Qontak WhatsApp

7 Tips Email Marketing yang Menarik Perhatian dalam 8 Detik

email marketing

Email Marketing yang Menarik

Tahukah Anda berapa lama perhatian yang dimiliki oleh seseorang dapat bertahan? Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa hanya dalam 8 detik saja perhatian orang pada umumnya di zaman sekarang dapat bertahan untuk memproses informasi. Lebih dari itu, Anda harus berusaha keras untuk tetap membuat mereka memperhatikan Anda atau email marketing Anda.

Seberapa lamanya perhatian seseorang bertahan sangat dipengaruhi oleh perubahan kultur dan percepatan informasi yang bisa diakses secepat kilat dan dalam jumlah yang banyak namun dalam waktu yang singkat. Bisnis pun tidak punya pilihan selain menyesuaikan dengan cara baru berkomunikasi; cepat, tepat dan relevan. Para pembuat konten untuk bisnis pun harus mencari cara tepat untuk menawarkan konten berkualitas yang bisa mempertahankan perhatian target market hingga mereka tinggal lebih lama sampai transaksi terjadi. Bukan perkara mudah, namun berikut ini cara untuk menarik dan mempertahankan perhatian target market dalam delapan detik saja.

7 Tips Email Marketing yang Menarik Perhatian dalam 8 Detik:

  1. Hindarilah memasukkan pesan penting dalam gambar

Lamanya memuat gambar dalam email pun harus Anda pertimbangkan. Saat seseorang membuka email dari Anda dan tidak langsung melihat pesan yang Anda masukkan, Anda sudah membuang 8 detik paling krusial. Karenanya, desain sebaik mungkin email Anda untuk mengakomodir pesan yang paling penting dan paling memicu aksi dari target market agar langsung terlihat dan mudah diikuti.

  1. Pikirkan baik-baik subjek email Anda

Barisan kata-kata subjek yang tepat adalah penentu dan kunci kesuksesan diakses dan dibacanya email Anda. Jangan takut bereksperimen dengan emoji dan karakter lainnya, dan pastikan Anda memasukkan gambar karena gambar selalu lebih efektif dari segi visual. Perhatikan juga bagaimana tampilan subjek email di device yang berbeda-beda.

Attention Grabbing Email Marketing

  1. Email harus bersifat personal

Anda harus mengenal siapa audiens Anda dan sesuaikanlah konten Anda dengan setiap sisi personal dari audiens Anda. Jika platform Anda menggunakan sistem subscription, manfaatkan data ini dan lakukan segmentasi.

  1. Gunakan templat yang dapat dipindai dan ramah smartphone

Target audiens yang menerima email Anda jelas ingin akses cepat dan mudah terhadap informasi yang mereka perlukan. Ketika mereka tidak bisa mengakses informasi via mobile phone mereka, dan mereka harus bersusah payah membaca email Anda, mereka akan langsung memilih untuk melewatkannya. Pastikan email mudah dibaca dan mudah diakses, mulai dari segi desain hingga banyaknya pesan yang harus dibaca.

  1. Sertakan konten interaktif

GIF, polling atau video sudah jadi bagian dari email. Sesuatu yang interaktif membuat subscriber Anda menjadi bagian dari suatu pengalaman. Jika mereka dapat mengaksesnya tanpa harus keluar dari email, mereka akan semakin terlibat dalam brand dan pesan marketing Anda.

Attention Grabbing Email Marketing

  1. Pastikan calltoaction yang ada di email jelas dan singkat

Setelah berhasil mendapatkan perhatian mereka, lantas apa? Sekarang saatnya memberikan calltoaction dalam bentuk yang mudah ditemukan dan dilakukan, untuk memenuhi tujuan email marketing Anda. Calltoaction harus pula menghantarkan pembaca email ke website yang jelas dan berfungsi dengan baik agar interaksi dengan audiens tidak terhenti begitu saja.

  1. Pintarlah memanfaatkan waktu

Tidak ada waktu ideal yang sama bagi setiap bisnis untuk mengirimkan email. Kenali sendiri audiens dan industri bisnis Anda, lakukan trial dan error dalam mengirimkan email, dan sesuaikan jam pengiriman email dengan jam di mana audiens Anda paling aktif membuka email.

Yang mana saja yang sudah Anda lakukan dalam praktek email marketing Anda?

CRM Qontak.com Membantu Anda Mengirimkan Email Marketing

Promosi yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi CRM menyediakan fitur email marketing yang dapat digunakan untuk mengirimkan promosi langsung tanpa aplikasi tambahan kepada prospek atau pelanggan yang telah tersimpan rapi datanya dalam sistem. Isi dari promosi tersebut juga dapat disesuaikan dengan prospek atau pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut dapat menarik minat dari penerimanya sehingga dapat meningkatkan sales.

Aplikasi CRM pada Qontak.com terintegrasi dengan berbagai saluran, salah satunya adalah email. Fitur Aplikasi CRM ini memungkinkan Anda mengirimkan email marketing dalam jumlah besar secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk email marketing Anda sekarang juga!

email marketing

You may also like

By