Daftar isi
8 min read

Manfaat, Jenis dan Strategi Digital Marketing Bisnis

Tayang 10 Maret 2023
Diperbarui 13 Maret 2024
5 Strategi Digital Marketing Bisnis
Manfaat, Jenis dan Strategi Digital Marketing Bisnis

Penerapan strategi digital marketing yang tepat dapat mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis. Terlebih pelanggan saat ini lebih banyak mencari informasi mengenai produk atau brand melalui internet.

Sebuah survei menunjukan sekitar 92% konsumen melakukan riset online sebelum memutuskan berbelanja baik secara online maupun offline.

Oleh karena itu, peran digital marketing sangat penting untuk mempermudah pelanggan mengenal produk bisnis sehingga mau bertransaksi.

Lalu strategi digital marketing seperti apa yang tepat diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu?

5 Strategi Digital Marketing Bisnis


Apa itu Strategi Digital Marketing Bisnis?

Strategi digital marketing adalah teknik yang digunakan bisnis dalam memasarkan produknya melalui media digital atau internet.

Tujuan bisnis melakukan digital marketing adalah untuk menjangkau pelanggan dan prospek lebih luas.

Maraknya pelaku bisnis yang menerapkan strategi digital marketing, mereka saling berkompetisi membuat konten yang menarik.

Beberapa contoh strategi pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.


Apa Manfaat Bisnis Menerapkan Strategi Digital Marketing?

Digital marketing adalah metode pemasaran yang sangat diminati saat ini. Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat yg didapatkan oleh bisnis setelah menerapkan strategi digital marketing yang tepat, diantaranya sebagai berikut:

  • Membangun personal atau produk branding yang kuat
  • Menjangkau pelanggan yang lebih luas
  • Tidak dibatasi tempat atau lokasi tertentu
  • Efektif dan lebih murah
  • Menyediakan banyak pilihan konten menarik
  • Modern dan mudah disesuaikan

Apa saja Jenis Digital Marketing pada Bisnis?

Luasnya dunia maya, membuat bisnis harus pintar untuk memilih media pemasaran. Maka dari itu, sebelum menyusun strategi digital marketing, ada baiknya mengetahui media mana saja yang umum digunakan untuk memasarkan produk. Berikut adalah jenis-jenis digital marketing yang umum digunakan bisnis untuk memasarkan produk lewat internet:

– Website

Setiap bisnis biasanya memiliki website tersendiri sebagai toko online. Selain itu kehadiran website yang dilengkapi dengan chat juga menunjukan profesionalisme perusahaan, membantu prospek mencari tahu informasi lengkap tentang perusahaan Anda seperti promosi, katalog produk, cara menghubungi Anda dan lainnya.

– Search Engine Marketing

Website yang telah Anda buat, harus dikelola dengan baik sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan. Anda harus bersaing dengan kompetitor untuk tampil dihalaman pertama dalam sistem mesin pencari. Oleh karena itu Anda perlu memaksimalkan Search Engine Marketing yang terdiri dari Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO membutuhkan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

– Social Media

Promosikan produk Anda pada platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Pemasaran melalui sosial media ada yang berbayar, ada pula gratis. Tergantung kemampuan perusahaan masing-masing. Namun yang jelas promosi melalui social media dapat meningkatkan brand perusahaan.

– Iklan online

Apabila sosial media dan website saja tidak cukup, Anda bisa memanfaatkan media promosi melalui internet dengan berbayar seperti google ads. Cara ini tentu akan mendorong Anda mendapatkan pelanggan lebih cepat. Namun membutuhkan biaya relatif mahal.

– Video Marketing

Cara ini mulai populer seiring dengan perkembangan teknologi. Sebab sebagian pelanggan yang menyukai visual akan lebih tertarik dengan tayangan video. Melalui video, bisnis lebih mudah menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

– Email Marketing

Digital marketing ini paling banyak dimanfaatkan bisnis. Dimana Anda bisa mengirimkan email blast yang berisi promosi informasi penting langsung ke pelanggan. Untuk mempermudah mengirimkan email marketing, bisnis biasanya dibantu oleh aplikasi CRM yang memiliki tools email blast seperti Qontak.com.


