Qontak WhatsApp

WhatsApp API Indonesia: Manfaat & Cara Membuatnya

WhatApp-Api-Indonesia-Manfaatnya

Semua Hal yang perlu Diketahui Mengenai WhatsApp API Indonesia

WhatsApp API Indonesia adalah fitur terbaru WhatsApp yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis. Peluncuran fitur ini seiring dengan melonjaknya pengguna WhatsApp untuk berbagai kepentingan termasuk bisnis. Di Indonesia pengguna WhatsApp mencapai 143 juta jiwa setara dengan 83% dari seluruh pengguna Internet. Melihat hal tersebut, wajar banyak bisnis memanfaatkan WhatsApp API untuk berinteraksi dengan pelanggan untuk membangun customer experience lebih baik dan mendapatkan prospek potensial.

5 Cara Mudah Membuat WhatsApp API Indonesia, berikut tahapannya:

  1. Daftar WhatsApp API Business PartnerTerbaik di Indonesia
  2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
  3. Mengaktifkan nomor dan Melengkapi Profil WhatsApp
  4. Login dan membuat pengaturan WhatsApp
  5. Kirim pesan untuk uji coba

Apa itu WhatsApp API Indonesia?

WhatsApp API Indonesia merupakan pengembangan terbaru dari WhatsApp untuk pelaku bisnis berinteraksi dengan pelanggan. API (Application Programing Interface) adalah sebuah sistem antarmuka yang menghubungkan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi bisnis lainnya, baik dari platform sama atau lintas platform.

Penerapan WhatsApp Business API Indonesia pada bisnis biasanya terintegrasi dengan aplikasi CRM atau lebih dikenal WhatsApp CRM. Selain itu WhatsApp Business API memiliki asisten virtual dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) yang membantu melayani pelanggan secara otomatis yang disebut Chatbot.


Apa Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp API Indonesia?

WhatsApp API merupakan versi upgrade dari WhatsApp Business yang dapat diunduh secara gratis. Berbeda dari API WhatsApp, WhatsApp Business biasa diperuntukkan bisnis kecil dengan dukungan fitur terbatas, misalnya penggunaan hanya untuk 2 device atau 2 Admin.

Sementara WhatsApp API tidak membatasi penggunaannya untuk banyak admin atau multi device. Hal ini akan menguntungkan bisnis karena dapat lebih cepat merespon pelanggan. Selain itu WhatsApp versi ini juga memiliki asisten virtual Chatbot yang dapat melakukan banyak hal secara otomatis.

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau


Apa saja Fitur yang Dimiliki WhatsApp API Indonesia?

WhatsApp API Indonesia didukung fitur-fitur canggih untuk membantu bisnis menjalin interaksi dengan pelanggan lebih baik. Fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

– Chatbot

Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence). Fitur ini bekerja layaknya asisten virtual dari customer service, dimana akan merespon setiap permintaan pelanggan yang masuk secara cepat dengan jumlah yang banyak sekaligus.

– Auto-reply

WhatsApp Business API Indonesia memiliki fitur auto reply yang mampu memberikan respon otomatis pesan pelanggan. Isi pesan tersebut biasanya telah diatur lebih dahulu bisa berupa FAQ ataupun lainnya yang umum diajukan oleh pelanggan.

– WhatsApp Terverifikasi (Centang Hijau)

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp bot API dapat meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan dan customer trust terhadap bisnis Anda.

Whatsapp-API-Indonesia-centang-hijau

– WhatsApp Automan

Fitur automation mampu menyimpan dan mengunduh semua interaksi yang terjadi pada API Bot WhatsApp. Interaksi tersebut disimpan dalam satu sistem database yang dapat diakses kapanpun oleh tim support untuk melayani pelanggan.

– Digunakan oleh banyak Admin

Fitur ini memungkinkan satu akun WA API dapat digunakan banyak admin atau agen dari berbagai perangkat dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, bisnis dapat merespon pelanggan lebih cepat seiring banyaknya agen yang melayani.

WhatsApp Rotator

Rotator secara otomatis meneruskan pesan leads secara adil sesuai dengan kemampuan customer service. Tujuannya membantu tim CS dapat menyelesaikan permintaan pelanggan lebih cepat dan tepat.

– Mengirimkan Pesan Broadcast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk yang dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Whatsapp-API-Indonesia-contoh

– Integrasi dengan CRM

Integrasi dengan CRM membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengelola.

Report Dashboard

WhatsApp bot dilengkapi laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dalam laporan tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.


Apa Manfaat WhatsApp Business API Indonesia untuk Bisnis?

WhatsApp API Indonesia memiliki berbagai kelebihan yang memberi keuntungan bagi bisnis, namun tetap membuat pelanggan nyaman. Kampanye blast marketing seperti pada email sering kali mengganggu untuk beberapa orang. Hal tersebut tidak akan terjadi pada WhatsApp Business API.

