Qontak WhatsApp

Software Omnichannel: 8 Pilihan Terbaik untuk Bisnis

8-software-omnichannel-terbaik

Pentingnya Software Omnichannel untuk Bisnis

Software Omnichannel menciptakan interaksi mulus antara bisnis dan pelanggan berkat seluruh data dan proses dari berbagai saluran terintegrasi dengan baik. Pelanggan tidak perlu mengulang informasi yang sama karena telah didapatkan dari interaksi sebelumnya. Dengan begitu dapat menghemat waktu pelanggan dan mereka bisa memilih untuk interaksi dengan saluran yang paling nyaman.

Salah satu contoh penerapan software Omnichannel membantu bisnis memberikan respon atas pertanyaan dan keluhan pelanggan. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Lalu apa saja contoh Omni  Channel Software terbaik di Indonesia yang bisa Anda gunakan? Simak artikel dibawah ini.


Apa itu Omnichannel? Apakah Software Omnichannel Itu?

Software Omnichannel adalah perangkat lunak yang menggabungkan semua saluran penjualan bisnis baik online maupun offline kedalam satu bentuk antarmuka. Fokus utama dari aplikasi ini adalah memberikan pengalaman pelanggan tanpa batas. Omnichannel software dirancang untuk saling terintegrasi pada satu panel atau platform.

Software Omnichannel mendukung semua aktivitas bisnis dalam menargetkan, memperoleh, mempertahankan dan memahami pelanggan. Secara keseluruhan aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience). Omnichannel software juga memudahkan Anda untuk menerapkan strategi baru, integrasi dengan teknologi terbaru, serta pengembangan lainnya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai Omnichannel, baca: Omnichannel CRM: Pengertian, Manfaat dan Fiturnya


Apa Perbedaan Software Omnichannel dan Multichannel?

Software Omnichannel merupakan pengembangan dari Software Multichannel menjadi lebih luas dan real-time. Aplikasi multichannel bekerja secara paralel atau sendiri-sendiri setiap baik dari tim, sistem dan perpesanan. Hal ini berbeda dengan aplikasi omnichannel yang seluruh saluran dalam bisnis saling terintegrasi.

Saluran yang terintegrasi dengan omnichannel software, membuat semua tim support memiliki akses ke informasi yang sama untuk interaksi dengan pelanggan. Aplikasi omnichannel CRM biasanya menawarkan tampilan pelanggan terpadu, menyimpan semua informasi penting tentang pelanggan, dan perjalanan pelanggan mereka dalam satu tempat atau database.

Perbedaan Multichannel Omnichannel
Saluran penjualan Tidak saling terintegrasi Terintegrasi sehingga tidak ada yang terabaikan

Fokus Utama

Memaksimalkan kinerja sebanyak-banyaknya (kuantitas) channel yang digunakan Pengalaman berbelanja pelanggan (customer journey) dari banyak channel, kualitas pesan dan channel lebih penting
Informasi yang diberikan hanya setengah-setengah seperti dari katalog atau brosur utuh atau komplit
Tugas Memastikan bahwa bisnis telah ada atau memanfaatkan banyak channel Konsisten menyampaikan pesan dan image brand tidak peduli melalui channel manapun
Cara kerja Mempertimbangkan banyak channel dimana kemungkinan pelanggan ada Melibatkan data untuk membangun customer journey yang lebih baik
Media atau channel yang digunakan Iklan cetak (surat kabar dan majalah), iklan televisi, iklan radio dan panggilan telepon Email, obrolan langsung, media sosial, pesan instan dan aplikasi lainnya berbasis internet

Pelajari perbedaan Omnichannel dan multichannel dengan membaca: Omnichannel vs Multichannel: Pengertian dan Manfaat


Bagaimana Cara Kerja Software Omnichannel?

