Tips Menambah Iklan Berbayar ke Dalam Strategi Media Sosial Anda

Social Media Ads

Jika Anda adalah seorang marketer yang masih melakukan proses trial and error dalam aktivitas media sosial Anda, maka Anda perlu memahami mengenai pentingnya inkorporasi iklan berbayar bagi bisnis Anda dan keberadaannya di dunia maya. Berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Snapchat semuanya mengalami perkembangan pesat hingga mencapai jumlah anggota aktif sebanyak hampir 2 milyar di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak ini, terdapat kesempatan dan akses ke customer potensial yang beragam dan bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dengan cara memasang iklan berbayar dan memastikan iklan ini menjangkau target market bisnis Anda secara tepat.

Meski demikian pentingnya, tidak semua orang dapat langsung melakukan transisi ke pemasangan iklan berbayar tanpa memahami apa yang tengah berlangsung dan sistem dari pemasangan iklan tersebut. Perubahan algoritma yang baru-baru saja terjadi pada Facebook juga membuat banyak perubahan terjadi bahkan pada pemain lama yang sudah terbiasa memasang iklan berbayar di media sosial. Akibatnya, trafik yang masuk secara organik pun mengalami penurunan.

Untuk memulai, lakukanlah empat langkah sederhana ini:

  1. Mulailah terlebih dahulu dengan Facebook

Hingga kini, Facebook terus berlanjut menjadi media sosial dengan performa terbaik dan terbukti bagi bisnis apapun. 75% pengguna aktif ada di dalam Facebook, merepresentasikan berbagai demografi dengan berbagai informasi krusial yang bisa menjadi pintu masuk bagi para marketer untuk membuat kampanye yang sesuai dan menargetkan orang-orang yang tepat. Mulailah mencoba bereksplorasi dengan ads media sosial yang berbayar karena langkah-langkahnya yang sangat sederhana dan mudah disesuaikan. Prosesnya ini dapat membuat siapa saja yang menggunakannya akan sedikit demi sedikit memahami manfaatnya dan menyesuaikannya untuk kebutuhan masing-masing industri.

  1. Ketahui dan pahami tujuan Anda membutuhkan iklan berbayar

Apakah Anda ingin membuat brand Anda lebih dikenal atau Anda ingin menambah jumlah klik? Mungkin Anda ingin menambah jumlah member Anda? Melalui ads di media sosial, semua objektif ini lebih mudah dicapai dan terus berkembang sehingga kesempatan semakin terbuka luas. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari promosi via media sosial sehingga desain kampanye Anda efektif.

Social Media Ads
Sumber Gambar: socialmediatoday.com
  1. Pastikan goal dari kampanye berbayar Anda di media sosial cukup terukur

Punyakah Anda software atau alat lainnya yang bisa Anda gunakan untuk melacak dan mengukur serta memastikan adanya Return of Investment atau ROI yang pasti dan jelas? Jika belum, maka beberapa fitur ads di media sosial sebagai Facebook dapat membantu Anda melacak goal awal Anda dan menjadikannya terarah. Dengan pilihan Facebook pixel, Anda dapat memonitor berbagai tindakan yang diambil oleh audiens setelah melihat ads yang Anda pasang lalu melakukan pengukuran ROI. Dengan adanya alat yang melacak objektif serta ROI, akan lebih mudah bagi para marketers untuk menentukan kampanye-kampanye yang tepat di saat-saat mendatang.

  1. Temukanlah solusi manajemen ads yang paling tepat dan sesuai untuk bisnis Anda

Sembari melakukan pengukuran seberapa berhasilnya kampanye ads yang Anda pasang di media sosial dan berhati-hati menganalisa biaya yang ada keluarkan untuk melakukan hal ini, Anda dapat menemukan berbagai inovasi dalam hal budget dan pemilihan medium lainnya. Ketika Anda sudah mulai memahami dan mendapatkan pegangan kokoh untuk ads di media sosial ini, Anda dapat fokus ke hal selanjutnya, yaitu CRM atau Customer Relationship Management.

Social Media Ads
Sumber Gambar: sproutsocial.com

Siapkah Anda masuk ke tahun 2017 membawa strategi terkini untuk media sosial Anda?

You may also like

× Contact Us!