Daftar isi
10 min read

13 Rekomendasi Web Chat Application Terbaik untuk Perusahaan

Tayang 17 Juni 2023
Diperbarui 26 Desember 2023
Web Chat Application Terbaik untuk Website Perusahaan
13 Rekomendasi Web Chat Application Terbaik untuk Perusahaan

Web chat application adalah media yang memungkinkan tim support mengobrol langsung dengan pengunjung website bisnis Anda secara real time. Chat tools ini menawarkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, interaksi dengan brand yang lebih baik, dan memahami pelanggan lebih dalam.

Selain itu, chat app website dapat dimanfaatkan secara proaktif untuk mengajak komunikasi pengunjung website. Salah satu cara yang dapat digunakan dengan menampilkan sapaan otomatis pada website. Ini merupakan cara modern yang mendorong lebih banyak penjualan, closing deal, dan mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang.

Selain itu, Web chat application dapat diintegrasi dengan chat tools gratis lainnya seperti WhatsApp, Apple Business chat, Facebook messaging. Tujuannya supaya pelanggan bisa menghubungi bisnis Anda dari manapun mereka berada.

Lalu chat web application apa saja yang bisa Anda gunakan dan apa manfaatnya untuk bisnis Anda? Pelajari selengkapnya pada artikel berikut ini.


13 Pilihan Web Chat Application Terbaik untuk Website Anda

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak membantu Anda untuk memiliki link WA gratis untuk ditautkan ke web chat menggunakan fitur WhatsApp link generator.  Hal ini memungkinkan web chat Anda memberikan pelayanan secara real time selama 24/7 hari

Keunggulan lain dari Mekari Qontak adalah memudahkan Anda untuk mengukur produktivitas dengan matriks KPI, menyelesaikan percakapan, meningkatkan produktivitas, mempercepat closing deal dan banyak lagi.

Harga berlangganan Mekari Qontak bisa cek disini
Berikut fitur-fitur canggih Mekari Qontak adalah:

  • Sistem komunikasi omnichannel yang memungkinkan melakukan percakapan, call center, atau media sosial dengan memanfaatkan saluran WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email dan lainya dalam platform terpadu.
  • Sistem perutean Agen yang dapat disesuaikan untuk menetapkan pesan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda. Manfaatkan rumus round robin, first-come-serve, dan perutean khusus untuk mengotomatiskan bisnis Anda dengan mudah.
  • Dashboard pelaporan canggih untuk mengukur produktivitas dengan metrik KPI, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi. Anda juga bisa membandingkan produktivitas setiap agen dan melihat kinerja organisasi secara keseluruhan.
  • Integrasi ChatBot yang memudahkan membuat obrolan FAQ, mengotomatiskan tanggapan dan memfasilitasi perdagangan.

2. LiveChat

Live Chat-Web Chat Application

LiveChat adalah chat app web yang membawa layanan pelanggan ke level berikutnya. Chat app website ini salah satu software antarmuka yang mudah digunakan. Sayangnya LiveChat memiliki fitur yang sangat terbatas. Salah satunya adalah tidak didukung dengan percakapan secara real-time seperti video chat dan co-browsing.

Web chat application ini ditawarkan mulai dari $16 per bulan.

Fitur yang dimiliki oleh LiveChat di antaranya:

  • Fitur kustomisasi yang menawarkan kemampuan pelaporan dan analitik yang kuat.
  • Otomatisasi yang mampu mengirimkan laporan dan ringkasan chat otomatis melalui email.
  • Dedicated app marketplace yang terbuka untuk integrasi dengan channel lain, bahkan membuat integrasi khusus sesuai dengan kebutuhan bisnis.

3. FreshChat

FreshChat-Web Chat Application

Freshchat adalah web chat application  yang membantu untuk memahami pelanggan dengan bantuan events timeline, social profil, dan mengunggah progres secara otomatis dan diambil dari sistem CRM bisnis Anda.

Chat tools ini terintegrasi dengan website, mobile apps, media sosial dan Bot sehingga memungkinkan memberi respon cepat. Tetapi Freshchat tidak didukung pesan suara, video dan customer support tepat waktu. Bahkan untuk tambahan fitur premiumya seperti integrasi clearbit, co-browsing dan akses API Business dikenaikan biaya cukup mahal.

Harga untuk berlangganan Freshchat mulai dari $ 15 per bulan.

