Strategi Memasuki Bisnis Masa Depan Diungkap di Sini!

Future of Business

Apapun bisnis yang tengah Anda tekuni, hampir dapat dipastikan terdapat masa depan canggih yang menunggu Anda dan industri Anda. Keberadaan pola pikir berdasarkan riset laboratorium, pegawai yang bekerja secara remote dan berasal dari belahan dunia lain serta adanya teknologi pintar yang menunggu diadaptasi merupakan sebagian kecil dari masa depan bisnis dari berbagai industri.

Namun, Anda dan bisnis yang tengah berjalan tetap perlu mempersiapkan diri dan membekali tim Anda dengan strategi untuk menghadapi masa depan dan evolusi teknologi yang tidak terhindarkan. Bagaimana caranya?

1. Mulailah berpikir layaknya laboratorium

Coba bayangkan cara sebuah pabrik beroperasi; otomatis dan seragam, bekerja secara praktis dan dilandasi mesin semata. Jika memang bisnis Anda sudah lama bergerak dengan cara demikian, Anda mungkin tidak perlu terlalu merubah strategi Anda meski tetap memerlukan penyesuaian agar bisa meningkat ke puncak. Tentukan suatu hipotesa dan lakukan pengetesan terhadap perkiraan yang dibuat tersebut demi pengembangan bisnis Anda. Lihat apa yang berhasil, lakukan hipotesa lainnya dan tes kembali, libatkan setiap anggota tim untuk bersama-sama menganalisis hipotesa dan prakteknya, lalu lakukan perbaikan dari sana sekaligus membiasakan tim Anda dengan pola yang baru.

2. Bersiaplah keluar dari gedung perkantoran dan pindah ke ruang kerja virtual

Teknologi kini memungkinkan bisnis dilakukan dari manapun sehingga hampir tidak diperlukan lagi anggota tim yang hadir langsung di kantor dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore setiap harinya. Semua anggota tim Anda pun pastinya sudah mengerti akan konsep ini dan memulai memberlakukan fleksibilitas untuk dapat bekerja dari rumah. Perubahan di fleksibilitas jam dan lokasi kerja ini akan memberikan rasa dipercayai dan adanya keseimbangan dalam kehidupan bekerja karyawan, yang diharapkan dapat menambah produktivitas dan rasa tanggung jawab.

Future of Business
Sumber Gambar: tech2date.com

 

Selain itu, Anda dapat pula mempertimbangkan mempekerjakan karyawan dari belahan dunia lain atau kota lain mengingat adanya metode file sharing yang efisien serta adanya pilihan konferensi video untuk berkomunikasi. Anda dapat bekerja sama dengan orang yang paling berkualitas dari mana saja di seluruh dunia.

3. Adanya teknologi pintar yang siap diadopsi

Beberapa dekade terakhir, teknologi sudah jelas mengalami perkembangan pesat dan tidak terkira sebelumnya. Adopsi teknologi semakin dibutuhkan karena jika tidak dilakukan Anda dan bisnis akan semakin tertinggal dengan perkembangan. Menjadi early adopter dapat membuat bisnis Anda memiliki kelebihan dan kecepatan dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.
Seiring dengan perkembangan, pastikan bisnis Anda juga melihat kesempatan untuk membangun teknologi baru yang semakin memudahkan apa saja yang diperlukan oleh bisnis Anda. Kemudahan tersebut akan sangat menghemat waktu, tenaga hingga pengeluaran bisnis Anda.

Future of Business
Sumber Gambar: smallbiztrends.com

Siapkah Anda mengadopsi teknologi terbaru dalam bisnis Anda? Strategi seperti apa yang Anda implementasikan?

You may also like