Qontak WhatsApp

Strategi Sales Funnel: Definisi dan Cara Menerapkan pada Bisnis

Definisi dan Cara Menerapkan Strategi Sales Funnel pada Bisnis

Strategi Sales Funnel Bermanfaat dalam Aktivitas Sales, Pelajari Cara Menerapkannya!

Strategi sales funnel banyak memberikan manfaat untuk bisnis, terutama untuk aktivitas sales yang harus dilaksanakan oleh tim bisnis. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, strategi sales funnel harus diterapkan dengan cara yang baik. Untuk itulah jika Anda adalah seorang pelaku bisnis, Anda wajib mempelajari apa itu strategi sales funnel serta bagaimana cara menerapkannya pada bisnis Anda.

Berikut ini merupakan 5 strategi sales funnel serta cara menerapkannya pada bisnis Anda:

  1. Awareness (Kesadaran)
  2. Interest (Tertarik)
  3. Decision (Keputusan)
  4. Action (Tindakan)
  5. Purchase (Pembelian)

Pelajari Cara Menerapkan Strategi Sales Funnel yang Bermanfaat dalam Aktivitas Sales


Apa Itu Strategi Sales Funnel?

Strategi sales funnel merupakan sebuah rangkaian perencanaan terhadap proses penjualan pada sebuah bisnis. Strategi funneling tersebut meliputi keseluruhan proses sales mulai dari proses awal seperti menentukan prospek yang potensial dan kampanye untuk menarik minat prospek, hingga proses akhir seperti memperoleh kesepakatan jual beli sampai mengubah mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Dapat disimpulkan bahwa sales funnel strategy digunakan untuk melakukan pengukuran, pengelolaan, dan perbaikan proses penjualan produk sehingga nantinya jumlah pelanggan yang menggunakan produk Anda semakin banyak. Funneling yang dilakukan dengan baik akan memberikan banyak manfaat pada sebuah bisnis, salah satunya adalah meningkatnya jumlah pelanggan serta sales yang terjadi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Artikel Terkait: Definisi, Cara Kerja, dan Contoh Penerapan Sales Funnel


Apa Manfaat Menerapkan Strategi Sales Funnel pada Bisnis?

Penerapan sales funnel strategy membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan sehingga mendorong pelanggan untuk bertransaksi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penerapan strategi sales funnel pada bisnis:

– Memahami Pelanggan

Memahami pelanggan merupakan hal yang penting pada awal menjalankan proses bisnis. Semakin baik Anda memahami pelanggan misalnya kebutuhan mereka dan apa yang mereka sukai, maka Anda dapat menyusun berbagai rencana bisnis yang sesuai dan tertarget. Bahkan Anda dapat melihat berbagai peluang bisnis lainnya yang dapat Anda lakukan, baik yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan atau belum terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Dengan funneling, Anda juga dapat mengetahui dan memantau aktivitas situs bisnis Anda dan mencari tahu bagaimana orang terlibat dengan situs Anda. Seperti di bagian apa mereka mengklik, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di halaman tertentu, apa yang mereka cari, dan sebagainya.

– Menarik Perhatian Pelanggan

Strategi funneling dapat digunakan untuk membangun branding yang dapat memikat pelanggan. Salah satu cara yang terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat konten yang unik dan menarik untuk dibagikan pada platform yang banyak digunakan oleh target atau prospek Anda. Konten tersebut dapat berupa infografis, video, iklan dan sebagainya.

– Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Dengan memahami konsep funneling, Anda bisa membangun hubungan pelanggan dengan lebih baik. Hal sepele yang umum dilakukan namun cukup memberikan respon yang baik dari pelanggan seperti mengucapkan terima kasih atas transaksi yang mereka lakukan, menawarkan kode kupon tambahan, meminta feedback dari mereka, serta mengundang mereka untuk terlibat di media sosial dengan Anda. Semua upaya tersebut merupakan contoh penerapan dalam customer relationship management yang baik.

– Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Dapat dikatakan bahwa salah satu tujuan utama dari penerapan strategi sales funnel adalah meningkatnya produktivitas bisnis. Produktivitas bisnis ini meliputi kinerja tim bisnis, jumlah transaksi atau sales, serta tercapainya target bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.  Melalui sales funnel strategy, Anda dapat mengetahui dengan rinci proses penjualan pada bisnis Anda. Wawasan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyeleksi prospek yang potensial untuk ditindaklanjuti.


Apa Saja Strategi Sales Funnel dan Bagaimana Cara Menerapkannya pada Bisnis?

Setelah memahami definisi serta manfaat dari strategi funneling, marilah kita simak di bawah ini tentang apa saja strategi sales funnel dan bagaimana cara menerapkannya agar menghasilkan manfaat yang optimal.