Software Omnichannel menghubungkan beberapa saluran bisnis pada satu platform terpadu. Salah satu kemampuan sistem Omnichannel adalah meneruskan pelanggan dari satu saluran bisnis ke saluran lainnya. Misalnya pelanggan yang mengunjungi akun Instagram bisnis Anda, tertarik dengan suatu produk dan ingin beralih ke website bisnis Anda untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Sistem Omnichannel akan meneruskan pelanggan setelah mengklik link yang disediakan pada Instagram ke website bisnis Anda. Hal serupa juga dapat dilakukan untuk saluran lain.

Bagi bisnis, kemampuan sistem Omnichannel tersebut membuat Anda dapat langsung mengetahui produk apa yang akan dibeli oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan oleh pelanggan selama mengunjungi toko online atau sebelum memutuskan untuk membeli. Dalam hal ini, sistem Omnichannel akan mengumpulkan data aktivitas pelanggan untuk Anda. Data tersebut bermanfaat untuk memahami kebutuhan pelanggan, serta sebagai bahan menyusun strategi peningkatan bisnis.


Apa Software Omnichannel Terbaik di Indonesia?

8 Rekomendasi software Omnichannel terbaik untuk bisnis Anda adalah

1. Qontak.com

Qontak- Software Omnichannel

 

Qontak.com adalah contoh omnichannel Indonesia yang mendorong pertumbuhan bisnis serta meningkatkan pelayanan pelanggan. Contoh omni channel Indonesia ini memudahkan Anda untuk mengukur produktivitas, menyelesaikan percakapan, meningkatkan  produktivitas, mempercepat closing deal dan banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Qontak.com sebagai berikut:

  • WhatsApp & Chat integration yang menghubungkan chat atau media sosial dengan memanfaatkan saluran WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email, dan lainnya dalam platform terpadu.
  • Call center integration yang memungkinkan melakukan percakapan call center dengan pelanggan.
  • ChatBot Solution yang memudahkan membuat obrolan FAQ, otomatiskan respon dan memfasilitasi sales.
  • Dashboard & Reports untuk mengukur produktivitas dengan metrik KPI, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi. Anda juga bisa membandingkan produktivitas setiap agen dan melihat organisasi secara keseluruhan.

2. NetSuite

software-omnichannel-netsuite

NetSuite merupakan Software Omnichannel berbasis cloud yang dapat digunakan untuk mobile. Software ini juga menjadi sistem commerce yang dapat beradaptasi dengan mudah Dengan kecerdasan AI, contoh omni channel ini dapat dengan mudah mengakses laporan, indikator performa dan menganalisa data vital bisnis. NetSuit memudahkan bisnis moden untuk beradaptasi dan mulai meninggalkan kebiasaan lama.

Berikut fitur yang dimiliki NetSuite:

  • Cloud SuiteCommerce memberikan pengalaman menarik kepada pelanggan di semua perangkat dengan rangkaian solusi e-commerce.
  • SuiteCommerce InStore memberikan  solusi yang menyatukan pengalaman belanja fisik dan digital dalam satu platform perdagangan berbasis cloud.
  • CRM NetSuite yang mendapatkan visibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam aktivitas penjelajahan dan belanja pelanggan Anda.
  • Content Management mengintegrasikan data produk di semua sistem dan proses

3. SAP Hybris / E-Commerce

SAP Hybris-Software Omnichanne

SAP Hybris adalah solusi omnichannel ecommerce yang dapat disesuaikan kebutuhan bisnis Anda dengan pendekatan MDA (Model Driven Architecture). Software ini berorientasi menyederhanakan integrasi data antara sistem SAP Hybris dan sistem penyimpanan data eksternal seperti ERP, PLM, CRM dan lainnya. Selain itu, SAP Hybris juga terintegrasi dengan sosial media, kalender, email, map dan aplikasi desktop lainnya. Software Omnichannel ini membantu menganalisis penjualan, pasar, produk dan pipeline yang dapat diakses di smartphone, laptop dan Desktop. Berikut fitur yang ada pada SAP Hybrids:

  • SAP Commerce Cloud yang memberikan pelanggan Anda kebebasan untuk berbelanja dan membeli di mana pun dan kapan pun mereka mau.
  • SAP Customer Data Platform mengaktifkan wawasan pelanggan yang kaya untuk memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi dalam waktu nyata, sambil tetap menghormati tujuan data..
  • Sales Solutions cloud melibatkan pelanggan dengan penawaran dinamis yang memaksimalkan pendapatan, sekaligus meningkatkan kecepatan transaksi dan melindungi margin Anda.
  • Service solutions cloud memberikan pengalaman layanan yang luar biasa melalui pusat kontak Anda dan di lapangan.
  • SAP Marketing Cloud memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menemukan, terlibat, dan membeli.