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API

Manfaat menggunakan WhatsApp Business Indonesia adalah sebagai berikut ini:

1. Menjalin Hubungan Baik dengan pelanggan

“Business Profile” yang tertera pada akun WA mampu membangun citra brand pada tiap interaksi dengan pelanggan. Ditambah tanda centang hijau yang menunjukan kredibilitas bisnis Anda.

2. Komunikasi Dua Arah

Penggunaan WhatsApp memungkinkan pelanggan berinteraksi dua arah, dimana setiap pesan yang diajukan pelanggan akan direspon baik oleh Chatbot ataupun tim support. Komunikasi yang terjalin bersifat real-time layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko.

cara-menggunakan-Whatsapp-API-Indonesia

3. Platform yang Aman dan Nyaman digunakan

WhatsApp dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Hal ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan. Selain itu WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang biasa mereka gunakan.

4. Komunikasi Interaktif

WhatsApp menyediakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Misalnya pemesanan tiket dapat memberikan boarding pass kepada WhatsApp pelanggan, hingga update real-time mengenai perubahan penerbangan, hanya dalam satu platform.

5. Kemudahan Integrasi

WhatsApp API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem bisnis yang sudah ada, seperti CRM dan customer service. Integrasi WhatsApp dengan CRM seperti Qontak.com memungkinkan bisnis mengelola pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan secara otomatis dan langsung tersimpan pada WhatsApp CRM.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: Membangun WhatsApp untuk Customer Service


whatsapp-api-cs-qontak-1


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp API Indonesia?

Cara mudah membuat WhatsApp API Indonesia, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

Step 1. Daftar WhatsApp API Business Partner Terbaik di Indonesia

WhatsApp API hanya bisa diperoleh melalui Official Business Partner WhatsApp di negara yang asal. Pastikan untuk memilih partner yang tepat dan terpercaya seperti Qontak.com yang dapat melayani Anda secara optimal.

qontak.com-Whatsapp-API-Indonesia

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Pastikan Anda memiliki dokumen bisnis yang legal dan lengkap. Data yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan WhatsApp Business API antara lain:

  • Nama bisnis,
  • URL website bisnis,
  • Email resmi bisnis,
  • Izin SIUP/NIB/NPWP bisnis

FBM-for-Whatsapp-API-Indonesia

Proses ini cukup rumit dan memakan waktu lama. Qontak.com akan membantu Anda menyelesaikan verifikasi akun Facebook Business Manager Anda lebih mudah.

Step 3. Mengaktifkan nomor dan Melengkapi Profil WhatsApp

Nomor ini akan Anda gunakan sebagai nomor WhatsApp bisnis. Setelah mendapatkan API, Anda tidak dapat mengganti nomor WhatsApp bisnis Anda di kemudian hari.

Profile-for-Whatsapp-API-Indonesia

Selanjutnya isi profil bisnis Anda sesuai yang diinginkan. Lengkapi semua informasi bisnis Anda yang ingin ditampilkan agar prospek dan pelanggan Anda lebih mengenal bisnis Anda dengan lebih baik.

Step 4. Login dan membuat pengaturan WhatsApp

Setting-Whatsapp-API-Indonesia

Pada tahap ini, Anda bisa login akun WhatsApp Anda pada panel Qontak.com menggunakan credential yang diberikan kepada Anda. Kemudian, Anda harus membuat beberapa pengaturan yang meliputi: penerima chat, jam kerja, balasan otomatis, template pesan, pengambilan dan pengiriman pesan. Pada panel chat yang juga dapat diakses melalui handphone ini, Anda dapat mengetahui informasi konsumen melalui profil mereka.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 5. Kirim pesan ke WhatsApp API Indonesia

Testing-Whatsapp-API-Indonesia

Setelah semua informasi telah dilengkapi dan pengaturan untuk WhatsApp API chatbot telah diatur, maka Anda bisa mengirimkan pesan percobaan ke nomor bisnis Anda untuk menguji apakah akun WhatsApp Anda telah siap atau tidak.


Dapatkan WhatsApp API Indonesia Sekarang!

WA API dapat membantu komunikasi antara tim customer service dan pelanggan menjadi lebih efisien dan efektif. WhatsApp API hanya bisa didapatkan melalui official partner WhatsApp Indonesia seperti Qontak.com.

Qontak.com memiliki fitur-fitur terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis bahkan untuk perusahaan dalam skala besar sekalipun. Tak heran jika ada begitu banyak pelaku bisnis yang ingin memperoleh WhatsApp API chatbot untuk digunakan dalam bisnis atau perusahaannya.

 

Mulai GRATIS WhatsApp API Indonesia sekarang dan perbaiki hubungan pelanggan untuk peningkatan bisnis Anda. Hubungi Kami apabila Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu!


Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API melalui video berikut ini:

You may also like

By