Fitur yang Freshchat tawarkan adalah:

  • Support penuh selama 24/7.
  • Terhubung secara personal dengan pelanggan menggunakan template pesan yang dikostumisasi secara personal.
  • Integrasi dengan CRM dan saluran bisnis penting lainnya.
  • Terintegrasi dengan saluran messenger lainnya.
  • Laporan dan analisis bisnis.

4. REVE Chat

reve-chat-web chat application

REVE Chat adalah chat tools yang terintegrasi dengan sistem omnichannel untuk meningkatkan customer experience. Web chat application ini memungkinkan Anda untuk memberikan pelayanan pelanggan selama 24×7 hari. REVE Chat didukung fitur lengkap seperti co-browsing, Chatbots, Omnichannel massaging, Advanced customization, voice dan video chat. Sayangnya web chat application ini tidak mendukung untuk WhatsApp dan memerlukan pemicu yang kuat untuk mengirim pesan keluar.

Harga yang ditawarkan untuk menggunakan REVE Chat mulai dari $ 13.5 per agen/bulan.

Fitur unggulan REVE Chat di antaranya adalah

  • Co-browsing yang memudahkan pelanggan dan bisnis berinteraksi secara real time.
  • Video chat yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Chatbots yang merespon secara otomatis selama 24 jam

5. Zendesk Chat

Zendesk

Zendesk chat adalah solusi live chat berbasis cloud yang memberikan pelayanan pelanggan secara real time melalui website, aplikasi saluran dan chat app. Tools ini didukung fitur proaktif yang memungkinkan tim support menargetkan pengunjung online dan mengirimkan undangan obrolan otomatis berdasarkan lokasi geografis, riwayat pembelian atau laman rujukan.

Zendesk chat dapat menampilkan beberapa situs web secara bersamaan di beberapa jendela obrolan dengan pengaturan berbeda. Tidak mendungkung obrolan video, pesan suara dan desain widget chat & interface usang. Fitur chat tools yang ditawarkan sangat terbatas dan pelaporan lanjutan terbatas.

Harga Zendesk chat mulai dari $ 49 per agent per bulan.

Fitur yang dimiliki oleh Zendesk chat diantaranya:

  • Routing and intelligence akan meneruskan tiket ke agen yang tepat berdasarkan keahlian mereka sehingga dapat diselesaikan lebih efisien.
  • Help center yang tersedia selama 24 jam
  • Messaging yang memungkinkan pelanggan dapat menghubungi bisnis lebih praktis.
  • collaboration tools yang dapat menghemat waktu agen dengan alat kolaborasi yang terhubung secara efisien

6. Bold360

Aplikasi Web Chat Bold360

Bold360 adalah chat tools yang sebelumnya kita kenal dengan nama BoldChat, dirancang agar pengguna bisa menjalankan setting live chat yang sesuai dengan kebutuhan untuk bisnis.

Integrasi ticketing Bold360 memungkinkan Anda untuk mengatur tugas internal, follow up konsumen, proyek operasi serta layanan tagihan. Chat tools ini dilengkapi fitur emailintegrated SMS dan manajemen Twitter.

Harga Bold360: sekitar Rp 699.288 per agen bulan atau Rp 8.391.457 per agen per tahun.

7. Comm100

Aplikasi Web Chat
Comm100 dirancang cukup sederhana, dimana bisa di-custom sesuai dengan gaya dan branding yang Anda inginkan. Software web chat ini memiliki keunggulan dapat memonitor pelanggan secara real time, mengundang visitor untuk chatting, penggunaan survei dan menggunakan pengaturan kualitas chat.

Comm100 terintegrasi plugin untuk manajemen konten dan sistem e-commerce seperti WordPress Store, Shopify, Joomla!, dan Virtuemart.

Harga Comm100: sekitar Rp 406.264 per bulan atau Rp 4.8875.168 per tahun.

8. LiveHelpNow

Aplikasi Web Chat LiveHelpNow

LiveHelpNow adalah perangkat lunak chat yang terhubung dengan Google Analytics, Google Adsense dan Salesforce untuk kebutuhan bisnis online Anda yang menggunakan situs web.

Chat tools ini juga terintegrasi dengan WordPress, Drupal, Joomla!, Magento, Prestashop, MailChimp, dan lainnya. LiveHelpNow memungkinkan Anda untuk mengamati pelanggan, menciptakan lists dan triggers, dan mendapatkan feedback.

