5 Web Chat Application Terbaik untuk Website Anda

5 Web Chat Application Terbaik untuk Website Anda

Pentingnya Web Chat Application untuk Website Anda

Web chat application adalah media komunikasi cerdas untuk sebuah bisnis di era digital seperti sekarang. Pasalnya sebanyak 4 miliar lebih penduduk dunia menggunakan smartphone dan 68% diantaranya memilih chat tools gratis untuk berkomunikasi termasuk transaksi jual beli. Alasan tepat bagi Anda yang ingin menjangkau mereka untuk melengkapi website bisnis dengan web chat application. Dengan demikian pelanggan dapat dengan mudah dan nyaman menghubungi sebuah bisnis secara langsung.

Berdasarkan penelitian Freshworks mengungkapkan menggunakan web chat application  pada website bisnis meningkatkan jumlah leads sebanyak 150%, konversi situs web 3 kali lebih tinggi, permintaan demo dan pertemuan meningkat sebesar 75%. Dari sisi pelayanan pelanggan, web chat application meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 73% . Angka ini jauh lebih baik dibandingkan email (61%) dan telepon (44%). Padahal biaya rata-rata yang dibutuhkan 60% lebih rendah daripada panggilan telepon setiap interaksi.

Chat app website dapat diintegrasi dengan chat tools gratis lainnya seperti WhatsApp, Apple Business chat, Facebook messaging. Tujuannya supaya pelanggan bisa menghubungi bisnis Anda dari manapun mereka berada. Sebuah penelitian mengungkapkan integrasi web chat application dengan chat channel atau Omnichannel CRM meningkatkan kepuasan pelanggan sekitar 60% dibandingkan bisnis yang tidak menerapkan sistem tersebut.

Alasan bisnis Anda memerlukan chat application: Pentingnya Live Chat untuk Bisnis


Apa itu Web Chat Application?

Web chat application adalah media yang memungkinkan tim support mengobrol langsung dengan pengunjung website bisnis Anda secara real time. Chat tools ini menawarkan pengalaman pelanggan yang personalisasi, interaksi dengan brand yang lebih baik, keunggulan kompetitif dan memahami pelanggan lebih dalam. Hal ini sejalan dengan keinginan pelanggan dalam riset Salesforce menyatakan sebanyak 69% pelanggan ingin berbicara dengan perusahaan secara real time, dan 60% mengharapkan dapat terhubung dengan perusahaan. Agar dapat kerja secara maksimal, aplikasi web chat diterapkan untuk tim pemasaran, penjualan, dan customer service.

Selain itu, chat app website dapat dimanfaatkan secara proaktif untuk mengajak komunikasi dengan pengunjung website terlebih dahulu. Salah satu cara yang dapat digunakan dengan menampilkan sapaan otomatis dari live chat widget pada halaman website. Ini merupakan cara modern, berkelanjutan dan kontekstual untuk mendorong lebih banyak penjualan, closing deal, dan mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang.

Mengenal mengenai Aplikasi Web Chat: Aplikasi Web Chat Terbaik untuk Bisnis


Manfaat Menggunakan Web Chat Application untuk Website Bisnis Anda

Web chat application sangat berharga bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan leads, mengurangi rasio pengunjung yang meninggalkan website, dan menurunkan jumlah keranjang yang diabaikan. Bagi pelanggan, web chat application adalah cara tercepat dan nyaman untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka di situs web. Sementara support team membutuhkan chat tools gratis untuk menyelesaikan masalah pelanggan lebih cepat dan mendukung kinerja mereka lebih baik.

Web chat application menawarkan layanan pelanggan yang lebih efisien, lebih cerdas dan lebih responsif. Berikut keuntungan menggunakan aplikasi chat untuk website Anda:

  • Web Chat Application Disukai Pelanggan

Web chat application cukup disenangi pelanggan karena nyaman dan mampu stressless dibandingkan berbicara di telepon. Selain itu chat app website   memungkinkan untuk berbagi dokumen, pesan suara, screen share atau mengirim screenshots. Ditambah respon yang diberikan kurang dari 3 menit. Ini membuat chat tools ini efektif digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan. Studi dari Salesforce menemukan sebanyak 41% pelanggan lebih memilih web chat application dibanding lainnya.

