Qontak WhatsApp

Tiga Proses Pertimbangan Customer Sebelum Melakukan Pembelian

Customer Process

Sebagai seorang customer atau calon pembeli, terdapat beberapa proses pengambilan keputusan yang secara general terjadi pada hampir semua pembeli dari berbagai tipe produk. Proses berpikir dan pengambilan keputusan customer ini merupakan hal yang dapat dijadikan bekal oleh para pelaku marketing dan sales digital sehingga dapat menyesuaikan cara dan medium promosi yang paling tepat untuk menjangkau customer yang pasti akan membeli.

Berikut beberapa poin penting yang merupakan bagian dari proses berpikir dan perjalanan seorang target market sebuah brand sebelum melakukan pembelian.

  1. Awareness atau kesadaran

Seseorang yang menemukan konten yang Anda buat kemudian bagikan akan memasuki tahap pertama, yaitu adanya kesadaran. Kesadaran ini membuat seseorang tersebut memahami adanya solusi yang diperlukannya di dalam produk yang Anda sediakan. Kesadaran ini biasanya merupakan tahapan yang dapat ditargetkan dan paling baik ditargetkan bagi para calon customer yang sudah tahu adanya kebutuhan dan belum mengetahui produk yang Anda tawarkan dapat menjadi solusi tersebut. Customer seperti ini biasanya akan lebih cepat melakukan pembelian. Lain halnya dengan customer yang belum menyadari jika dirinya sebenarnya membutuhkan produk Anda. Anda harus mendekati customer yang seperti ini dengan tawaran informasi, tutorial atau riset sampai kesadaran tersebut muncul dengan sendirinya.

Customer Process
Sumber gambar: riba-insight.com
  1. Consideration atau tahap mempertimbangkan

Tahapan ini adalah fase di mana customer sudah menyadari adanya masalah yang dapat diperoleh solusinya atau adanya kesempatan untuk mengatasi problem. Customer yang sudah ada pada tahapan berikut dapat semakin dipikat dengan menyediakan interaksi langsung yang memenuhi kebutuhannya akan berbagai pertanyaan sebelum mengambil keputusan, yang dapat dilakukan via email, media sosial serta webinars yang diadakan khusus bagi subscribers yang memang sudah memiliki ketertarikan terhadap produk Anda. Dalam tahapan ini, Anda sebagai sales dan marketing yang menyampaikan mengenai brand dan produknya haruslah mampu menunjukkan bahwa brand Anda dapat diandalkan.

Customer Process
Sumber gambar: plus.google.com
  1. Decision atau tahap pengambilan keputusan

Saat calon customer Anda sudah bersiap untuk membuat keputusan mengenai cara terbaik mengatasi masalah dan menjawab kebutuhan mereka adalah lewat produk Anda, saat itulah terjadi penjualan. Informasi yang sebaiknya Anda sediakan di tahap ini haruslah berupa informasi yang jelas dalam bentuk cetakan seperti brosur. Manfaatkanlah hal ini untuk menjadi area kekuasaan bagi copywriting Anda yang efektif sehingga konversi benar dapat terjadi.

Dengan pemahaman menyeluruh mengenai ketiga tahapan yang terjadi dalam diri seorang prospek ini, Anda dapat lebih efektif melakukan sales dan memungkinkan terjadinya konversi. Bekali diri Anda dalam berbisnis dengan pemahaman mengenai kecenderungan setiap customer Anda demi terkumpulnya lebih banyak sales dan keuntungan yang diperlukan bisnis Anda.

You may also like

By