Solusi Berikut Ini Membantu Anda Merubah Wajah Promosi Bisnis Menjadi Lebih Modern

Modernizing Promotion

Tahukah Anda berapa banyak customer yang sudah mengadopsi transaksi dan pembelajaan online? Total 80% masyarakat dan konsumer zaman sekarang memulai perjalanan berbelanja dan pemenuhan kebutuhannya di dunia digital. Memang, toko fisik masih tetap populer dan pada akhirnya banyak orang tetap setia pada model transaksi langsung yang lebih aman dan terjamin. Meski demikian, keberadaan customer di dunia online-lah yang kemudian menggerakkan kaki mereka ke toko fisik untuk bertransaksi. Jadi, tahapan marketing digital tetaplah penting untuk dieksplorasi dan dipastikan efektivitasnya.

Dengan mengombinasikan teknologi serta toko fisik, bisa dibayangkan dampak dan jangkauan yang dapat dimiliki oleh sebuah bisnis. Ini dia tiga solusi yang memperluas dan menjamin keberhasilan serta efektivitas koneksi bisnis dengan wajah yang lebih modern.

1. Menggiring prospek datang ke toko fisik dengan “mercusuar digital”

Banyak sekali bisnis yang mengawali bisnis dengan masuk ke dunia digital dan mengumpulkan massa serta pengikut yang memahami serta loyal terhadap bisnis Anda sebelum beralih ke toko fisik. Hal yang sama dapat Anda lakukan meskipun Anda mengawali bisnis secara offline. Pengalaman interaktif dengan bisnis Anda sangat mungkin diwujudkan dengan promosi secara digital. Jika Anda memiliki toko fisik lebih dahulu, Anda dapat memasangkan notifikasi pada siapa saja yang mengunjungi toko Anda sehingga mereka tidak lepas dari update produk dan jasa Anda. Manfaatkan data yang tersedia mengenai customer untuk melakukan penargetan yang tepat sasaran serta sesuai dengan kecenderungan personal masing-masing customer.

Modernizing Promotion
Sumber Gambar: wecanbuildyourbusiness.com

 

2. Lakukan clienteling untuk meningkatkan konversi dan melakukan upsell

Meningkatkan konversi dan kenaikan respon prospek terhadap call to action yang Anda sediakan tentunya menjadi tujuan bisnis dunia digital. Karenanya, dalam memberikan pengalaman terbaik bagi customer, pemilik bisnis konvensional berupa toko fisik justru memiliki keunggulan dalam memanfaatkan dunia digital. Salah satu keunggulan digital ada pada aplikasi clienteling. Aplikasi yang demikian ini merupakan teknik yang digunakan oleh toko fisik sehingga relasi dengan customer berdasarkan data dan kecenderungan personal customer tetap terjaga dengan baik. Clienteling memungkinkan pemilik bisnis merekam jejak semua customer dan aktivitas mereka di media sosial dan kecenderungan berbelanjanya. Pendekatan dan interaksi customer pun menjadi lebih personal dan sesuai dengan apa yang memang dicari oleh customer sehingga upsell pun dapat dilakukan. Salah satu contoh kegiatan clienteling adalah retargeting, di mana customer terus “dihantui” dan diingatkan mengenai produk atau jasa yang sempat dikunjunginya secara online. Interaktivitas yang demikian juga membuat komunikasi dengan customer berlangsung secara lebih efektif.

Understanding Digital Business
Sumber Gambar: realbusiness.co.uk

3. Dorong terjadinya kunjungan berulang di dunia digital

Dalam melakukan modernisasi kegiatan marketing di toko fisik, kegiatan promosi digital seperti email marketing yang dilakukan secara konsisten akan menjadi kunci. Bagaimana bisa? Predictive intelligence dan digital receipt-lah jawabannya. Para pebisnis, khususnya di bidang retail di masa percepatan digital seperti saat ini, memiliki kesempatan menyebarkan email yang kemungkinan diakses dan diklik-nya lebih besar daripada praktek email marketing di zaman sebelumnya.
Digital receipts bahkan mampu membantu para marketer retail dalam menggunakan medium promosi yang memungkinkan terjadinya kunjungan berulang dengan memanfaatkan nilai diskon. Di sinilah, implementasi Artificial Intelligence alias AI juga dilaksanakan.

Apakah Anda siap merubah wajah toko fisik dengan adaptasi promosi digital yang sesuai?

You may also like

× Contact Us!