  • Memberikan pengalaman pelanggan yang seragam

Web chat application menawarkan pengalaman yang kohesif kepada pelanggan terlepas dari tahap pembelian mana mereka berada. Pelanggan akan sama-sama merasakan percakapan langsung bersifat ramah. Tidak seperti percakapan telepon atau email, live chat  mempertahankan riwayat percakapan yang dapat diakses oleh agen dan pelanggan segera setelah selesai mengobrol.

  • Meningkatkan FCR (First Contact Resolution)

FCR adalah banyaknya pelanggan yang merasa masalahnya teratasi, permintaan terpenuhi atau pertanyaan terjawab dalam satu kali call saja. Chat app web banyak menyelesaikan permasalahan sederhana secara otomatis dalam waktu bersamaan. Salah  satu merek pembersih Vax telah membuktikan setelah menggunakan live chat pertama kali pada website, terjadi peningkatan FCR dari 78% menjadi 87%, sekaligus mengurangi kontak telepon dari 81% menjadi 76,5%. Tak kalang penting, 91% pelanggan mereka merasa chat tools berguna dan akan kembali lagi.

  • Membangun Kepercayaan Pelanggan

Melalui penggunaan chat app web, bisnis Anda dapat melakukan interaksi langsung dengan pembeli sehingga dapat membangun kepercayaan mereka. Chat tools gratis juga memberi kesempatan pelanggan untuk menghubungi Anda kapan saja dan dimana saja. Dengan begitu, pelanggan dapat merasakan keberadaan Anda saat dibutuhkan.

  • Mendorong Peningkatan Penjualan

Web chat application merupakan salah satu cara untuk menghindari manajemen customer service yang buruk dan meningkatkan customer relation melalui pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Wajar penjualan bisnis Anda ikut meningkat seiring respon positif pelanggan yang merasa senang setelah menggunakan aplikasi web chat. Hal ini didukung sebuah studi yang mengatakan terjadi peningkatan signifikan penjualan hingga lebih dari 65% pada bisnis di Amerika Serikat dan Inggris yang terintegrasi dengan chat tools.


Pilihan 5 Web Chat Application Terbaik untuk Website Anda

  1. Qontak.comweb chat application Qontak.com

Qontak.com adalah Chat app web yang memungkinkan tim support Anda memberikan pelayanan secara real time selama 24/7 hari. Keunggulan Qontak.com adalah memudahkan Anda untuk mengukur produktivitas dengan matriks KPI, menyelesaikan percakapan, meningkatkan produktivitas, mempercepat closing deal dan banyak lagi.  Berikut fitur-fitur canggih yang dimiliki Qontak.com dengan harga terjangkau atau mencobanya secara gratis selama 14 hari:

  • Sistem komunikasi omnichannel yang memungkinkan melakukan percakapan, call center, atau media sosial dengan memanfaatkan saluran WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email dan lainya dalam platform terpadu.
  • Sistem perutean Agen yang dapat disesuaikan untuk menetapkan pesan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda. Manfaatkan rumus round robin, first-come-serve, dan perutean khusus untuk mengotomatiskan bisnis Anda dengan mudah.
  • Dashboard pelaporan canggih untuk mengukur produktivitas dengan metrik KPI, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi. Anda juga bisa membandingkan produktivitas setiap agen dan melihat kinerja organisasi secara keseluruhan.
  • Integrasi ChatBot yang memudahkan membuat obrolan FAQ, mengotomatiskan tanggapan dan memfasilitasi perdagangan.
  1. LiveChat

web chat application LiveChat

LiveChat adalah chat app web yang membawa layanan pelanggan ke level berikutnya. Chat app website ini salah satu software antarmuka yang mudah digunakan. Sayangnya LiveChat memiliki fitur yang sangat terbatas. Salah satunya adalah tidak didukung dengan percakapan secara real-time seperti video chat dan co-browsing. Web chat application ini ditawarkan mulai dari harga Rp 263.868 per bulan untuk pemula, Rp 541.624 per bulan untuk paket tim, Rp 694.390 per bulan untuk paket bisnis.