Harga LiveHelpNow: Rp294.191 per operator per bulan atau Rp3.530.295 per operator per tahun untuk menggunakan layanan ini.

9. Zopim

Aplikasi Web Chat

Zopim adalah perangkat lunak chat yang dapat menyinkronkan percakapan dengan berbagai perangkat mobile. Dengan begitu, Anda bisa mengukur kesuksesan dan ketepatan dalam pencapaian target berdasarkan chat dan laporan tim agen.

Harga Zopim: sekitar Rp157.000 per bulannya atau Rp1.882.824 per tahun.

10. PureChat

aplikasi web chat

PureChat adalah salah satu penyedia aplikasi web chat yang mudah didapatkan. Aplikasi Purechat menyediakan fitur personal chat pages yang dapat membantu memperoleh klien lebih banyak sekaligus menyelesaikan masalah mereka lebih cepat melalui pendekatan personal.

Anda akan diberi link Personal Chat Page yang dapat kita bagikan di signature e-mail, kartu nama, profil media sosial atau laman-laman lain. Kita juga dapat mengubah background, warna tema, foto, dan URL laman agar tampilan live chat lebih sesuai dengan selera.

Harga PureChat: dimulai dari $39/bulan.

11. Kayako

aplikasi web chat

Kayako dimulai dengan tujuan untuk membantu layanan bisnis lebih baik dibandingkan customer support. Aplikasi Kayako menawarkan multichannel help desk – emaillive chat, dan web atau percakapan telepon dalam satu tempat. Aplikasi web chat Kayako terintegrasi dengan multichannel serta dilengkapi dengan reporting.

Harga Kayako: dimulai dari $15 per pengguna per bulannya.

12. Velaro

Velaro memiliki pilihan monitoring dan engagement, alur kerja dan rute, laporan, dan keamanan. Fitur Velaro adalah sebagai berikut:

  • Aktifkan live chat kepada seluruh bagian situs Anda dan atur pada satu pemusatan. Sesuaikan tombol, survei, dan jendela chat untuk mendukung brand Anda.
  • Akses informasi pengunjung secara real time termasuk leads, pencarian kata kunci, dan durasi pengunjung.
  • Analisa kesuksesan Anda menggunakan analisis call center dan konversi penjualan tracking.

Harga Velaro: mulai dari $29.95 per agen/bulan.

13. LiveEngage

LiveEngage adalah aplikasi live chat dari LivePerson. Aplikasi LiveEngage dapat menciptakan kampanye personal digital dan pengunjung yang lebih mengerucut untuk mencapai tujuan tertentu.

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi hal tersebut untuk kebutuhan chat dan mengirimkan undangan yang bersifat personal. Anda juga bisa akses data dashboard dan laporan untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda dan mengukur kesuksesan Anda.

Harga LiveEngage: mulai dari $18 per bulan.


Apa Manfaat Menggunakan Web Chat Application?

Web chat application menawarkan layanan pelanggan yang lebih efisien, lebih cerdas dan lebih responsif. Berikut keuntungan menggunakan aplikasi chat untuk website Anda:

– Web Chat Application Disukai Pelanggan

Chate web cukup disenangi pelanggan karena nyaman dan mampu stressless dibandingkan berbicara di telepon. Selain itu chat app website   memungkinkan untuk berbagi dokumen, pesan suara, screen share atau mengirim screenshots. Ditambah respon yang diberikan kurang dari 3 menit. Ini membuat chat tools ini efektif digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan.

– Memberikan pengalaman pelanggan yang seragam

Web chat application menawarkan pengalaman yang kohesif kepada pelanggan terlepas dari tahap pembelian mana mereka berada. Pelanggan akan sama-sama merasakan percakapan langsung bersifat ramah. Tidak seperti percakapan telepon atau email, live chat  mempertahankan riwayat percakapan yang dapat diakses oleh agen dan pelanggan segera setelah selesai mengobrol.

– Meningkatkan FCR (First Contact Resolution)

FCR adalah banyaknya pelanggan yang merasa masalahnya teratasi, permintaan terpenuhi atau pertanyaan terjawab dalam satu kali call saja. Chat app web banyak menyelesaikan permasalahan sederhana secara otomatis dalam waktu bersamaan.

