Video Marketing: 5 Manfaat Strategi Marketing Jitu

Video Marketing, Strategi Marketing yang Wajib Dicoba?

Video marketing adalah salah satu jenis marketing yang mulai merajalela semenjak internet. Sejak akhir 2016 hingga memasuki pertengahan 2017, video marketing sudah menjadi tren baru dalam strategi marketing oleh beberapa perusahaan. Video blog, atau yang lebih akrab di telinga dengan sebutan vlog, adalah salah satu contoh video marketing yang seolah telah mengambil alih pemasaran konten seiring kian akrabnya konsumen dengan internet. Berdasarkan info, video marketing didaulat akan terus berkembang sampai 5 tahun ke depan seiring perkembangan sarana streaming di dunia.

Video marketing berupa vide blog telah menjadi alternatif bagi perusahaan dalam memasarkan konten. Sebab perusahaan dapat dengan mudah menjabarkan seperti apa produk atau layanan yang ditawarkan tanpa teks panjang. Lebih lagi target market tak perlu terlalu membuang-buang waktu dengan membaca teks, melainkan cukup melihat dan mendengar. Ditambah video blog jauh lebih menarik dibandingkan barisan teks.

Mungkin saat ini Anda pun tertarik untuk memasarkan konten dengan video blog. Atau Anda masih ragu menggunakan video blog dalam strategi marketing. Ada baiknya Anda lebih dulu mengetahui apa saja manfaat video blog dalam strategi marketing. Sehingga nantinya Anda juga dapat memahami tujuan video blog tersebut.

video marketing berupa vlog

Manfaat Menggunakan Video Marketing dalam Strategi Marketing

1. Membangun Kepercayaan dan Mudah Menarik Emosi

Video blog dapat memberikan gambaran secara detail mengenai layanan atau produk yang perusahaan Anda miliki kepada target market dengan durasi sebentar. Artinya, dengan kemudahan memberikan gambaran secara detail ini dapat membangun kepercayaan di dalam diri target market. Penting juga untuk menghasilkan video blog dengan kualitas bagus agar lebih dapat mengena bagi target market.

Itulah kenapa di setiap seminar, baik pengembangan diri, motivasi atau bisnis para pembicaranya kerap menggunakan video saat akan mempresentasikan sesuatu. Tujuannya untuk membangun kepercayaan audience. Dan pastinya emosi di dalam diri audience akan lebih cepat bergerak lewat penggambaran visual dibandingkan teks.

2. Video Marketing Menjangkau Jutaan Pemirsa Dalam Waktu Singkat

Video merupakan salah satu media yang paling mudah viral. Lihat bagaimana banyaknya video amatir dapat dengan mudah viral di media sosial? Hal itu juga dapat berlaku bagi video blog yang dikelola profesional.

Dengan mudahnya video blog menjadi viral maka akan berdampak pada keefektifan pemasaran dari segi waktu. Terutama dari segi biaya yang minim. Perusahaan tak perlu lagi terlalu menghamburkan uang untuk beriklan di televisi dengan biaya selangit dalam sekali tayang.

3. Lebih Mudah Mempengaruhi Audience untuk Bertindak dari Video Marketing

Video merupakan bentuk konten yang paling mudah memengaruhi audience untuk bertindak. Hal itu karena otak manusia didesain mudah emosional saat melihat penggambaran secara visual dibandingkan teks. Lihat bagaimana Anda bisa lebih mudah tersentuh dan meneteskan air mata saat melihat gambaran korban bencana alam di sebuah wilayah dibandingkan membaca beritanya di koran atau media online?

Hal ini juga bisa Anda terapkan dalam video blog perusahaan Anda untuk mempengaruhi audience agar cepat bertindak.

4. Lebih Akrab Dengan Mesin Pencari (SEO)

Video adalah alat yang paling mudah meningkatkan search engine optimization (SEO) bagi sebuah website. Tak heran sebab video begitu mudah viral dan ditonton hingga jutaan orang. Bahkan penelitian Forrester menemukan bahwa kehadiran video pada halaman website membuatnya lebih cenderung muncul pada halaman pertama SERPs.

5. Dapat Mendukung Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi marketing yang masih paling efektif untuk saat ini. Sebab email marketing langsung tertuju pada pelanggan sehingga dapat mendatangkan laba lebih pasti daripada alat pemasaran yang lain. Dan bisa Anda bayangkan bagaimana sebuah email marketing dapat Anda isi dengan link berupa video blog yang menarik, maka pelanggan Anda tak akan bosan untuk mendapatkan berbagai email dari Anda. Dan dalam waktu bersamaan Anda dapat lebih cepat mempengaruhi pelanggan untuk cepat bertindak.

Video Marketing, Perlukah Diterapkan?

Saat ini video marketing berupa blog adalah bagian dari strategi marketing yang patut dijalankan oleh banyak perusahaan. Dan saat ini belum terlambat bagi Anda agar segera menjalankan video blog sebab masih banyak perusahaan yang menunda untuk melakukannya. Tentu akan lebih mudah bagi Anda kedepannya bila Anda sudah bergerak sejak dini.

Dan untuk dapat memastikan video marketing vlog Anda dapat berjalan dengan maksimal, maka Anda perlu memiliki rencana dan strategi yang tepat.

Ada satu hal lagi yang dapat membantu meningkatkan konversi Anda, yaitu dengan melakukan WhatsApp marketing. WhatsApp marketing adalah suatu metode marketing yang menggunakan WhatsApp, sebuah aplikasi pesan singkat yang sangat populer di Indonesia.

Hubungi Qontak.com sekarang untuk mengetahui lebih lanjut mengenai WhatsApp marketing.

You may also like