Qontak WhatsApp

Strategi Media Sosial Brand Terkenal untuk Diaplikasikan

Social Media Strategy

Brand-brand terkenal dunia tetap bisa menjadi nomor satu di industrinya masing-masing dengan menerapkan berbagai strategi agar tetap terkoneksi dengan para customer dan target market mereka. Di dunia digital, hal ini terjadi secara efektif lewat media sosial, dan inilah berbagai strategi media sosial brand besar yang dapat Anda terapkan.

  1. Taco Bell

Taco Bell merupakan salah satu brand makanan cepat saji yang tersebar dan populer di Amerika. Sejauh ini, Taco Bell merupakan brand makanan yang secara efektif menggunakan polling di Twitter dan memanfaatkan endorsement selebriti. Baru Oktober lalu Twitter merilis pilihan polling-nya, Taco Bell sudah menjadi early adapter. Polling pertama yang mereka tampilkan menanyakan customer mereka mengenai rasa Doritos Lcos apa yang menjadi favorit mereka, yang efektif untuk mengundang interaksi para pengonsumsi setia Taco Bell. Berikutnya, mereka kembali menarik polling yang ditargetkan bagi fans mereka yang masih duduk di bangku kuliah dan memanfaatkan momentum football game dengan mengajak fans untuk menebak skor, sehingga berhasil mengumpulkan total 26,000 votes. Taco Bell juga dengan sengaja memanfaatkan ketenaran selebriti yang menjadi brand ambassador mereka di Twitter lewat retweets.

Social Media Strategy
Sumber gambar: consumerist.com
  1. McDonald’s

McDonald’s sudah tidak perlu diragukan lagi ketenaran dan jumlah konsumennya di seluruh dunia. Di media sosial, apa yang dilakukan brand ini adalah memanfaatkan platform Instagram untuk mengubah menu mereka menjadi menu cantik yang menarik untuk di-share fotonya. Dengan strategi ini, McDonald’s memberikan alasan bagi para fans untuk mem-follow akun Instagram resmi mereka, yaitu untuk melihat foto cantik terkini dari menu yang biasa mereka pesan.

  1. KFC

Saingan McDonald’s di Indonesia; KFC, memanfaatkan konten video untuk mengekspresikan nilai brand-nya, yang secara aktif dilakukan oleh KFC Filipina via laman Facebook-nya. Menyambut liburan akhir tahun kemarin, KFC Filipina memproduksi video bertemakan Thanksgiving dan Natal yang erat nilai kekeluargaan dan semangat memberinya. Video ini menjadi sangat viral karena mewakili keluarga Filipina tipikal secara sukses. Meski hanya berupa drama yang dibintangi salah satu karyawan KFC, video yang menyentuh aspek emosional ini berhasil ditonton lebih dari 900,000 kali. Video lainnya, menampilkan selebriti lokal yang mempromosikan kampanye Deliver It Forward, yang memberikan kesempatan meneruskan kebaikan lewat pemberian se-bucket ayam KFC yang dapat diteruskan ke orang lain juga meraih kesuksesan yang serupa.

Social Media Strategy
Sumber gambar: youtube.com
  1. In-N-Out

Franchise burger Amerika In-N-Out memiliki fans dan konsumen yang sangat loyal dengan struktur bisnis yang sudah sangat bagus dan komitmen dalam bisnis makanan untuk menyediakan bahan makanan yang terbaik. Karenanya, meskipun mereka jarang melakukan postingan dalam frekuensi yang sering, halaman Facebook mereka merupakan tempat penyedia informasi dan platform interaksi yang tetap didatangi para fans-nya. Bagian terbaik yang dapat diadaptasi dari brand ini adalah manajemen halaman Facebook yang baik, yang ditunjukkan dari cara mereka merespon setiap komentar dan pertanyaan yang masuk. Cara In-N-Out melakukan respon begitu baiknya karena membuat fans merasa dianggap dan membuat konsumer merasa sedang berbicara dengan orang sungguhan. Mereka selalu merespon dalam waktu kurang dari satu jam, yang masih sulit dilakukan oleh brand lainnya. Di sinilah In-N-Out menetapkan statusnya sebagai brand favorit.

Pastikan kehadiran brand Anda di media sosial tetap terjaga dalam frekuensi update yang tidak bersifat spamming, informatif, bermanfaat dan dengan tepat membuat para fans ingin terlibat.

You may also like

By