5 Strategi Digital Marketing yang Mudah Dilakukan Pelaku Bisnis Pemula

Saat ini, mungkin Anda telah mencoba memasarkan produk melalui internet. Beberapa mungkin ada yang berhasil, tapi tidak sedikit pula yang gagal.

Salah satu opsi yang bisa digunakan oleh bisnis baru dalam menjalankan strategi digital marketing adalah menggunakan agensi digital marketing seperti ToffeeDev. Dengan bantuan dari penyedia jasa profesional, Anda bisa meraih hasil yang lebih optimal.

Berikut 5 Tips strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan branding bisnis Anda adalah

1. Membuat Content Marketing

Content-Marketing-Strategi Digital Marketing

Menciptakan content marketing berkualitas bukanlah pekerjaan mudah. Hal itu bisa dibuktikan dari sedikitnya perusahaan yang berhasil menjalankan content marketing mereka. Karena itu banyak perusahaan yang menganggap bahwa membuat content marketing berkualitas merupakan tantangan. Dan banyak perusahaan yang mengalokasikan investasi dalam jumlah besar untuk content marketing. Beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan pemasaran konten B2B di antaranya media sosial, artikel pada blog, video, infografik, dan newsletter.

2. Menguasai SEO

Search Engine Optimization (SEO) sudah menjadi hal penting kedua yang harus dipahami saat akan menjalankan digital marketing. SEO juga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan B2B agar dapat mencapai ranking tertinggi pada mesin pencari. Sebab di setiap waktunya SEO selalu mengalami perubahan dalam menentukan tingkat ranking pada mesin pencari.

3. Menggunakan Otomasisai Marketing

Automation-Strategi Digital Marketing Bisnis

Otomasi marketing atau pemasaran otomatis juga menjadi hal penting bagi sebuah bisnis model B2B untuk masuk ke dalam strategi digital marketing-nya. Pasalnya, strategi optimasi pemasaran ini mudah untuk dijalankan dan diukur.

Kendati dulu untuk bisa menggunakan otomasi pemasaran membutuhkan biaya besar, tapi saat ini sudah dapat digunakan dengan biaya relatif terjangkau. Bahkan untuk perusahaan berskala kecil dan menengah pun bisa menikmati layanan otomasi pemasaran untuk saat ini.

4. Mengirimkan Email Marketing

email-marketing-Strategi Digital Marketing

Email marketing kadang kala dianggap sebagai cara usang dalam strategi digital marketing.  Nyatanya email marketing masih dapat menjanjikan peluang keberhasilan.  Email marketing masih dianggap sebagai senjata ampuh dalam digital marketing sebab konten langsung dapat tertuju ke target market.

5. Analisis dan Kembangkan

Dalam sebuah strategi jangan lupakan komponen terakhir ini. Analisis sangat perlu dilakukan saat perusahaan menjalankan strategi digital marketing.

Tujuannya agar dapat mengetahui komponen digital marketing yang efektif dan yang tidak.

Sehingga perusahaan dapat menentukan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan komponen yang dirasa perlu dan membuang yang dirasa tak perlu.

Dalam hal ini perusahaan juga harus dapat memilih dan menguasai tools analisis yang tepat untuk masing-masing komponen, seperti tools untuk media sosial, email, blog dan sebagainya.

Di luar sana, terdapat banyak tools yang bisa digunakan untuk menganalisis tingkat keberhasilan dan efektivitas masing-masing komponen.

Baca juga: 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik!


Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda?

Alasan utama pentingnya digital marketing adalah meningkatkan peluang bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan cara efektif dan efisien.