 4. Acquiresoftware-omnichannel-Acquire.io

Acquire adalah perangkat lunak Omnichannel yang membantu kerja customer support, sales dan service teams. Aplikasi omnichannel CRM ini memberikan bantuan pelanggan lebih efisien dengan mengklasifikasikan masalah lebih cepat, dan mengurangi waktu penyelesaiannya. Aplikasi omnichannel ini memiliki kemampuan integrasi dengan live chat, Chatbots, email, video chat, VoIP calls, unified agent view, knowledge base dan analitik.

Fitur yang dimiliki oleh Acquire adalah

  • Dashboard laporan yang menampilkan grafik performa setiap saluran
  • Chat routing yang mendistribusikan pesan pelanggan secara adil ke pelanggan
  • Bots yang membantu meningkatkan pelayanan meski diluar jam operasional bisnis
  • Akses mobile membuat sistem Omnichannel tetap bisa digunakan dari perangkat mobile

5. Talkdesk

software-omnichannel-talkdesk

Talkdesk menyediakan contoh omini channel yang terintegrasi dengan SMS, live chat, email, social massaging dan lainnya. Layaknya omnichannel software pada umumnya, Talkdesk juga memudahkan Anda untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya saat berinteraksi. Dengan begitu, Anda memiliki akses cepat ke informasi profil pelanggan, sehingga bisa memastikan mereka mendapat pengalaman yang responsif dan dipersonalisasi. Talkdesk juga didukung oleh Chatbot yang otomatis merespon pelanggan kurang dari satu menit.

Fitur yang dimiliki oleh Talkdesk adalah sebagai berikut:

  • Dilengkapi laporan analitik yang memungkinkan melihat kinerja agen
  • Routing Agent akan meneruskan pesan atau panggilan dari pelanggan ke agen yang tersedia secara adil.
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem live chat
  • Menyediakan uji coba gratis untuk pelanggan dan dapat pindah ke paket berbayar dengan fitur yang lebih lengkap

6. Freshdesk

Freshdesk menawarkan platform terpusat yang akan melayani semua kebutuhan omnichannel bisnis Anda. Software ini menyederhanakan percakapan pelanggan melalui email, chat dan panggilan. Freshdesk didukung kecerdasan buatan Al yang memungkinkan untuk memberikan respon cepat kepada pelanggan di berbagai channel.  Selain itu, Anda akan mendapatkan semua informasi tentang customer journey dari berbagai channel dalam satu platform.

Fitur yang ditawarkan Freshdesk diantaranya sebagai berikut:

  • Collaboration memudah sesama karyawan untuk berkolaborasi menyelesaikan masalah pelanggan
  • Automations mengotomatiskan sistem sehingga bisnis dapat memberikan pelayanan optimal
  • Reporting & Analytics yang memberikan laporan analitik mengenai aktivitas pelanggan dan karyawan pada dashboard interaktif

7. CommBox

CommBox adalah omnichannel software yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Ribuan perusahaan secara signifikan berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan berkat dukungan teknologi Al ChatBots dari CommBox. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi seperti SMS, WhatsApp, Messenger dan platform media sosial lainnya.

