Tiga ‘K’ dalam Sales dan Marketing yang Membuat Strategi Penjualan Lebih Efisien

efficient sales and marketing strategy

Dalam dunia bisnis, sales dan marketing adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun, seringkali pada praktek nyatanya, sales dan marketing dalam suatu bisnis cenderung kurang berjalan secara selaras. Dibutuhkan kekompakan tiga elemen berinisial “K” dalam dunia sales dan marketing sebagai berikut:

1. Komunikasi

Agar sales dan marketing dalam suatu bisnis berjalan beriringan, komunikasi tetaplah kunci yang paling utama. Setelah komunikasi terbentuk, membuat dan memastikan komunikasi berjalan secara efektif sendiri membutuhkan usaha yang ekstra. Usaha tersebut membutuhkan pendetailan komunikasi dengan kejelasan target dari sales sehingga pihak marketig dapat menciptakan kampanye yang sesuai dan membantu menghantarkan tim sales untuk memenuhi targetnya.

efficient sales and marketing strategy
Sumber gambar: linkedin.com

 

Jika bisnis Anda masih belum mencapai titik ini, adakan diskusi bersama dan presentasikan data untuk sama-sama melakukan review terhadap performa tim sales dan marketing masing-masing serta area mana saja yang perlu segera ditangani bersama. Setelah kesepakatan dicapai, rumuskan dalam tulisan yang bisa dibaca dan diakses lagi ke depannya sebagai target bersama yang terukur dari kedua belah pihak.

2. Koordinasi

Koordinasi berbicara mengenai pentingnya optimasi usaha sales dan marketing sehingga tercapai hasil yang diinginkan. Begitu Anda sudah merumuskan kesepakatan bersama dalam mencapai target, bukalah forum feedback agar semuanya dapat memnuka diri bagi kemajuan bersama yang berkelanjutan. Pertemukan kedua departemen secara berkala untuk melakukan evaluasi dan penyesuaian untuk mengubah prospek menjadi customer dengan strategi dari tim marketing.

Pertemuan ini sangatlah diperlukan demi mencapai pemahaman bersama. Baik pihak marketing maupun sales harus sama-sama melakukan presentasi agar terdapat dua sudut pandang yang bisa sama-sama dievaluasi. Minta kedua belah pihak mempersiapkan data seperti kampanye tim marketing dengan performa tertinggi dan terendah pada tiap quarter, begitu juga performa terbaik dan yang paling kurang maksimal dari tim sales. Lakukan analisa secara kolektif dan siapkan feedback yang ingin disampaikan demi goal baru yang lebih spesifik dan dapat dicapai.

efficient sales and marketing strategy
Sumber gambar: sales-initiative.com

3. Kolaborasi

Dengan kolaborasi, tim sales dan marketing dapat mencapai pertumbuhan serta pendapatam signifikan karena sama-sama menuju goal yang sama. Kolaborasi dibutuhkan agar peran yang berbeda antara sales dan marketing dapat melebur tanpa mengabur. Kolaborasi dibutuhkan untuk memastikan kerjasama berjalan secara seimbang dan saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Pihak marketing dapat terbantu untuk fokus mendatangkan referral lewat program referral yang didesain bersama, dan sales dapat memproses leads yang didatangkan dari program tersebut untuk mengonversinya menjadi penjualan dan kesepakatan.

Ketiga elemen ini merupakan penyesuaian antara tim sales dan marketing demi konsistensi bisnis Anda dalam mencetak keuntungan. Selamat mencoba!

You may also like