Qontak WhatsApp

Software untuk Customer Service: 3 Pilihan Terbaik

software-untuk-customer-service

Kenali Software untuk Customer Service terbaik untuk bisnis Anda!

Software untuk customer service merupakan sebuah upaya atau solusi dalam meningkatkan layanan pelanggan melalui penggunaan sebuah aplikasi. Hal ini penting karena dalam dunia bisnis, pelanggan adalah rajanya, sedangkan customer service adalah ujung tombak perusahaan.

Jika tidak percaya, mari belajar dari 10 bisnis dengan pelayanan pelanggan terbaik yang dirangkum dalam SindoNews. Salah satu alasan bisnis tersebut dapat menjadi besar adalah karena mereka mengutamakan pelayanan pelanggan.

Sebut saja seperti Amazon yang saat ini merajai dunia e-commerce, atau Hilton yang sudah sangat terkenal dalam bidang usaha hotelnya. Perusahaan-perusahaan tersebut menjadikan kepuasan pelanggan nya sebagai hal utama dalam menjalankan bisnisnya, tidak heran jika bisnis mereka berkembang sangat pesat. Untuk itu, mari kita mempelajari lebih jauh tentang aplikasi yang bagus untuk customer service yang dapat Anda gunakan pada bisnis atau perusahaan Anda.

Top 3 Software untuk Customer Service di Indonesia:

  1. Qontak.com
  2. Freshdesk
  3. Hubspot

Apa itu Software untuk Customer Service?

Software untuk customer service adalah perangkat digital yang digunakan bisnis untuk membantu melayani pelanggan. Customer service software memiliki kemampuan untuk memonitoring, mengelola serta mendorong peningkatan layanan pelanggan dengan mengotomatisasi sebagian tugas tim CS, seperti respon otomatis (auto reply), routing agent, menyimpan atau merekam data otomatis dan masih banyak lainnya.

Customer service software telah banyak digunakan bisnis karena diyakini sebagai cara terbaik yang dapat ditempuh untuk meraih kesuksesan. Sebab selain menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, customer service software juga mampu meningkatkan loyalitas mereka. Hal ini berdampak positif bagi bisnis yakni peningkatan penjualan serta pendapatan.

Baca penjelasan singkat mengenai software untuk customer service pada presentasi slide di bawah ini:


Apa Saja Jenis-Jenis Software untuk Customer Service?

Ada beberapa jenis software untuk customer service yang perlu dimiliki oleh perusahaan agar dapat meningkatkan kinerja tim CS dalam melayani pelanggan. Di bawah ini kami akan membahas 5 jenis software atau aplikasi customer service:

1. Aplikasi Shared Inbox dan Helpdesk

Software untuk Customer Service Share Inbox Helpdesk

Aplikasi untuk customer service ini merupakan aplikasi khusus yang dapat dibuka dan digunakan oleh beberapa orang sekaligus. Selain itu aplikasi ini memiliki fitur tambahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, serta melaporkan komunikasi yang terjadi dengan para pelanggan oleh beberapa CS sekaligus. Software ini biasanya diintegrasikan dengan Aplikasi CRM agar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

2. Aplikasi Service Desk

Software untuk Customer Service Aplikasi Service Desk

Serupa dengan aplikasi helpdesk, aplikasi customer service ini digunakan oleh IT management service yang berfungsi untuk mengelola ticket, mengubah request, melakukan konfigurasi service, serta untuk mengelola urusan licence.

3. Sistem Chat dan Pesan pada Customer Service Software

Software untuk Customer Service-Sistem Chat

Sistem chat dan pesan yang populer digunakan oleh banyak bisnis dan perusahaan saat ini. Salah satu contohnya adalah live chat atau chatbot, misalnya WhatsApp Chatbot. Sistem customer service ini berfungsi untuk membantu perusahaan dalam memberikan respon kepada pelanggan selama 24/7 dengan lebih efektif dan efisien.

4. Call Center pada Software untuk Customer Service

Software untuk Customer Service-Call Center

Layanan call center merupakan salah satu jenis software untuk customer service  yang menggunakan sistem cloud telepon dalam berinteraksi dengan pelanggan. Jenis layanan ini tetap menjadi pilihan yang banyak disukai oleh pelanggan, terutama pelanggan yang membutuhkan tanggapan serta penanganan secara cepat dan tepat dari tim CS.

