Upgrade Profil Bisnis Online Anda Sekarang!

bisnis online

Memiliki profil bisnis online yang representatif dan menarik merupakan keharusan untuk setiap bisnis.

Dengan demikian Anda dapat meningkatkan performa serta mengembangkan bisnis Anda. SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu temuan terbaik di dunia digital dimana strategi untuk melakukan pemasaran dan publikasi menjadi lebih mudah. Walaupun begitu, tetap ada beberapa strategi dan trik yang harus kita ketahui. Bukan hanya kita yang ingin bisnisnya berkembang, kita masih harus bersaing dengan puluhan bahkan ratusan bisnis serupa yang pastinya juga berpikiran serupa namun tak sama dalam menjalankan SEO. Itulah mengapa Anda perlu memperbaiki profil bisnis online Anda semaksimal mungkin.

Beberapa trik dan strategi berikut dapat memperbesar peluang Anda “ditemukan” di dunia digital. Maksudnya ditemukan adalah, apabila seseorang mencari hal yang berhubungan dengan bisnis atau aktifitas Anda, yang kita harapkan adalah mereka melihat kita terlebih dahulu dibandingkan kompetitor. Pilihan pertama selalu mendapatkan keuntungan dalam seleksi, bukan?

Upgrade Profil Bisnis Online Anda dengan 5 Strategi Berikut:

1. Meta Tag.

bisnis online

Langkah pertama agar dapat ditemukan di dunia digital adalah memastikan judul halaman dan deskripsi singkat tentang bisnis Anda ada di html code title website Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mesin pencarian (search engine) menebak apa isi dari website Anda. Sehingga akan memberikan peluang lebih besar untuk ditemukan oleh pengguna.

Sebagai contoh, katakanlah nama usaha Anda PT Masuk Angin, perusahaan general trading yang berlokasi di Jakarta Timur. Judul halaman website Anda bisa “PT Masuk Angin | General Trading di Jakarta Timur”. Sedangkan untuk deskripsinya bisa “PT. Masuk Angin melayani segala jenis perdagangan baik perusahaan maupun perorangan di Jakarta Timur, kami memiliki segala data perdagangan yang Anda butuhkan”. Dengan memberikan judul dan deskripsi yang tepat akan membuat pencarian lebih efektif dan spesifik. Kemungkinan besar pengguna yang mengakses website Anda sudah paham tentang apa yang Anda kerjakan dan memperbesar peluang terjadinya konversi.

2. Terdaftar di Platform Online Bisnis dan Review dari Pengguna atau Rekan Bisnis Anda.

bisnis online

Terdaftar di mesin pencarian seperti Google, Bing’s dan Yahoo secara gratis sangat penting untuk pemilik bisnis yang ingin ditemukan secara online kapan saja. Sebagai contoh, cobalah mencari sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Apa yang muncul di mesin pencari? Anda bisa cek di semua bagian mulai dari foto, website maupun video (apabila ada). Bahkan mungkin ada website lain yang membahas Anda? Kita tidak pernah tau apabila tidak mencarinya, bukan? Apabila belum ditemukan atau ada dihalaman 3 keatas, siapkan waktu Anda untuk melengkapi apa saja yang masih kurang.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin akan membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjual bisnis Anda.

3. Blog, Blog dan Blog!

bisnis online

Salah satu fungsi utama blog disamping memberikan informasi yang berguna mengenai bisnis Anda adalah keampuhannya dalam mendongkrak SEO secara pasti dan bertahap. Ketika banyak informasi mengenai kegiatan yang Anda lakukan di website dan informasi terus diupdate, secara tidak langsung SEO akan terus berjalan. Konsistensi keyword dan konten sangat dibutuhkan disini.

Blog bisa dibuat di domain tambahan dari halaman utama untuk memastikan pengguna selalu terdaftar sebagai pengunjung di domain Anda dan membantu meningkatkan rating di mesin pencarian ketika banyak orang mengakses halaman Anda, Jangan lupa sertakan gambar atau foto dalam setiap update. Kedua hal itu dapat membantu pengguna lebih memahami bisnis Anda.

4. Social Media

social media

Sebagai primadona di era digital marketing sekarang, platform media sosial adalah salah satu tempat yang paling ampuh untuk mendapatkan pengunjung juga konversi pelanggan. Banyak bisnis rumahan sektor kecil dan menengah yang aktif menggunakannya, juga brand besar sebagai sarana promosi dan lahan mencari informasi secara luas.

Beberapa halaman media sosial brand besar bahkan menempati rating paling atas di mesin pencarian mengalahkan halaman utamanya.

5. Backlink Building

Apakah Anda aktif mempromosikan bisnis Anda di forum lain? Atau ada kerjasama dengan sesama pebisnis yang memiliki halaman website juga? Jika ya, backlink building sudah berjalan dimana tiap materi atau konten yang berkaitan dengan bisnis dan usaha Anda pasti memiliki link atau akses langsung ke halaman Anda. Tetap lakukan hal ini dan perbanyak aktivitas Anda di komunitas. Perlahan tapi pasti rating Anda di mesin pencarian akan semakin terangkat.

Otomatisasi Marketing Bisnis Online Anda!

Terlepas dari teknik atau strategi bisnis online yang Anda gunakan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi atau software marketing yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

You may also like