Qontak WhatsApp

Software Penjualan Distributor: Jenis, Fitur & Manfaat

software distributor penjualan

Kenali Apa itu Software Penjualan Distributor

Software penjualan distributor adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola seluruh aktivitas distribusi pada bisnis. Kegiatan distribusi yang dilakukan meliputi pemesan penjualan, monitor harga pasar, pengiriman, penagihan dan masih banyak lagi.

Software penjualan distributor menyajikan data akurat berbasis digital dari seluruh aktivitas yang diawasi. Oleh karenanya program aplikasi untuk distributor mampu mengurangi kesalahan yang disebabkan human error.

Aplikasi distributor barang dilengkapi dengan pengelolaan stok barang yang sangat dibutuhkan bisnis. Selain itu terdapat fitur accounting yang mampu menjangkau mulai dari pengelolaan manajemen barang masuk & keluar, neraca, pendapatan harian, pemasukan-pengeluaran bulanan, tahunan, daftar harga, piutang, hingga urusan keuangan lainya pada bisnis. Semuanya dapat diakses melalui menu laporan yang bisa langsung dibagikan ke anggota tim bisnis.


Baca penjelasan mengenai software penjualan distributor secara singkat pada presentasi slide di bawah ini:

Informasi lanjut mengenai software distributor, baca: Aplikasi Distributor: Pengertian dan 7 kegunaannya


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Software Penjualan Distributor?

Software penjualan distributor merupakan solusi bagi bisnis menangani perubahan permintaan pasar, fluktuasi situasi dalam jaringan rantai pasok dan inventaris produk yang kompleks. Pasalnya aplikasi sales order distributor mengelola dan mengotomatisasikan alur penjualan hingga sampai ke konsumen.

Diharapkan dengan mengimplementasikan aplikasi untuk distributor barang, bisnis dapat bekerja secara efisien dan akurat. Hal ini sesuai dengan keinginan pelanggan yang berharap mendapatkan produk pesanan cepat dan tepat.

Sebuah studi seperti yang dikutip dari Website Magazine mengungkapkan bahwa:

Sebanyak 69% dari 500 pelanggan yang diteliti mengatakan enggan kembali memesan produk yang tidak dikirim tepat waktu atau dua hari melebihi tanggal yang dijanjikan. Selain itu 16% dari mereka akan meninggalkan keranjang belanjaan bisnis yang salah mengirimkan barang.

Maka dari itu, software penjualan distributor menjadi pilihan tepat bagi bisnis yang tidak ingin mengecewakan pelanggan. Terlebih hal tersebut disebabkan kendala teknis seperti keterlambatan atau ketidakakuratan pesanan produk dari sistem distribusi buruk. Program aplikasi untuk distributor membantu bisnis menghindari kendala tersebut, karena semua sistem penjualan dijalankan dan dipantau dalam satu platform.

Rekomendasi software distributor: 7 Aplikasi Distributor Terbaik di Indonesia, No. 1 Wajib!


Apa Saja 3 Jenis Software Penjualan Distributor?

Pada umumnya, terdapat 3 jenis software penjualan distributor yang digunakan oleh bisnis saat ini. Program aplikasi penjualan distributor barang yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Taking Order (TO)

Software penjualan distributor jenis ini bertugas menerima dan mencatat pesanan dari pelanggan baik grosir maupun eceran. Aplikasi sales order distributor TO menawarkan proses repeat order produk cepat (slow moving) atau pesanan cepat (fast moving) sesuai dengan keinginan pelanggan. Kelebihan lainnya, harga yang ditawarkan aplikasi TO cenderung lebih rendah daripada harga sales jenis lain. TO pada umumnya ditandai dengan tim penjualan yang mengendarai motor namun tidak membawa produk yang dijual.

  1. Sales Distributor Motoris

Berbeda dengan TO, tim sales distributor motoris membawa produk langsung ke hadapan konsumen dengan mengendarai motor yang dilengkapi saddle bag. Kelebihan menerapkan software penjualan ini adalah dapat menjangkau pelanggan di wilayah terpencil yang susah dijangkau mobil. Selain itu, produk yang ditawarkan juga sebagian besar produk baru. Namun untuk pemesanan ulang produk cukup lama (slow moving). Softwarepenjualan distributor akan bertugas untuk melacak dan mengkoordinasi tim penjualan sales distributor motoris yang tersebar di berbagai wilayah.

  1. Sales Distributor Kanvas

Prinsip kerja sales distributor kanvas mirip dengan sales distributor motoris, perbedaan terletak pada kendaraan yang digunakan yakni roda 4 (mobil box). Keuntungan menggunakan software penjualan jenis ini jangkauan pelanggan lebih jauh dibanding kedua jenis lainnya. Sales distributor kanvas mampu melayani repeat order produk lama (slow moving) maupun cepat (fast moving). Biaya yang dikeluarkan bisnis yang menggunakan aplikasi distributor ini juga cukup terjangkau atau hampir setara dengan taking order (TO).

software penjualan distributor


Bagaimana Fitur Penting Bekerja pada Software Penjualan Distributor?