Berikut ini hal-hal yang dapat memperkuat keyakinan Anda pentingnya digital marketing, meliputi:

1. Hemat Biaya

Pentingnya digital marketing untuk menghemat biaya

Digital marketing bisa dilakukan mulai dari tanpa biaya (postingan di media sosial) hingga budget yang terencana (Misalnya melalui Facebook Ads dan Google Ads). Meski mengeluarkan biaya, digital marketing hanya akan memakan biaya yang jauh lebih sedikit.

Dibandingkan dengan cara promosi konvensional seperti memasang iklan di media cetak atau memasang iklan di billboard di jalanan, cara ini akan sangat lebih nyaman dan hemat bagi para pemilik bisnis kecil.

2. Digital Marketing Dapat Diukur

Dapat diukur- Pentingnya digital marketing

Setiap harinya, Anda dapat mengakses data analitik pada setiap promosi yang sudah Anda lakukan dimanapun itu, mulai dari di web bisnis Anda hingga di akun-akun media sosial bisnis Anda tersebut.

Anda bahkan dapat pula mengukur email marketing, SEO, Pay-per-click, sponsor dan apapun itu selama semuanya terjadi di dunia digital.

Bagi marketing profesional, lakukan sales funnel yang terukur di setiap fasenya bagi target market yang berbeda-beda, dan hal ini akan membantu Anda mengetahui fase seperti apa yang harus Anda perbaiki performanya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Jangkauan yang jelas dan lebih luas

Jika selama ini Anda hanya dapat melempar promosi ke tempat yang terbuka tanpa tahu efek dan seberapa jauh iklan tersebut menjangkau target market tanpa ukuran yang pasti.

Melalui digital marketing, Anda dapat menjangkau market yang benar-benar tertarget, serta membayar hanya ketika klik terjadi. Hingga klik terjadi, jangkauannya dapat semakin meluas.

4. Digital marketing Tidak Mengganggu

Pentingnya digital marketing tidak mengganggu seperti media mass

Mass marketing merupakan cara promosi konvensional yang selama ini bisa dibilang hampir menyerupai spamming dan sedikit mengganggu orang yang ingin menikmati konten tanpa ada hambatan dari iklan.

Marketing yang menginterupsi ini merupakan marketing konvensional yang harus dihindari karena para pengguna internet dan penikmat brand yang sudah melek digital.

Pastikan Anda tidak melakukan spamming di media sosial dan pastikan konten yang Anda tampilkan sudah dipasangi SEO.

5. Selalu Mendatangi Tempat Audiensnya Berkumpul

Marketing digital selalu mendatangi tempat dimana audiensnya banyak berkumpul

Di dalam medium marketing konvensional, praktek ini sebenarnya sudah dilakukan dengan adanya pemasangan iklan di media cetak atau di daerah yang demografis penduduknya banyak sesuai dengan target market bisnis Anda. Namun, hal ini belum tentu berhasil dengan performa yang sama sekali tidak dapat diukur.

Lain halnya dengan marketing digital, Anda dapat memilih ke mana dan di mana Anda akan melakukan promosi, dan hal ini dapat disesuaikan dengan di mana target market Anda banyak berada, seperti di forum dan platform media sosial tertentu.

Kelola Strategi Digital Marketing Bisnis Anda Sekarang!

Strategi digital marketing menentukan keberhasilan pemasaran online bisnis Anda. Selain harus menyusun strategi digital marketing, Anda juga perlu mengelola pemasaran online tersebut.

Tujuannya untuk mengetahui apakah strategi yang dijalankan mampu meningkatkan konversi dan penjualan. Salah satu tools marketing yang paling banyak digunakan untuk mengelola digital marketing adalah aplikasi CRM.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang telah dipercaya lebih dari + 1000 perusahaan.

Aplikasi CRM Qontak.com terintegrasi dengan sistem Omnichannel yang menghubungkan berbagai saluran seperti WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Email, Website, Twitter dan sebagainya.

Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola dan memantau digital marketing bisnis Anda.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales