaatnya bagi bisnis.

Whatsapp API merupakan versi yang dirilis oleh Whatsapp dengan akses terbatas untuk membantu mengembangkan bisnis. API pada Whatsapp memiliki berbagai fitur dan kelebihan yang memberi keuntungan bagi bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Baca juga: Apa itu Whatsapp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya

Untuk membantu memahaminya, mari kita lihat perbedaan mendasar 3 jenis Whatsapp yang ada saat ini:

  • Whatsapp Messenger

Ini merupakan versi Whatsapp yang kita miliki di smart phone saat ini. Whatsapp versi biasa ini ditujukan untuk penggunaan personal.

  • Whatsapp for Business

Versi ini mirip dengan Whatsapp Messenger dan dapat diunduh dengan bebas, namun terdapat sedikit perbedaan. Terdapat business profile yang berisi nama, jenis bisnis, dan detail lainnya yang memudahkan untuk mengenali bisnis. Versi ini biasanya digunakan untuk bisnis kecil.

  • Whatsapp Business API

Versi ini tidak bisa didapat dengan sekedar mengunduh dan memasangnya di handphone. Whatsapp API digunakan oleh bisnis untuk berhubungan dengan klien dan integrasi dengan sistem lain.

Kelebihan Whatsapp API

API Whatsapp memiliki berbagai kelebihan yang memberi keuntungan bagi bisnis, namun tetap membuat pelanggan nyaman. Kampanye blast marketing seperti pada email sering kali mengganggu untuk beberapa orang. Hal tersebut tidak akan terjadi pada Whatsapp Business API.

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan Whatsapp Business API

Whatsapp hanya memperbolehkan bisnis yang menggunakan API untuk mengirim pesan yang relevan dan bernilai bagi pelanggan. Bisnis tidak diperkenankan untuk mengirim pesan yang sifatnya promosi. Jenis pesan yang dapat dikirim kepada pelanggan yaitu:

  • Pengiriman faktur
  • Pengingat
  • Notifikasi
  • OTP
  • Konfirmasi

Pesan tersebut dapat dikirim dalam bentuk template sehingga pengguna tidak perlu mengetiknya secara berulang kepada masing-masing pelanggan. Whatsapp berfokus pada mendorong bisnis untuk memperoleh interaksi dengan pelanggan secara real time, tanpa repot, dan bersifat personal.

Baca juga: Membangun Whatsapp untuk Customer Service

Selain itu, Whatsapp API memungkinkan bisnis untuk menggunakan hanya satu nomor Whatsapp untuk banyak admin di berbagai lokasi serta memiliki tanda centang hijau resmi dari Whatsapp untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.whatsapp api Indonesia

Bagaimana memperoleh Whatsapp API Indonesia?

Whatsapp API tidak bisa diperoleh hanya dengan sekedar mengunduh Whatsapp Messenger dan mendaftarkan nomor telepon. Saat ini, API Whatsapp hanya bisa diperoleh melalui kerja sama dengan official business partner Whatsapp yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Qontak.

Official partner akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat untuk API dan selanjutkan akan memproses untuk mendaftarkan bisnis Anda ke Whatsapp secara langsung.

Cara Kerja Whatsapp API

API akan menjalankan aplikasi Whatsapp pada server perusahaan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengirim dan menerima pesan secara terprogram, serta terintegrasi dengan software yang sudah ada sebelumnya, seperti aplikasi CRM (customer relationship management), customer care, dan lain sebagainya.

whatsapp api indonesia

Gunakan Qontak untuk memperoleh Whatsapp API Indonesia

Qontak telah membantu banyak perusahaan di Indonesia untuk memiliki Whatsapp API. Sebagai salah satu official partner Whatsapp Business API, Qontak memudahkan bisnis untuk memperoleh berbagai fitur dan kelebihan yang ada pada API Whatsapp.

Qontak membantu bisnis dalam:

  • Menyediakan customer service selama 24/7 melalui integrasi dengan Whatsapp Chatbot

  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam Whatsapp CRM
  • Mengintegrasi Whatsapp dengan CRM untuk mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service

whatsapp api indonesia

  • Memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan Whatsapp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Integrasi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp

Keuntungan lainnya tentu bisnis tidak perlu repot untuk mengurus bagaimana teknis API sehingga dapat berfokus dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan bisnis.

Pelajari lebih lanjut tentang Whatsapp API Indonesia bersama Qontak.

× Contact Us!