Tuntunan Menyusun Bisnis Plan

Business Plan Guide

Sampai saat ini banyak di antara startup yang memilih menjalankan bisnis tanpa memiliki bisnis plan terlebih dahulu. Kebanyakan menganggap bila bisnis plan bukan hal yang penting. Tapi tak sedikit juga yang tak menggunakan bisnis plan karena bingung cara membuatnya atau memang sama sekali belum tahu apa itu bisnis plan.

Padahal planning atau rencana sangat diperlukan dalam membangun bisnis. Lebih lagi sangat butuh digambarkan, dituangkan dan dipetakan agar pengusaha selalu tertuntut ke mana langkahnya dalam mengembangkan bisnisnya nanti. Jadi, planning bukan hanya dibiarkan mengawang di kepala.

Apa itu Bisnis Plan?

Bagi yang belum tahu, bisnis plan itu merupakan sebuah catatan yang berisikan berbagai strategi bisnis, cara memonitor, mengontrol dan menggambarkan pencapaian bisnis yang akan dituju.

Dengan memiliki bisnis plan bukan hanya dapat memudahkan seorang pengusaha dalam menjalankan bisnis. Tapi juga bisa berpotensi mendatangkan investor andaikan ada yang tertarik dengan bisnis plan Anda.

Bila sekarang sudah mengerti apa itu bisnis plan beserta fungsinya, dan Anda mulai tertarik mengetahuinya lebih lanjut. Maka berikut ini adalah tuntunan menyusun bisnis plan yang bisa Anda tiru.

1. Tentukan Visi dan Misi

Bisnis bukan bicara soal pencapaian satu atua dua bulan saja. Tetapi bicara jangka panjang yang bisa saja berupuluh tahun lamanya hingga lintas generasi. Inilah kenapa untuk membangun bisnis Anda pun perlu memiliki visi dan misi yang jelas.

Terlebih pada visi yang merupakan rencana jauh dan berhubungan dengan berbagai tujuan dan sasaran perusahaan selama berdiri. Kenapa perlu visi dan misi yang jelas? Karena dengan memiliki visi dan misi yang jelas, maka pengusaha tak akan bingung dalam merancang rencana bisnis ke depan.

Business Plan Guide
Sumber Gambar: haraldweinbrecht.com

2. Menentukan Target Market

Untuk bisa membuat sebuah bisnis plan, Anda tentu harus menentukan target market dari perusahaan Anda. Apa gendernya, berapa usianya, apa pendidikannya, seperti apa perekonomiannya, berada di mana tinggalnya, dan sebagainya. Itu adalah poin-poin yang perlu ditentukan pada target market Anda.

Dengan memiliki target market yang jelas, maka akan lebih memudahkan Anda dalam membuat berbagai strategi pada bisnis plan Anda nantinya.

Business Plan Guide
Sumber Gambar: transgaming.com

3. Alur Menyusun Bisnis Plan

Setelah dua hal di atas sudah Anda tentukan, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyusun bisnis plan sesegera mungkin dengan alur seperti di bawah ini:

  • Uraian Visi & Misi: Uraikan secara ringkas dan jelas apa saja tujuan bisnis Anda. Seperti apa bisnis yang akan dijalankan ke depan.
  • Penjelasan Bisnis: Jelaskan segala hal secara rinci dan singkat mengenai bisnis Anda. Produk atau jasa apa yang Anda tawarkan, seperti apa peluangnya dan mengapa perlu membangun bisnis ini.
  • Rincian Produk atau Jasa: Tuangkan secara gamblang apa saja produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lengkap dengan deskripsi, harga dan keunggulan.
  • Target market: Seperti apa kriteria konsumen potensial dalam bisnis Anda. Pelanggan seperti apa yang ingin disasar pada bisnis Anda.
  • Marketing plan: Gambarkan seperti apa strategi pemasaran bisnis yang akan Anda jalankan nantinya. Tulis juga terkait biaya dan kenapa menggunakan strategi tersebut.
  • Kompetitor dan Analisa Peluang: Anda harus tahu siapa saja kompetitor dalam bisnis Anda dan seperti apa tingkat persaingan pada industri Anda.
  • Permodalan: Untuk bisa menjalankan bisnis tentu Anda perlu tahu butuh berapa banyak modal di awal, biaya operasional, estimasi pendapatan per bulan dan untung-rugi (bila sudah berjalan).
  • Struktur Perusahaan: Perlu kejelasan dalam struktur perusahaan agar setiap lini dapat bergerak sesuai porsi dan ketentuannya.

Selesai! Sekarang Anda bisa gunakan bisnis plan tersebut untuk pegangan pribadi sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis agar sesuai jalur yang sudah direncanakan. Atau bisa Anda keluarkan ketika menemui calon investor potensial.

You may also like

× Contact Us!