Software Untuk Mengelola KPI Perusahaan

KPI software

Adakah software yang dapat digunakan untuk mengelola KPI perusahaan?

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada software untuk mempermudah pengelolaan KPI perusahaan, jawabannya adalah: ya, ada! Software apa yang dapat digunakan?

Pengertian KPI

Sebelumnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu KPI atau key performance indicator.

Organisasi atau perusahaan menggunakan KPI pada berbagai tingkatan untuk mengevaluasi kesuksesan mereka dalam mencapai target. KPI pada tingkat tinggi berfokus pada kinerja keseluruhan bisnis, sedangkan pada tingkat yang lebih rendah, KPI berfokus pada proses yang berjalan di departemen-departemen seperti sales, marketing, HR, support, dan lainnya.

KPI digunakan untuk melakukan perkembangan bisnis secara strategis dan operasional, sehingga dapat menciptakan dasar analitis dalam pengambilan keputusan serta membantu untuk berfokus pada hal-hal yang penting.

Untuk menentukan KPI, kita harus menentukan target terlebih dahulu, yaitu capaian kinerja yang diinginkan, serta melacak kemajuan dalam mencapai target tersebut. Menentukan KPI berarti meningkatkan leading indicators yang dapat memacu keuntungan yang sebelumnya terhambat. Leading indicator merupakan pemacu kesuksesan di masa depan, sedangkan lagging indicator menunjukkan kesuksesan yang dicapai organisasi di masa lalu.

Bagaimana cara menentukan KPI?

Dalam artikel sebelumnya yaitu Cara Mudah Menentukan dan Mengelola Key Performance Indicator (KPI), telah dijelaskan bahwa terdapat 5 hal utama yang menjadi dasar penentuan KPI.

  1. SPECIFIC – KPI harus jelas tentang apa yang akan diukur dan mengapa hal tersebut penting
  2. MEASURABLE – KPI harus dapat diukur dengan standar yang ditentukan
  3. ACHIEVABLE – KPI harus dapat dipenuhi
  4. RELEVANT– KPI harus mengukur sesuatu yang penting dan meningkatkan kinerja
  5. TIME-BOUND – KPI dapat dicapai dalam kerangka waktu yang disepakati

Terdapat banyak indikator KPI yang dapat diukur. Anda mungkin bingung untuk menentukan mana saja indikator yang penting dan benar-benar berfungsi untuk menilai kemajuan bisnis Anda. Dalam mengukur target penjualan, terdapat beberapa indikator yang wajib diukur. Indikator-indikator tersebut dikelompokkan menjadi 3 jenis indikator, yaitu:

  1. Indikator kegiatan

Meliputi jumlah rapat pertama dan menghubungi klien baru

  1. Indikator perilaku

Meliputi nilai total peluang dan durasi rata-rata pada tiap tahap penjualan

  1. Indikator hasil

Meliputi pendapatan dan keuntungan penjualan, tingkat konversi, penjualan baseline, dan nilai penjualan rata-rata.

Selengkapnya mengenai 8 Indikator KPI yang Wajib Anda Ukur untuk Memenuhi Target Penjualan.

Anda juga dapat melihat KPI apa saja yang penting untuk kesuksesan sales Anda pada 13 Most Important KPI for Sales Success.

Software Untuk Mengelola KPI Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian KPI, cara menentukan KPI, serta indikator apa saja yang penting, Anda perlu suatu sistem software atau aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengelola penilaian KPI perusahaan. Dengan bantuan aplikasi, Anda tidak perlu mengelola KPI secara manual. Indikator-indikator yang ingin dicapai dapat dimasukkan ke dalam sistem dan penilaian dapat dilihat secara otomatis.

Salah satu software yang dapat membantu pengelolaan KPI adalah aplikasi CRM. CRM atau customer relationship management merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi pada calon pelanggan dan pelanggan Anda. CRM banyak digunakan oleh tim sales dan marketing karena membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain membantu meningkatkan penjualan, aplikasi CRM dapat digunakan sebagai tools untuk mengelola KPI.

Apa saja yang dapat dilakukan sebuah software CRM dalam membantu mengelola KPI?

CRM Qontak sebagai salah satu tools KPI di Indonesia memiliki beberapa fitur. Pada tampilan dashboard, Anda dapat mengatur indikator yang ingin dilihat sesuai kebutuhan. Semua grafik yang ditampilkan dapat diunduh dalam bentuk PDF maupun Excel sebagai laporan KPI dalam perusahaan Anda. Beberapa indikator yang dapat dilihat pada sistem CRM antara lain:

  • Jumlah closed deals dan jumlah deals per tahapan

Software CRM membantu Anda untuk melihat berapa jumlah closed deals yang dilakukan oleh masing-masing pegawai. Sistem akan secara otomatis menunjukkan siapa 3 pegawai teratas dan 3 pegawai terendah yang melakukan closed deals. Selain itu Anda juga dapat melihat berapa jumlah deals yang sedang berlangsung per tahapan.

software KPI

  • KPI tugas berdasarkan status

Pada grafik ini Anda dapat melihat berapa jumlah tugas yang dilakukan oleh tiap pegawai dan tahapan pada tugas tersebut.

  • Konversi deals pipeline

Di sini Anda dapat melihat konversi jumlah per tahapan pada deals yang berlangsung.

  • Jumlah kontak, perusahaan, dan deals yang dilakukan tiap pegawai

Di sini Anda dapat melihat berapa jumlah kontak, perusahaan, dan deals yang dilakukan tiap pegawai. Anda dapat mengatur kurun waktunya, misalnya jumlah di bulan ini, bulan lalu, atau tahun ini. Anda juga dapat melihat jumlahnya berdasarkan klasifikasi jenis kontaknya sesuai dengan data yang Anda masukkan di sistem.

software KPI

  • Pelacakan kehadiran dengan live GPS

Di sini Anda dapat melacak kehadiran pegawai Anda dengan melacaknya menggunakan fitur live GPS. Anda dapat meminta pegawai Anda melakukan check-in setiap hari sehingga dapat memantau kehadiran mereka. Anda juga dapat melihat laporan hasil check-in harian dan bulanan dalam bentuk Excel.

Qontak sebagai solusi software CRM untuk mengelola KPI Anda

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh software CRM, pengelolaan KPI bisnis Anda dapat menjadi sangat mudah. Software CRM Qontak adalah software KPI Indonesia yang memiliki kelebihan-kelebihan di atas dalam satu platform. Dengan Qontak, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan penilaian terhadap KPI yang ingin dicapai.

Qontak memastikan KPI bisnis Anda terkelola dengan baik. Segera hubungi kami untuk solusi software KPI bisnis Anda.

× Contact Us!