Daftar isi
3 min read

Cara Meningkatkan Konversi Sales dengan Desain Website

Tayang 05 Februari 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Web Conversion
Cara Meningkatkan Konversi Sales dengan Desain Website

Ada banyak cara dalam meningkatkan konversi sales, salah satunya dengan desain website yang memiliki tampilan menarik, responsif, dan mudah digunakan.

Desain website ternyata berperan besar dalam menggaet pelanggan baru untuk menjelajahi semua isi situs website Anda hingga akhirnya tertarik untuk membeli sesuatu.

Apabila website yang saat ini  tidak dibangun semaksimal mungkin untuk menyediakan informasi dan melakukan transaksi, entah itu untuk menjual produk atau jasa lainnya, customer potensial dapat memilih kompetitor Anda.

Untuk mengatasinya, berikut ini cara-cara meningkatkan pengalaman terbaik lewat web, seperti:

Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Pertama, pahamilah apa kebutuhan bisnis Anda dalam sebuah website dan apa yang Anda tawarkan dalam website.

Tentukan budget, lalu temukan partner yang tepat untuk dapat membangun website, baik dari desain UI/UX, kecepatan, hingga link building.

Namun tetap sesuai dengan biaya yang Anda sediakan. Ingat selalu, apa yang Anda dapatkan akan sesuai dengan apa yang Anda bayarkan.

Pikirkan pula nama domain yang Anda buat, kebutuhan desain dan marketing dan apakah Anda memerlukan pengamanan khusus berupa lisensi dan hal lainnya untuk bisnis.

Cek tawaran hosting yang ada, bandingkan dengan yang lainnya, serta sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pilih Ukuran Images yang Sesuai

Menjual gambar yang bagus boleh saja, tapi perhatikan size atau ukuran foto tersebut.

Atur size image dalam web, karena jika terlalu besar, web Anda akan menjadi berat dan terus loading, mengusir visitor.

Loading 1 detik saja lebih lambat sanggup mengurangi konversi hingga 7%.

Batasilah Flash dan Javascript sehingga size image bisa dikontrol, sehingga user experience dan navigasi membuat pengunjung web lebih nyaman.

Gunakan Desain Minimalis dan User Friendly

Pada desain web, hampir semua pengguna internet lebih menyukai desain yang sederhana dan cenderung memiliki ekspektasi tertentu pada kategori tertentu.

Navigasi yang mudah dan opsi yang mudah diakses tanpa menunggu terlalu lama adalah kunci web yang baik.

Bagi brand yang tergolong baru, tampilan web yang menunjukkan bahwa bisnis Anda cukup bisa diandalkan akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

Tampilkan juga reviews dan logo pembayaran yang Anda terima, liputan yang menampilkan bisnis Anda dan customer Anda yang paling loyal.

Optimalkan Pengguna Mobile

Jika Anda mengabaikan desain untuk mobile site, maka Anda bisa kehilangan banyak sekali customer.

Mengingat di Amerika saja pengguna internet yang mengakses dari mobile site telah melebihi pengguna internet dari desktop sebanyak 10%. Intinya, pastikan web Anda mobile-friendly.

Pastikan Website Mudah Mengkonversi Leads

Setiap halaman pada situs Anda haruslah memiliki tujuan, karenanya setiap halaman sebaiknya menawarkan konversi tertentu.

Halaman landing atau landing page serta halaman produk harus memiliki call to action atau CTA yang jelas, sementara halaman mengenai bisnis Anda biasanya tidak menargetkan transaksi.

Adapun fitur penting yang memastikan total CTR atau click-through rate dalam website adalah dengan memberikan call to action yang jelas, menonjol dan mudah ditemukan dalam navigasi.

Jika proses pembelian saja sudah repot, maka customer Anda akan dengan mudah beralih pada kompetitor Anda.

Pastikan situs berbisnis Anda tetap terasa sisi layanan manusianya, mudah untuk bernavigasi serta memiliki desain minimalis sehingga mudah menemukan CTA atau call to action. Selamat bertransaksi!

Kategori : MarketingSales
WhatsApp WhatsApp Sales