5. Aplikasi CRM (Customer Relationship Management)

Software CRM merupakan aplikasi yang bagus untuk customer service karena tugas utamanya adalah membangun dan menggunakan database informasi pelanggan yang dapat mempertahankan pelanggan serta meningkatkan penjualan. Dengan adanya sistem CRM yang dijalankan pada perusahaan, perusahaan tersebut akan memperoleh banyak manfaat serta menghindari berbagai kendala bisnis yang umum terjadi pada sebuah bisnis.

Software untuk Customer Service-Aplikasi CRM


Apa Manfaat Bisnis Menggunakan Software untuk Customer Service?

Customer service software dipilih bisnis karena memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Salah satu manfaat utama penggunaan customer service software meningkatkan layanan pelanggan. Hal ini sangat penting di tengah persaingan bisnis ketat saat ini, pelanggan memilih bertransaksi tidak hanya dipengaruhi kualitas produk saja, tapi juga kualitas layanan pelanggan yang disediakan bisnis.

Selain itu, manfaat bisnis menggunakan customer service software diantaranya adalah

  • Menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam nonstop dengan bantuan fitur autoresponder yang akan menjawab pertanyaan sederhana secara otomatis, meski diluar jam kerja.
  • Meningkatkan produktivitas tim support dan agen customer service, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, konsisten, dan mendetail.
  • Memonitoring seluruh riwayat percakapan pelanggan dalam satu tampilan dashboard
  • Mengorganisir dan menyimpan data pelanggan terpusat, sehingga memudahkan tim support dan CS mengakses data tersebut saat dibutuhkan.
  • Merespon pelanggan lebih cepat dengan banyaknya agen yang yang bisa akses customer service software dan adanya fitur Chatbot.
  • Mengukur dan memantau kinerja tim support dan agen CS secara Hal ini membantu Anda melihat trend dan kinerja tim sehingga dapat menentukan mana yang harus ditingkatkan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Fitur Penting pada Software untuk Customer Service Bekerja?

Ada berbagai macam fitur yang terdapat pada software untuk customer service, yang beberapa diantaranya cukup penting untuk ada pada sebuah aplikasi customer service. Secara umum fitur-fitur tersebut dikategorikan dalam 6 hal berikut ini:

– Mengumpulkan

Fitur ini bertugas untuk mengumpulkan semua data serta interaksi pelanggan. Fungsi ini biasanya ditemukan pada Aplikasi CRM.

– Mengorganisir

Software untuk Customer Service-Mengorganisir TIket

Ini merupakan fitur yang wajib ada pada sebuah aplikasi untuk customer service karena data atau interaksi yang disimpan oleh sistem harus dapat diorganisir atau dikelola dengan baik. Dengan demikian, tim CS dapat memahami serta merespon dengan cepat dan tepat terhadap setiap ticket yang masuk pada sistem. Fitur dengan sistem seperti ini dapat dijumpai pada Aplikasi CRM.

– Kolaborasi

Kolaborasi yang baik antar tim dari divisi yang berbeda tentu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Beberapa contoh manajemen CS yang buruk dapat dihindari dengan adanya fitur kolaborasi ini.

– Merespon Pelanggan

Fitur ini meliputi berbagai cara yang dapat digunakan untuk memberikan respon terhadap pelanggan, seperti dalam menjawab pertanyaan atau permintaan pelanggan. Bentuk dari fitur ini dapat berupa chat template, autoresponder, maupun chatbot.

– Integrasi

Software untuk Customer Service-Integrasi

Saat ini telah banyak sistem customer service yang dilengkapi dengan fitur integrasi langsung dengan sistem atau saluran lainnya, biasanya dikenal dengan fitur Omnichannel.

– Analisis dan Pelaporan

Software untuk Customer Service-Analisis

Aplikasi yang bagus untuk customer service harus memiliki fitur analisis dan pelaporan. Hal ini disebabkan karena fitur ini dapat membantu perusahaan untuk lebih memahami tentang apa yang sedang terjadi dalam bisnis mereka, serta langkah apa yang perlu diambil terhadap kondisi tertentu. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengukur KPI customer service pada perusahaan. Fungsi-fungsi ini juga dapat ditemukan pada Aplikasi CRM.


Apa 3 Pilihan Terbaik Software untuk Customer Service?

