Taktik Mudah Ini Membantu Anda Menyertakan Artificial Intelligence dalam Proses Sales

Artificial Intelligence

Anda tentu sudah mendengar bahkan mungkin mengenal kebangkitan teknologi Artificial Intelligence yang sudah terjadi selama beberapa tahun belakangan ini. Tahun 2017 ini hanya akan menjadi tahun di mana Artificial Intelligence alias AI semakin solid dan semakin terintegrasi dengan bisnis masa kini. Semua bisnis sudah berlomba-lomba menjadi early adopters dari AI agar pengolahan data dan proses sales bisnisnya semakin terdepan.

Bagaimanakah cara agar bisnis Anda tidak tertinggal dalam memanfaatkan AI ini? Bagaimana cara mengintegrasikannya ke dalam proses sales bisnis Anda?

  1. Manfaatkan data analitik untuk menentukan dan memastkan follow up sales yang sesuai

Representatif sales yang percaya diri dan fokus serta tahu apa yang menjadi target serta kesempatan yang potensial merupakan aset berharga bagi perusahaan Anda. Hal ini hanya dapat dicapai jika Anda memberikan dukungan penuh berupa adanya informasi data yang akurat mengenai target market serta prospek yang ada di dalam pipeline sales yang sudah dilakukan melalui interaksi yang diciptakan oleh tim marketing. Dengan demikian, waktu yang digunakan tidak sia-sia dengan hasil yang lebih maksimal serta besar potensinya.

Menggunakan Artificial Intelligence dalam proses sales dapat membantu transaksi menjadi lebih efektif, seperti misalnya dengan penggunaan teknik profiling customer yang sangat tersegmentasi menurut atribut dan sinyal datanya. AI dapat melakukan semua hal tersebut dan menghubungkan dengan kesempatan tanpa batas.

Artificial Intelligence
Sumber Gambar: in.reuters.com
  1. AI dapat membantu proses sales untuk memprediksi skor dari prospek dan mengarahkan teritorinya

Ketika Anda bergerak di bisnis yang mengandalkan prospek hingga akun penjualan, penting bagi bisnis Anda untuk memiliki akun-akun terbaik. Jika salesperson Anda ditugaskan meng-cover area yang tidak memiliki distribusi yang rata dan minim keberadaan akun terbaik, anggota tim Anda akan memiliki performa yang tidak merata. Melakukan analisis prediktif akan membantu Anda menempatkan salesperson Anda di teritori yang pasti memiliki potensi sesuai dengan data yang terekam.

  1. Gunakan AI untuk mengekspansi market bisnis Anda

Insight yang disediakan oleh AI dapat juga membantu sales team untuk melakukan identifikasi terhadap kesempatan yang baik untuk melakukan ekspansi. Prediksi ini dapat menjagi alat yang sesuai sementara Anda membangun arah marketing dan sales perusahaan Anda selanjutnya. Anda dapat juga menjustifikasi investasi yang Anda lakukan berdasarkan potensi pendapatan perusahaan Anda. Data-data ini dapat pula Anda gunakan untuk mem-validasi berbagai percobaan marketing dan inovasi dalam target market Anda. Investasi marketing pun akan lebih terarah dan terukur.

Artificial Intelligence
Sumber Gambar: businesscollective.com
  1. AI dapat digunakan untuk meningkatkan pengenalan market terhadap brand Anda

Dengan berpartner bersama tim marketing untuk melakukan kombinasi dan targeting akun yang terbaik sesuai prediksi, Anda dapat pula memastikan brand Anda mendapatkan exposure yang maksimum dari target market yang sesuai. Dengan mem-filter akun-akun prospek yang paling potensial, AI membantu Anda mendesain cara marketing yang personal sehingga memastikan adanya konversi.

Setiap taktik AI yang sudah disebutkan di atas tersebut dapat menjamin produktivitas dan kontribusi pendapatan dengan usaha yang seminimal mungkin. Karena itulah, Anda harus mengintegrasikan AI ke dalam aktivitas sales.

You may also like