1. Awareness (Kesadaran)

Strategi Sales Funnel Awareness

Salah satu peluang untuk menghasilkan kesepakatan atau transaksi jual beli adalah dengan menumbuhkan kesadaran prospek terhadap kebutuhan mereka. Untuk itu, Anda perlu mengumpulkan informasi tentang prospek kemudian menawarkan kepada mereka apa yang dapat Anda sediakan sebagai solusi. Untuk kebutuhan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM penjualan Qontak.com untuk mendapatkan detail lengkap tentang pelanggan dan percakapan Anda.

2. Interest (Tertarik)

Strategi Sales Funnel Interest

Tahapan yang selanjutnya pada strategi funneling adalah menarik minat prospek terhadap apa yang Anda tawarkan kepada mereka, baik berupa produk atau jasa. Pastikan Anda menjangkau prospek yang tertarget yaitu prospek yang sesuai dengan bisnis Anda.

Anda dapat menjangkau prospek tertarget tersebut menggunakan konten yang unik dan menarik melalui berbagai saluran bisnis. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengelola semuanya, karena Qontak memungkinkan Anda untuk beralih di antara semua proses penjualan bisnis Anda dalam satu sistem terpadu dengan mudah. Tidak ada sistem yang tumpang tindih. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat solusi penjualan yang sempurna.

3. Decision (Keputusan)

Strategi Sales Funnel Decision

Saat prospek telah menerima penawaran Anda, maka tahapan selanjutnya pada funneling adalah keputusan, prospek tersebut akan membeli atau tidak dari Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memiliki tim customer service atau tim sales yang selalu siap melayani mereka, entah itu berupa pertanyaan atau pesanan masuk. Adanya sistem notifikasi ataupun ticketing penting dalam proses sales ini karena respon yang cepat dapat meningkatkan customer experience pada bisnis Anda. Pengalaman yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memicu terjadinya transaksi bisnis.

4. Action (Tindakan)

Strategi Sales Funnel Action

Tahapan bisnis yang selanjutnya pada funneling adalah tindakan yaitu kegiatan memesan melalui customer service atau mengklik tombol pesan. Jangan biarkan pesanan yang masuk lama tertangani dan membuat pelanggan kecewa. Anda dapat menghindarinya melalui aplikasi penjualan Qontak.com. Selain itu, Anda dapat mengatur otomatisasi pada CRM untuk mengingatkan anggota tim bisnis Anda tentang peristiwa dan kejadian tertentu. Anda juga dapat membuat tugas secara otomatis berdasarkan otomatisasi berbasis pemicu secara instan.

5. Purchase (Pembelian)

Purchase

Dengan mengklik tombol pesan atau memesan secara manual melalui customer service, artinya tahapan terakhir pada sales funnel strategy telah terjadi. Namun proses bisnis sebaiknya tidak berhenti hanya disini, namun perlu ada customer monitoring lanjutan agar dapat terjadi pembelian selanjutnya.

Untuk itu, Anda dapat melakukan identifikasi tren penjualan Anda selama periode waktu mingguan, bulanan, triwulanan, dan tahunan melalui aplikasi penjualan dari Qontak.com. Anda dapat melihat laporan aktivitas bisnis untuk setiap tindakan yang diambil secara otomatis. Selain itu Anda dapat menyederhanakan pekerjaan Anda dengan wawasan dan analisis otomatis yang disediakan.


Dapatkan Aplikasi Terbaik untuk Menerapkan Strategi Sales Funnel pada Bisnis Anda!

Sales CRM Qontak.com

Anda bisa mendapatkan aplikasi terbaik untuk menerapkan strategi sales funnel dengan mudah melalui Qontak.com. Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM penjualan yang baik dan terpercaya. Terdapat lebih dari 1000 perusahaan ternama telah mempercayakan bisnisnya untuk dikelola menggunakan sistem CRM dari Qontak.com.

Salah satu keunggulan aplikasi CRM Qontak.com adalah kemampuannya untuk menghubungkan banyak saluran bisnis dan mengelolanya dalam satu platform sehingga seringkali disebut sebagai CRM Omnichannel. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menerapkan sales funnel strategy yang akan memberitahu Anda semua hal penting tentang prospek atau akun Anda dari satu laporan CRM dalam perspektif yang statis dan dinamis.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan aplikasi CRM untuk menerapkan strategi funneling dengan fitur yang lengkap, Anda dapat menghubungi tim Qontak.com atau mencoba dulu free trial yang mereka sediakan dengan cara klik opsi dibawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

0 comments

By