  • Fitur kustomisasi yang menawarkan kemampuan pelaporan dan analitik yang kuat.
  • Otomatisasi yang mampu mengirimkan laporan dan ringkasan chat otomatis melalui email.
  • Dedicated app marketplace yang terbuka untuk integrasi dengan channel lain, bahkan membuat integrasi khusus sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  1. FreshChat

web chat application FreshChat

Freshchat adalah web chat application  yang membantu untuk memahami pelanggan dengan bantuan events timeline, social profil, dan mengunggah progres secara otomatis dan diambil dari sistem CRM bisnis Anda. Chat tools ini terintegrasi dengan website, mobile apps, media sosial dan Bot sehingga memungkinkan memberi respon cepat. Tetapi Freshchat tidak didukung pesan suara, video dan customer support tepat waktu. Bahkan untuk tambahan fitur premiumya seperti integrasi clearbit, co-browsing dan akses API Business dikenaikan biaya cukup mahal. Paket paling murah Freshchat ditawarkan mulai dari Rp 208.317 per bulan dan termahalnya dihargai sekitar Rp 958.258 per bulan.

  1. REVE Chat

web chat application REVE Chat

REVE Chat adalah chat tools yang terintegrasi dengan sistem omnichannel untuk meningkatkan customer experience. Web chat application ini memungkinkan bisnis Anda untuk memberikan pelayanan pelanggan selama 24×7 hari tanpa menghilangkan sentuhan manusia. REVE Chat didukung fitur lengkap seperti co-browsing, Chatbots, Omnichannel massaging, Advanced customization, voice dan video chat. Sayangnya web chat application ini tidak mendukung untuk WhatsApp dan memerlukan pemicu yang kuat untuk mengirim pesan keluar. Harga yang ditawarkan untuk menggunakan REVE Chat mulai dari Rp 187.485per agen dan tambahan biaya untuk chatbots Rp 694.390 per bulan.

  1. Zendesk Chat

Zendesk chat adalah solusi live chat berbasis cloud yang memberikan pelayanan pelanggan secara real time melalui website, aplikasi saluran dan chat app. Tools ini didukung fitur proaktif yang memungkinkan tim support menargetkan pengunjung online dan mengirimkan undangan obrolan otomatis berdasarkan lokasi geografis, riwayat pembelian atau laman rujukan. Zendesk chat dapat menampilkan beberapa situs web secara bersamaan di beberapa jendela obrolan dengan pengaturan berbeda. Tidak mendungkung obrolan video, pesan suara dan desain widget chat & interface usang. Fitur chat tools yang ditawarkan sangat terbatas dan pelaporan lanjutan terbatas. Agar bisa menggunakan Zendesk chat dikenai tarif sekitar Rp 194.429 per tim, Rp 402.746 untuk profesional dan Rp 819.380 untuk perusahaan.


Dapatkan Web Chat Application Terbaik

Semua pebisnis tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sama halnya dengan pelanggan yang menginginkan pelayanan langsung yang cepat dari sebuah bisnis. Agar berjalan beriringan, sudah waktunya bagi pebisnis untuk menggunakan media komunikasi yang pelanggan inginkan dan memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan seperti web chat application.

Salah satu web chat application terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Fitur canggih  Qontak.com dilengkapi dengan otomatisasi, dan teknologi AI yang terintegrasi omnichannel CRM. Dengan begitu dapat mengoptimalkan customer service.

Coba GRATIS Aplikasi Web Chat terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!

You may also like