Fitur yang dimiliki CommBox diantaranya sebagai berikut:

  • Automated Routing yang otomatis meneruskan pesan atau panggilan dari pelanggan ke agen secara adil
  • Chatbot berperan memberikan respon otomatis setiap pesan pelanggan dalam hitungan detik
  • Live Chat memungkin bisnis dan pelanggan berinteraksi langgun melalui layanan pesan

8. Smooch

Smooch memungkinkan bisnis menyatukan pesan pelanggan di berbagai channel ke dalam satu percakapan. Dengan menyederhanakan komunikasi mereka, pelanggan dapat membangun pengalaman chat interaktif dimana saja. Aplikasi Omnichannel ini didukung dengan penggunaan kecerdasan buatan (Al), ChatBots dan layanan perpesanan interaktif. Smooch mengajak pelanggan dari email untuk berpindah secara mulus ke saluran manapun yang paling nyaman bagi mereka, dengan mempertahankan riwayat percakapan dan progress sebelumnya.

Fitur yang ditawarkan oleh Smooch adalah sebagai berikut:

  • Communication Management yang otomatis mengelola percakapan agen dengan pelanggan
  • Live Chat memungkinkan pelanggan berhubungan langsung dengan agen melalui chatting
  • Mobile Access memungkinkan bisnis mengakses sistem Omnichannel dari mana saja melalui perangkat mobile
  • Reporting/Analytics menampilkan laporan analisis seluruh interaksi pelanggan dengan bisnis, termasuk kinerja karyawan dalam melayani pelanggan

Rekomendasi aplikasi CRM terbaik, baca: Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia, No. 1 Wajib


Apa saja Manfaat Menggunakan Software Omnichannel?

Software Omnichannel telah banyak digunakan bisnis untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Pasalnya faktor utama keberhasilan sebuah bisnis ada layanan pelanggan yang baik. aplikasi Omnichannel memberikan pilihan bagi pelanggan memilih saluran untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan selama berinteraksi.

Contoh penerapan Omnichannel Indonesia yang tepat akan memudahkan tim support dalam memberikan pelayanan karena semua informasi pelanggan berada dalam satu panel. Mereka bisa mengawasi dan mengontrol semua proses terjadi, sehingga tidak ada yang terlewatkan. Anda tidak perlu repot lagi menyusun strategi peningkatan bisnis karena semua data telah terorganisasi dengan baik dan dapat diakses dimanapun.

Berikut manfaat lain yang akan bisnis Anda rasakan setelah menggunakan Software Omnichannel:

  • Customer retention rate lebih baik karena memberikan pilihan bagi pelanggan untuk menggunakan saluran paling nyaman bagi mereka tanpa takut kehilangan riwayat interaksi sebelumnya.
  • Peningkatan omset yang disebabkan bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan yang berasal dari berbagai saluran berbeda dalam waktu bersamaan.
  • Kepuasan pelanggan meningkat setelah mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari segi kualitas maupun efisiensi waktu.
  • Peningkatan jumlah referensi dan rekomendasi dari pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan bisnis Anda kepada pelanggan baru.
  • Efisien karena semua database komprehensif dari berbagai saluran tersimpan dalam satu platform dan dapat diakses melalui saluran apapun.
  • Mengumpulkan data pelanggan lebih baik yang membantu bisnis memahami mereka, mengetahui preferensi mereka seperti produk yang dilihat, penawaran yang telah diklik dan lainnya.
  • Menggabungkan pengalaman berinteraksi online dan offline

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Kembangkan bisnis Anda dengan membaca: 5 strategi omnichannel customer service untuk perusahaan


Bagaimana Contoh Penerapan Omni Channel Software yang Tepat?

Omni channel memang menawarkan kemudahan bagi pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Namun, bukan berarti sistem ini tidak membutuhkan strategi yang jitu dalam menjalankannya.

Strategi omni channel marketing harus dilakukan secara tepat agar hasilnya bisa sesuai harapan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan omni channel Indonesia yang perlu Anda ikuti untuk meningkatkan penjualan:

– Memahami kebutuhan pelanggan

Contoh penerapan omnichannel Indonesia yang pertama adalah memahami kebutuhan pelanggan dengan mempelajari aktivitas mereka. Hal tersebut dapat diketahui dari interaksi pelanggan dengan Anda diseluruh platform yang tersedia, seperti perilaku saat memesan, mengirimkan customer support, serta berbagai metode pengujian lainnya. Dari situ, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan pengalaman pelanggan. Informasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyusun dan meningkatkan strategi bisnis.

