Qontak WhatsApp

WhatsApp API Chat, Bagaimana Cara Membuatnya?

Sudah Kenal WhatsApp API Chat?

WhatsApp API chat atau WhatsApp API chatbot diciptakan khusus untuk bisnis dengan skala menengah dan besar yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh WhatsApp. WhatsApp Business telah menjelma sebagai salah satu marketing tool yang dapat diandalkan terutama dalam masa pandemi (new normal) seperti saat ini.

WhatsApp API chat dapat diartikan sebagai sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjembatani obrolan bisnis antara pelaku usaha dengan pelanggannya agar interaksi keduanya dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. API (Application Programming Interface) sendiri berisi serangkaian kode yang terkoneksi dengan aplikasi perusahaan seperti CRM Omnichannel. Integrasi keduanya dapat meningkatkan layanan pelanggan pada sebuah bisnis atau perusahaan.

Baca Juga: 6 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang WA API dan Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang WhatsApp API Indonesia


Fitur-fitur WhatsApp API Chat dan Cara Kerjanya

Salah satu perbedaan mendasar antara WhatsApp API chat biasa dan WhatsApp API chatbot terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. Dengan WhatsApp API chat biasa, Anda tidak mendapatkan fitur-fitur lengkap seperti pada WhatsApp API chatbot.

Fitur-fitur dari WhatsApp API chatbot adalah sebagai berikut:

  • Jumlah admin dan perangkat yang menggunakannya tidak terbatas dengan hanya satu nomor.
  • Tidak ada batasan lokasi untuk admin yang menggunakannya.
  • Centang hijau (green tick) sebagai penanda bahwa bisnis tersebut telah lolos verifikasi sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan customer trust terhadap bisnis Anda.
  • WhatsApp automation yang dapat menyimpan dan mengunduh semua kontak WhatsApp, percakapan, dan database pelanggan lainnya secara otomatis.
  • Terdapat akses laporan terkait dengan sales, customer service, dan tim bisnis Anda.
  • Integrasi dengan layanan customer service seperti sistem WhatsApp CRM.
  • Auto reply yang dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis.
  • WhatsApp rotator yang dapat meneruskan dan membagi leads kepada tim customer service secara adil.
  • WhatsApp blast atau WhatsApp bulk yang dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Jangan lupa untuk mempelajari cara melakukan WhatsApp blast.
  • WhatsApp chatbot yang memungkinkan pengguna membalas pesan masuk menggunakan bahasa yang natural. WhatsApp API chatbot sangat berguna untuk meningkatkan bisnis.

WhatsApp API Chat


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp API Chat?

Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat WhatsApp API chat biasa dengan mudah, yaitu dengan menciptakan API WhatsApp link. Link ini dapat Anda cantumkan pada situs web, blog, media sosial, atau toko online Anda sehingga prospek Anda dapat langsung terhubung dengan akun WhatsApp Anda.

Berikut ini ialah cara mendapatkan WhatsApp API chat biasa:

  • Copy dan paste link https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789 atau https://wa.me/628123456789, kemudian ganti angka yang berwarna merah dengan nomor WhatsApp Anda.
  • Jika Anda ingin memendekkan link tersebut, buka situs Bitly, kemudian copy dan paste link WhatsApp Anda pada kolom yang disediakan, lalu klik shorten.
  • Terakhir, tambahkan gambar pada lokasi yang ingin diberi WhatsApp link agar penampilannya lebih menarik. Gambar tersebut kemudian dihubungkan dengan link yang telah Anda buat.

Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp API chat dengan fitur yang lebih canggih? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pilih WhatsApp Business Partner terbaik di Indonesia.
  2. Siapkan dokumen dan data bisnis untuk proses verifikasi.
  3. Proses pengaktifan nomor WhatsApp.
  4. Lengkapi profil bisnis.
  5. Login dan membuat pengaturan WhatsApp.
  6. Kirim pesan percobaan.

Step 1. Pilih WhatsApp API Business Partner Terbaik di Indonesia.

WhatsApp API hanya bisa diperoleh melalui Official Business Partner WhatsApp di negara yang bersangkutan. Pastikan untuk memilih partner yang tepat dan terpercaya seperti Qontak.com yang dapat melayani Anda secara optimal.

WhatsApp API chat

Step 2. Siapkan dokumen dan data bisnis Anda untuk proses verifikasi.

Pastikan Anda memiliki dokumen bisnis yang legal dan lengkap. Data yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan WhatsApp Business API antara lain: nama bisnis, URL website bisnis, email resmi bisnis, SIUP/NIB/NPWP bisnis, industri, daerah operasional, serta akun Facebook Business Manager.

Whatsapp API Chat

Step 3. Proses pengaktifkan nomor WhatsApp.

Nomor ini akan Anda gunakan sebagai nomor WhatsApp bisnis. Setelah mendapatkan API, Anda tidak dapat mengganti nomor WhatsApp bisnis Anda di kemudian hari. Jadi, pastikanlah untuk memilih satu nomor yang benar-benar Anda inginkan untuk didaftarkan menjadi nomor bisnis Anda.

Step 4. Lengkapi profil bisnis Anda.

Anda dapat mengisi profil bisnis Anda sesuai yang Anda inginkan. Lengkapi semua informasi bisnis Anda yang ingin ditampilkan agar prospek dan pelanggan Anda lebih mengenal bisnis Anda dengan lebih baik.

Step 5. Login dan membuat pengaturan WhatsApp.

Pada tahap ini, Anda bisa login akun WhatsApp Anda pada panel WhatsApp API chat menggunakan credential yang diberikan kepada Anda. Kemudian, Anda harus membuat beberapa pengaturan yang meliputi: penerima chat, jam kerja, balasan otomatis, template pesan, pengambilan dan pengiriman pesan. Pada panel chat yang juga dapat diakses melalui handphone ini, Anda dapat mengetahui informasi konsumen melalui profil mereka.

WhatsApp API Chat

Step 6. Kirim pesan percobaan.

Setelah semua informasi telah dilengkapi dan pengaturan untuk WhatsApp API chatbot telah diatur, maka Anda bisa mengirimkan pesan percobaan ke nomor bisnis Anda untuk menguji apakah akun WhatsApp Anda telah siap atau tidak.

WhatsApp API Chat

Baca selangkapnya: Cara Menggunakan WhatsApp API, Ini 6 Langkahnya!


Dapatkan WhatsApp API Chat Anda Sekarang!

Salah satu alasan menggunakan WhatsApp API chatbot adalah karena sistem API yang dimilikinya dapat membantu komunikasi antara tim customer service dan pelanggan menjadi lebih efisien dan efektif. Hal tersebut dapat tercapai karena WhatsApp API chatbot memiliki fitur-fitur terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis bahkan untuk perusahaan dalam skala besar sekalipun. Tak heran jika ada begitu banyak pelaku bisnis yang ingin memperoleh WhatsApp API chatbot untuk digunakan dalam bisnis atau perusahaannya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki WhatsApp API chat tapi masih bingung bagaimana memulainya, Anda dapat berkonsultasi dulu dengan tim Qontak.com. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Qontak.com juga menyediakan FREE TRIAL aplikasi dan layanan yang ditawarkannya. Cobalah sekarang juga!


Frequently Asked Question tentang WhatsApp API Chat

Mengapa saya membutuhkan WhatsApp API chat?
    • Untuk mendapatkan fitur obrolan yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan WhatsApp API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem chat yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan WhatsApp API chat?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp API chat pada video berikut ini:

You may also like

By