WA Bisnis API: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Masih Untungkah Menggunakan WhatsApp API untuk Bisnis?

Pada awal tahun 2020, WhatsApp mengeluarkan kebijakan privasi baru yang khusus untuk WA Bisnis API. Kebijakan itu memungkinkan akun API WhatsApp berbagi data-data seperti lokasi, jenis ponsel, IP Address, network operator dan lainnya.

Sayangnya isu WhatsApp mulai ditinggalkan penggunanya kencang beredar seiring digulirkannya kebijakan itu. Namun hal itu dibantah tegas oleh pihak WhatsApp yang mengaku tidak terjadi penurunan jumlah pengguna.

WhatsApp menyakinkan akan terus menjadi platform end-to-end encryption yang terkunci atau tidak ada data (chat,video, dokumen atau audio) yang bisa dibaca bahkan oleh pihak WhatsApp. Jadi pengguna WhatsApp pribadi ataupun bisnis tidak perlu khawatir ada data yang bocor.

Justru pengguna WA Bisnis API akan sangat diuntungkan dengan kebijakan privasi baru itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ditambah komitmen WhatsApp yang terus berinovasi untuk mendukung pelaku bisnis baik melalui fitur, pelayanan maupun kebijakan.

Apa sih perbedaan WA Bisnis API dan WhatsApp Bisnis biasa? Berikut perbedaannya!

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Baca Juga: Ini yang perlu Kamu Ketahui tentang WhatsApp API Indonesia!!

Kelebihan Menggunakan WA Bisnis API

Berikut kelebihan menggunakan WA Bisnis API:

1. Menjalin Kedekatan

WhatsApp memungkinkan bisnis dan pelanggan berkomunikasi secara personal dengan WhatsApp chatbot yang memberikan pelayanan selama 24/7. WhatsApp terverifikasi dapat meningkatkan kredibilitas pelanggan. Anda  bisa memuat email, nomor telepon, website dan detail lainnya pada profil API WhatsApp untuk membangun citra brand.

2. Keamanan Terjamin

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada WhatsApp menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun pelanggan. Hal ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan.

3. WA Bisnis API Lebih Interaktif

WhatsApp menyediakan fitur menarik seperti story, display picture dan status. Selain itu WhatsApp juga bisa membagikan gambar, video, dokumen hingga share live location yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail produk.

4.  Komunikasi Dua Arah

WhatsApp memungkinkan terjalinnya komunikasi real (dua arah) dengan pelanggan layaknya percakapan langsung atau telepon. Pelanggan dapat memulai percakapan dengan bertanya produk atau jasa melalui API WhatsApp link yang tersedia di website atau media sosial.

5. Meningkatkan Pelayanan

WhatsApp API memberikan analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan dan kinerja masing-masing agen. Data-data tersebut penting untuk meningkatkan pelayanan.

6. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Fleksibilitas WhatsApp API memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi dengan aplikasi lain atau WhatsApp Integration.  Integrasi ini dilakukan dengan customer service atau sistem CRM. Dengan integrasi ini, semua obrolan yang masuk dapat cepat dibalas karena obrolan tersebut dapat langsung ditujukan ke agen tertentu.

wa bisnis api integration qontak

7. Pesan Cepat Diterima

Pesan dikirimkan akan secara otomatis terkirim pada jam dan waktu yang sama ke pelanggan. WA Bisnis API dapat dipakaikan chatbot sehingga untuk pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan, chatbot dapat menerima dan menjawabnya. Penundaan hanya terjadi saat koneksi internet terputus dan diterima begitu terkoneksi internet.

8. Pesan Cepat Dibaca

Data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite menunjukan WhatsApp menjadi pesan instan paling sering dikunjungi dengan 83 persen dari 150 juta pengguna internet di Indonesia. Selain itu, sebanyak 80 persen pesan yang dikirim melalui WhatsApp dibaca dalam 5 menit dan rata-rata pengguna WhatsApp memeriksanya lebih dari 23 kali.

Baca juga : Manfaat API WhatsApp untuk industri retail

Kekurangan Menggunakan WhatsApp Bisnis API

Disamping kelebihan, WA Bisnis API juga memiliki sejumlah kekurangan seperti berikut:

  1. Nama akun bisnis yang sudah didaftarkan tidak dapat diubah lagi, berbeda dengan WhatsApp messenger yang nama profil bisa diganti dengan mudah. Makanya pikirkan dengan baik nama bisnis yang akan didaftarkan.
  2. Nomor yang digunakan di layanan WhatsApp bisnis bersifat permanen atau tidak bisa diganti. Selain itu juga nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp biasa atau messenger.
  3. Akun WhatsApp bisnis memungkinkan mengirimkan pesan langsung ke pelanggan seperti promo atau informasi menarik lain tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Pesan yang dikirim terus menerus atau spam dapat membuat pelanggan risih. Pastikan atur periode pengiriman pesan otomatis (away massage) dan pastikan sesuai pelanggan.

Masih Ragu untuk Menggunakan WA API?

Dilansir dari kontan.co.id Manajer Kebijakan Publik Facebook Indonesia Karissa A. Sjawaldy mengungkapkan di Indonesia ada 6 juta pengguna setiap bulannya yang melihat katalog produk dan jasa UMKM di WhatsApp Business. Sedangkan secara global seluruh dunia pengguna WhatsApp Business ada sekitar 50 juta setiap bulannya.

Berdasarkan informasi diatas dan pertimbangan kelebihan WhatsApp bisnis dan kekurangan WhatsApp bisnis, tidak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan WA Bisnis API. Untuk menggunakannya, Anda perlu bekerjasama dengan official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia seperti Qontak.com.

qontak whatsapp bisnis api verified

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Qontak.com mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, Qontak.com menyediakan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda seperti:

  • Akes laporan sales, customer service, dan agen CS Anda
  • Menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  • Integrasi dengan sistem lain seperti CRM (customer relationship management) atau sering disebut WhatsApp CRM.
  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memperoleh analisis percakapan yang canggih untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

Ingin membuat WhatsApp API, Baca ini: Cara membuat WhatsApp API

Dapatkan Sekarang!

WA Bisnis API memberikan segudang keuntungan untuk Anda meningkatkan pelayanan, produktivitas bisnis serta mengelola sales dan pesanan. Segera dapatkan API WhatsApp dengan bekerjasama dengan official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Qontak.com.

Official partner akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat untuk API dan selanjutkan akan memproses untuk mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp secara langsung.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan WA Bisnis API, maka tim Qontak.com siap membantu. Hubungi kami jika Anda ingin mencobanya secara gratis disini!

You may also like