Ada begitu banyak penyedia atau pengembang sistem customer service yang dapat Anda pilih untuk bisnis Anda. Namun pastikan Anda memilih aplikasi customer service yang terbaik yang memiliki fitur wajib yang lengkap. Berikut ini beberapa penyedia software untuk customer service yang telah kami rangkum:

1. Qontak.com

software-untuk-customer-service

Merupakan penyedia aplikasi customer service lokal terbaik yang menyediakan fitur terlengkap. Beberapa fitur dari sistem customer service dari Qontak.com adalah:

  • Software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Memiliki dashboard helpdesk laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per agen CS atau diatur untuk periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat dikustomisasi agar dapat meningkatkan layanan pelanggan.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template Spreadsheet dan Word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Aplikasi CS yang terintegrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam atau menyimpan percakapan dengan pelanggan secara otomatis.
  • Memiliki sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

2. Freshdesk

freshdesk-software-untuk-customer-service

Freshdesk merupakan aplikasi helpdesk yang diciptakan lantaran kekecewaan yang dialami oleh pendirinya dulu terhadap sebuah layanan pelanggan yang ia gunakan. Setelah sukses dengan Freshdesk yang merupakan produk pertamanya, ia menciptakan produk kedua bernama Freshsales. Nama perusahaannya kemudian berganti menjadi PT Freshworks dan berkantor pusat di San Mateo California, Amerika Serikat.

3. Hubspot

hubspot-software-untuk-customer-service

Hubspot juga merupakan salah satu penyedia aplikasi CRM dari Amerika yang cukup terkenal dalam dunia bisnis. Aplikasi yang mereka tawarkan dikategorikan dalam segmentasi yang berbeda-beda, yaitu: sales, marketing, dan service. Salah satu contoh fitur dari aplikasi untuk customer service yang mereka tawarkan adalah fitur ticketing pada customer service.

Rekomendasi Artikel: 6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia


Bagaimana Contoh Penerapan Software untuk Customer Service yang Baik?

Penggunakan customer service software yang baik adalah yang mendatangkan keuntungan bagi bisnis seperti peningkatan pendapatan dan banyak lagi. Contoh penerapan customer service software yang baik untuk bisnis Anda adalah sebagai berikut:

– Digunakan untuk memberikan respon cepat kepada pelanggan

Manfaatkan fitur Chatbot pada customer service software untuk memberikan respon secepat mungkin setiap menghubungi bisnis Anda. Chatbot yang didukung kecerdasan buatan AI yang akan merespon banyak pesan pelanggan secara otomatis dalam hitungan detik.

– Mengumpulkan wawasan produk dan layanan yang lengkap

Customer service software yang baik harus menyimpan semua informasi detail baik tentang pelanggan, layanan atau produk yang Anda tawarkan. Informasi tersebut harus disimpan dalam satu database yang mudah diakses. Sehingga saat tim support atau agen CS membutuhkan data tersebut untuk melayani pelanggan dapat mudah menemukannya.

– Kolaborasi tim yang kuat

Mungkin ada saatnya agen CS tidak mampu menyelesaikan permasalahan pelanggan. Hal ini tidak boleh berlarut-larut yang membuat pelanggan menunggu. Manfaatkan fitur kolaborasi tim pada customer service software untuk meminta bantuan agen lain menyelesaikan permasalahan tersebut.

– Pahami kebutuhan pelanggan

Memang setiap pelanggan memiliki kebutuhan masing-masing. Namun jangan jadikan hal tersebut untuk Anda abai dengan kebutuhan mereka. Manfaatkan semua informasi dari aduan, komplain, atau informasi pelanggan lainnya untuk memahami kebutuhan pelanggan tersebut. Dengan begitu, pelanggan akan merasa terpuaskan.

– Lakukan evaluasi rutin

Contoh pemanfaat customer service software yang baik adalah melakukan evaluasi rutin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan layanan pelanggan. Bahan evaluasi bisa Anda peroleh dari report kinerja karyawan atau feedback dari pelanggan. Jangan lupa untuk memperbaiki kekurangan dan tingkatkan kelebihan menjadi lebih baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan Software untuk Customer Service?

Seperti yang telah dibahas di atas, banyak jenis dan fitur dari aplikasi untuk customer service yang dapat ditemukan pada Aplikasi CRM. Sebagai pelaku bisnis atau pemilik perusahaan, Anda tentu menyukai hal yang praktis namun efektif untuk dijalankan pada sistem bisnis Anda, bukan? Solusinya dapat Anda temukan pada Qontak.com.

Qontak.com merupakan salah satu penyedia Aplikasi Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang telah berpengalaman dalam melayani banyak klien dari berbagai bidang usaha dan skala bisnis.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Aplikasi CRM yang memuat semua manfaat dan fitur dari software untuk customer service, Anda dapat menghubungi tim Qontak.com yang selalu siap untuk membantu Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By