  • Sales Monitoring

Fitur software penjualan distributor ini berfungsi memantau kerja atau aktivitas tim sales didalam perusahaan. Tujuannya agar tercipta alur kerja mulus yang dapat menghemat waktu, meningkatkan produktivitas hingga membangun customer retention untuk jangka panjang.

  • Pelacakan GPS secara Langsung

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk memantau posisi tim sales di lapangan dan produk yang dikirim ke pelanggan secara langsung. Selain posisi, fitur pelacakan GPS akan menginformasikan waktu, lokasi check-in dan check-out beserta laporan terbaru dari anggota sales secara real-time.

  • Pelaporan Analitik

Pelaporan analitik dari aplikasi penjualan distributor sangat dibutuhkan bisnis untuk menyusun atau mengubah strategi penjualan supaya lebih efisien. Terlebih hasil laporan tersebut berdasarkan data akurat dan terkini yang meminimalisir terjadinya kesalahan.

  • Pelaporan KPI

Fitur Pelaporan Key Performance Indicators (KPI) diperlukan untuk menginformasikan kemajuan bisnis terhadap target yang ingin dicapai dalam periode tertentu. Fitur ini akan otomatis melacak kinerja tim dengan metric yang dapat disesuaikan agar dapat meningkatkan penjualan dan produktivitas.

  • Manajemen Stok Barang

Fitur ini mengelola katalog barang secara otomatis dan terintegrasi dengan sistem manajemen persedian barang. Tujuannya untuk mengurangi kesalahan sistem manual seperti akurasi ketersedian barang dengan pesanan yang masuk. Kesalahan data seperti alamat pengirim, kelebihan atau kehabisan stok barang juga dapat diminimalisir.

  • Integrasi Omnichannel CRM

Integrasi omnichannel CRM dengan  penjualan distributor bermanfaat untuk mendapatkan data akurat dari berbagai saluran. Data tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi bisnis.

  • Sales Pipeline

Fitur sales Pipeline memudahkan Anda untuk beralih dari satu proses penjualan ke tahapan lainnya tanpa berpindah platform. Fitur ini juga menghindari sistem sales distributor yang tumpang tindih antara satu dengan lainnya.

software penjualan distributor


Apa Saja Manfaat Menggunakan Software Penjualan Distributor?

Software penjualan distributor sangatlah penting dimiliki bisnis yang ingin meningkatkan produktivitas. Pasalnya program aplikasi penjualan distributor ini fokus memperbaiki kinerja sales yang menjadi pionir dari sebuah bisnis.

Terdapat manfaat lainnya bagi bisnis yang menggunakan aplikasi atau software ini, yaitu:

  1. Otomatisasi alur kerja distribusi penjualan melalui dari proses accounting, pemesanan, pemasaran hingga pendistribusian barang.
  2. Memonitor semua kegiatan penjualan bisnis baik karyawan, produk, pelanggan hingga alur penjualan secara berkala atau periode tertentu.
  3. Menciptakan alur produksi penjualan dan distribusi yang lebih efisien dan rapi karena semua tahapan terintegrasi.
  4. Memudahkan dalam meninjau dan memahami calon pelanggan serta perilaku mereka sebagai target penjualan.
  5. Membantu menyusun strategi peningkatan bisnis berdasarkan insight lebih rinci terkait sales funnel. Software penjualan distributor menampilkan pertumbuhan bisnis, tren penjualan berdasarkan periode atau lokasi tertentu.
  6. Lebih cepat dalam mengambil tindakan penyelesain penjualan apabila ditemukan suatu masalah di lapangan, karena data dan analisa disajikan lengkap dan real-time.
  7. Menghemat biaya operasional bisnis.
  8. Meningkatkan penjualan dan produktivitas.

Baca juga manfaat aplikasi penjualan bagi bisnis disini: 5 Manfaat Aplikasi Sales Order untuk Akselerasi Bisnis


Bagaimana Mendapatkan Software Penjualan Distributor?

Software penjualan distributor yang baik adalah aplikasi yang dilengkapi fitur-fitur mendukung alur penjualan bekerja secara efisien. Dengan demikian akan tercipta alur kerja yang rapi sehingga meningkatkan penjualan serta produktivitas.

Qontak.com menawarkan software penjualan distributor terbaik di Indonesia. Fitur aplikasi distributor dari Qontak.com dilengkapi teknologi canggih yang membantu dalam mengawasi kinerja sales hanya sekali klik. Qontak.com juga dilengkapi sistem pelaporan analik dan terintegrasi dengan Omnichannel CRM yang sangat membantu dalam pengambilan strategi peningkatan bisnis.

Dapatkan segera software penjualan distributor dengan terlebih dahulu mencobanya gratis DISINI. Hubungi kami apabila Anda menemui kendala atau ingin berkonsultasi seputar aplikasi untuk distributor barang dengan klik disini!

software penjualan distributor

You may also like

By