Salah satu merek pembersih Vax telah membuktikan setelah menggunakan live chat pertama kali pada website, terjadi peningkatan FCR dari 78% menjadi 87%, sekaligus mengurangi kontak telepon dari 81% menjadi 76,5%. Tak kalah penting, 91% pelanggan mereka merasa chat tools berguna dan akan kembali lagi.

– Membangun Kepercayaan Pelanggan

Melalui penggunaan chat app web, bisnis Anda dapat melakukan interaksi langsung dengan pembeli sehingga dapat membangun kepercayaan mereka. Chat tools gratis juga memberi kesempatan pelanggan untuk menghubungi Anda kapan saja dan dimana saja. Dengan begitu, pelanggan dapat merasakan keberadaan Anda saat dibutuhkan.

– Mendorong Peningkatan Penjualan

Web chat application merupakan salah satu cara untuk menghindari manajemen customer service yang buruk dan meningkatkan customer relation melalui pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Wajar penjualan bisnis Anda ikut meningkat seiring respon positif pelanggan yang merasa senang setelah menggunakan chat web.


Apa saja Fitur yang Harus Dimiliki oleh Web Chat Application?

Web chat application didukung dengan fitur canggih untuk menjawab semua pesan dari pelanggan. Berkat fitur tersebut, bisnis dapat menciptakan komunikasi yang mulus dengan pelanggan. Fitur-fitur aplikasi chat web yang dimaksud diantaranya:

  • Komunikasi dua arah: Memungkinkan bisnis dan pelanggan berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Pesan yang dikirim pelanggan akan dibalas oleh agent secara real time. Komunikasi dua arah sangat ideal untuk kedua belah pihak menyampaikan opini atau solusi.
  • Routing agent: Membagikan tiket (pesan) pelanggan secara adil dan otomatis ke pelanggan yang tersedia. Hal ini untuk menghindari penumpukan tiket disatu agen.
  • Report analitik: Membantu Anda mengukur produktivitas dengan menampilkan matrik KPI ‘waktu respons pertama’, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi.
  • Otomatisasi Chatbot: Memberikan respon secara otomatis sehingga dapat meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan bantuan Bots kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatisasikan seluruh percakapan web chat dengan mengikuti template yang Anda susun.
  • Integrasi CRM: Memungkinkan Bisnis Anda dengan pelanggan dapat terhubung dengan pelanggan melalui chat WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email dan lainya dalam satu platform terpadu.
  • Mengumpulkan Data Pelanggan:Mengumpulkan data pelanggan dalam satu sistem database. Data tersebut berisi profil pelanggan, riwayat percakapan, status kesepakatan, touch point dengan bisnis Anda dan tugas serta janji temu yang dijadwalkan dengan pelanggan.

Bagaimana Cara Menggunakan Chat Web Terbaik?

Chat web merupakan aplikasi wajib yang dimiliki website bisnis saat ini. Hal ini dikarenakan web chat menjadi sarana pelanggan menghubungi bisnis. Melalui tools tersebut pelanggan bisa langsung menanyakan pertanyaan ke tim support bisnis saat mengunjungi website.

Berikut cara menggunakan chat web terbaik antara lain:

  1. Login ke situs WordPress Anda
  2. Pilih “Plugins”, selanjutnya klik “Add new”
  3. Cari plugin berjudul “Header and Footer Scripts”
  4. Klik “Install Now” dan aktifkan plugin
  5. Pilih “Setting”, kemudian pilih “Header and Footer Scripts”
  6. Tempelkan pixel script dari penyedia WhatsApp web widget pada kotak “Scripts in header”
  7. Tekan “Save” maka WhatsApp WordPress Anda siap digunakan!

Dapatkan Web Chat Application Terbaik Sekarang!

Semua pebisnis tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sama halnya dengan pelanggan yang menginginkan pelayanan langsung yang cepat dari sebuah bisnis. Agar berjalan beriringan, sudah waktunya bagi pebisnis untuk menggunakan media komunikasi yang pelanggan inginkan dan memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan seperti web chat application.

Salah satu web chat application terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Fitur canggih Mekari Qontak memiliki sistem otomatisasi, dan teknologi AI yang terintegrasi omnichannel CRM. Dengan begitu dapat mengoptimalkan customer service.

WhatsApp WhatsApp Sales