Teknologi Pendukung CRM: Pentingnya Integrasi Bisnis

Teknologi Pendukung CRM Pentingnya Integrasi Bisnis

CRM tidak akan bertahan tanpa adanya teknologi. Diperlukan teknologi pendukung CRM agar sistem CRM secara keseluruhan dapat berjalan maksimal.

Teknologi pendukung CRM memegang peranan penting dalam tiap aspek di dunia bisnis. Teknologi telah mengubah cara berkomunikasi perusahaan dengan pelanggan. Dengan teknologi, komunikasi antara perusahaan dan pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini dapat membantu memperbaiki customer experience secara keseluruhan.

Membangun komunikasi yang baik dengan perusahaan merupakan hal yang penting bagi pelanggan agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi. Sebaliknya, bagi perusahaan, teknologi membantu memahami pelanggan. Penggunaan teknologi dalam komunikasi merupakan cara tercepat untuk mengetahui trend terbaru.


Bagaimana teknologi pendukung CRM membantu perusahaan?

Integrasi teknologi memiliki banyak dampak untuk membuat CRM lebih baik lagi. Teknologi pendukung berperan sebagai partner CRM (customer relationship management) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Adanya teknologi pendukung CRM membantu perusahaan dalam:

  • Memahami kebutuhan pelanggan

Teknologi pendukung CRM membantu hubungan perusahaan dan pelanggan menjadi lebih bermakna. Perusahaan menjadi lebih sadar akan kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka tawarkan. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mencari strategi terbaik untuk memberi kepuasan kepada pelanggan.

  • Membantu perusahaan untuk tetap update tentang trend yang sedang berlangsung

Perusahaan menjadi lebih kreatif dalam mencari celah agar dapat unggul dari kompetitor dan memenangkan persaingan di pasar.

  • Memberikan kesuksesan dan produktivitas dalam bisnis

Integrasi teknologi dengan aplikasi CRM dapat menjadikan bisnis yang lebih sukses dan produktif. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya penjualan dan memperoleh keuntungan bagi perusahaan.


Apa saja teknologi pendukung CRM?

Teknologi berbasis internet memiliki dampak yang luar biasa bagi sistem CRM atau manajemen hubungan pelanggan. Dalam banyak hal, teknologi membantu merampingkan banyak proses pada CRM serta menghemat biaya CRM.

Berikut ini adalah beberapa teknologi pendukung CRM yang berperan dalam kesuksesan CRM:

1. Email

Salah satu teknologi pendukung CRM dalam pengembangan customer service dengan menggunakan internet adalah penggunaan email. Website perusahaan biasanya menyertakan nomor telepon serta alamat email sebagai sarana bagi pelanggan untuk dapat melakukan komunikasi.

Email juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi pemberian informasi kepada pelanggan terkait status transaksi, baik informasi pengiriman maupun klaim asuransi. Teknologi ini membantu pelanggan untuk tetap update terhadap tiap hal yang sedang berlangsung.

2. Mobile

Sama seperti email automation, mobile telephone juga digunakan untuk memberikan informasi kepada pelanggan terkait progress transaksi melalui short message service (SMS). Namun, fungsi ini sudah jarang digunakan karena kurang efektif.

3. Aplikasi pesan

Inilah teknologi yang saat ini paling banyak digunakan oleh bisnis sebagai teknologi pendukung CRM. Aplikasi pesan atau messaging application telah membantu bisnis dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan customer service. Teknologi ini dapat digunakan hanya dengan men-download aplikasi tersebut secara gratis dan bermodalkan internet.

Salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan sebagai teknologi pendukung CRM adalah WhatsApp. Bahkan, saat ini muncul istilah WhatsApp CRM. Hal ini tidak mengherankan mengingat integrasi WhatsApp dengan CRM yang sangat membantu bisnis dalam banyak hal. Beberapa provider software sistem CRM Indonesia telah mengintegrasikan teknologi sistem CRM nya dengan WhatsApp, salah satunya Qontak.com.

teknologi pendukung crm chat panel

WhatsApp mengembangkan fiturnya dengan mengeluarkan versi khusus untuk bisnis yaitu WhatsApp for Business. WhatsApp for Business sendiri memiliki 2 jenis, yaitu WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business Official atau WhatsApp API. Keduanya memiliki fitur masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga:

WhatsApp Business API: Apa Itu, Fitur, dan Panduan Lainnya

Membangun WhatsApp untuk Customer Service

4. Call center

Sistem CRM juga banyak diintegrasikan dengan teknologi contact center VoIP. Teknologi VoIP atau Voice over Internet Protocol berarti melakukan panggilan suara melalui internet.

Salah satu cara meningkatkan customer service adalah dengan memperbaiki pelayanan call center dan call service. Dengan teknologi ini, penanganan keluhan pelanggan oleh call center menjadi lebih mudah. Teknologi VoIP memungkinkan panggilan telepon dilakukan ke call center di mana pun lokasinya tanpa khawatir soal biaya.

Qontak.com merupakan salah satu software CRM di Indonesia yang terintegrasi dengan teknologi call center. Integrasi Qontak.com dengan sistem PBX dapat digunakan untuk melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk. Sistem ini akan menyimpan percakapan secara otomatis di dalam direktori CRM. Dengan demikian, jika suatu saat rekaman percakapan tersebut dibutuhkan, sistem call center yang terintegrasi dengan CRM dapat dengan mudah mencari data tersebut di sistem penyimpanan data. Hal ini juga mempermudah perusahaan dalam melacak KPI atau key performance indicator agen customer service dalam menangani panggilan pelanggan.

teknologi pendukung crm call center


Dapatkan Teknologi Pendukung CRM untuk Bisnis Anda

Penggunaan teknologi memberikan dampak positif dalam mengembangkan bisnis. Interaksi perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Adanya integrasi dengan teknologi pendukung CRM membuat sistem CRM menjadi lebih efektif dan berfungsi lebih maksimal. Hal ini dapat menjadi strategi untuk mempertahankan pelanggan, terutama sebagai modal bagi bisnis untuk tetap survive di tengah krisis pandemik virus Corona seperti sekarang ini.

Jika Anda masih belum menerapkan software CRM untuk bisnis Anda, segera konsultasikan kepada kami untuk  mendapatkan solusi WhatsApp, Sales, dan CRM terlengkap untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda.

Artikel terkait:

Bisnis Anda Work from Home? Ini 4 Alasan Pentingnya CRM!

6 Cara Kelola Bisnis secara Remote dengan Aplikasi Tracking

Hubungi kami atau dengan mengisi form di bawah ini: 

You may also like