Qontak WhatsApp

Strategi Membuat Sebuah Konten Efektif Bagi Penjualan Brand Anda

Content Marketing Strategy

Konten marketing merupakan salah satu bentuk inbound marketing yang terdepan saat ini, dan merupakan salah satu evolusi sales dan marketing dari yang konvensional menjadi digital. Dalam melakukan konten marketing dan membuat suatu konten, Anda perlu menyusun strategi dan arahan konten yang akan membuat sebuah konten bekerja lebih efektif dan tidak hanya menjadi sekedar copywriting saja. Berikut beberapa prinsip-prinsip dasar dalam menyusun strategi konten yang unggulan dan efektif.

  1. Konten yang baik memiliki daya tarik emosional

Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh target audiens Anda bersumber dari satu hal ini: emosi. Emosi, baik positif maupun negatif, memiliki kekuatan untuk menciptakan reaksi dan hal ini mungkin dicapai dari headline atau judul konten Anda. Jika Anda berhasil menjangkau aspek emosi mereka dan memicu terjadinya suatu gejolak yang membuat mereka mempertimbangkan, Anda sudah bisa dikatakan 85% berhasil. Melalui permainan emosi, Anda dapat memicu terjadinya ketertarikan, interaksi, motivasi dan akhirnya customer yang loyal pada brand Anda.

  1. Pastikan konten Anda logis dan mampu memotivasi

Motivasi sama dengan persuasi, jadi ketika headline konten Anda sudah sanggup membuat pembaca melakukan klik untuk membaca isi dari konten Anda, maka Anda bisa menyajikan konten yang logis untuk mengakomodasi proses berpikir prospek dari brand Anda. Konten logis ini dapat berupa list atau daftar yang menghubungkan pembaca dari satu poin ke poin lain dengan subjudul untuk memberikan jeda dan menyederhanakan konten. Akhiri dengan kesimpulan yang masuk akal dan membuat pembaca berpikir serta mengambil keputusan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Content Marketing Strategy
Sumber gambar: skyword.com
  1. Pastikan konten yang Anda berikan sederhana, tidak rumit

Perhatikan bahasa yang digunakan, jangan sampai bahasa yang Anda pakai sulit dimengerti dan mudah dibaca oleh semua kalangan masyarakat dengan level edukasi yang berbeda-beda. Untuk standarnya, pastikan tulisan Anda dapat dimengerti oleh seseorang yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

  1. Konten yang baik sanggup membangun relasi dengan pembaca

Konten yang berkualitas sudah dibuat, namun tidak akan efektif jika tidak sampai ke pembaca yang Anda targetkan. Manfaatkan media sosial untuk menyebarkan konten Anda dan membangun relasi dengan pembaca. Cek apa saja feedback dan respon yang Anda terima dan gunakan hal tersebut untuk membangun koneksi dengan para target audiens.

Content Marketing Strategy
Sumber gambar: blog.thepitagroup.com

 

  1. Jagalah konten agar tetap profesional

Konten dapat bernada profesional jika Anda melibatkan seseorang yang kredibel dan memang diakui di niche market Anda. Jika Anda bukan seorang penulis, jangan ragu untuk memperkerjakan seorang spesialis konten marketing atau copywriter untuk membantu Anda menyajikan konten yang benar-benar berkualitas demi memperoleh trafik, leads dan penjualan. Orang-orang profesional ini mampu membantu Anda menyusun strategi SEO untuk membuat konten lebih mudah ditemukan.

Copywriting memang adalah bagian yang penting dari penyusunan konten untuk keperluan marketing. Karenanya, Anda perlu melatih skill Anda serta tetap update dengan berita terkini demi mencapai penjualan dan meraup keuntungan bagi brand Anda lewat konten yang berkualitas.

You may also like

By