– Memberikan pengalaman pelanggan tak terlupakan dengan Software Omnichannel

Setiap bisnis harus bisa memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan kepada pelanggan. Caranya dengan membuat rencana terperinci terkait bagaimana Anda akan membuat pelanggan merasakan pengalaman tak terlupakan. Dimana Anda harus memberi kemudahan dan solusi untuk setiap pelanggan melalui layanan atau fitur yang Anda sediakan. Dengan memberikan pengalaman yang baik, akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand Anda.

– Personalisasi Seluruh Platform Yang Digunakan

Personalisasi mampu membuat pelanggan Anda merasa lebih dihargai. Software Omnichannel memungkinkan Anda mengirimkan konten individual ke semua pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan customer experience, mendorong loyalitas mereka, hingga menciptakan konsistensi pada seluruh platform.

– Menyusun strategi peningkatan bisnis berbasis data

Sebelum mulai menyusun strategi bisnis, penting bagi Anda untuk memahami perilaku pelanggan. Dimana hal ini dapat Anda ketahui melalui data yang tersimpan pada CRM Omnichannel. Manfaatkan data tersebut untuk membuat solusi terbaik mengatasi berbagai tantangan yang mungkin terjadi. Penggunaan data yang tepat bahkan bisa mengurangi churn rate. Oleh karena itu, gunakan data yang tersedia sebagai dasar untuk menyusun strategi bisnis.

– Buatlah bisnis Anda sepenuhnya berfokus pada pelanggan

Artinya Anda perlu menyusun strategi yang berfokus pada minat dan kebutuhan para konsumen atau pelanggan. Dalam hal ini, Anda perlu melatih tim support untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan secara terpadu dan konsisten. Tujuannya agar semua pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang luar biasa, sehingga loyalitas mereka akan meningkat.

– Gunakan software Omnichannel Yang Tepat

Saat ini, banyak perusahaan yang menawarkan software omnichannel dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh omnichannel di Indonesia terbaik dimiliki oleh Qontak.com. Dimana Omnichannel Qontak.com terintegrasi dengan aplikasi CRM yang didukung fitur lengkap. Selain itu, mudah disesuaikan dengan sistem bisnis lainnya yang sudah atau akan Anda gunakan nantinya.


3 Contoh Bisnis yang Sukses Menerapkan Omni Channel Software

Contoh omnichannel di Indonesia yang telah berhasil diterapkan oleh bisnis adalah..

1. Starbucks

Starbuck menggunakan strategi omni channel dengan memberikan reward kepada pelanggan loyal atau sering membeli produknya. Dimana pelanggan akan diberikan reward card untuk mendapat diskon saat berbelanja di Starbucks store mana saja. Khusus untuk pengguna aplikasi, reward tersebut bisa dicek atau ditambahkan via handphone, web, atau di cafenya. Perubahan di dalam kartu akan langsung tersinkronisasi di semua channel Starbucks. Hal ini tentu memudahkan baik pelanggan dan Starbuck sendiri.

2. Amazon

Siapa yang tidak mengenal e-commerce raksasa Amazon. Perusahaan pimpinan Jeff Bezoss ini telah menerapkan omni channel dengan sangat baik. Amazon mengizinkan pelanggannya untuk mengakses via web maupun aplikasi dari handphone. Melalui keduanya, pelanggan dapat melacak keberadaan barang yang dipesan. Selain itu, pelanggan juga bisa membeli di aplikasi dan mengambil barang di toko atau di “locker” amazon, yaitu fitur yang telah disediakan amazon untuk mengambil atau mengembalikan barang.

3. Disney

Disney berhasil memuaskan pelanggan dengan menerapkan contoh omni channel yang tepat. Pelanggan dapat menonton seluruh tayangan Disney baik melalui web atau smartphone yang terhubung ke penyedia layanan perjalanan ke Disneyland. Selain itu, Anda juga bisa membeli tiket Disneyland pada platform yang sama, termasuk memberikan berbagai rekomendasi di mana saja kita bisa menggunakan tiket dan aplikasi tersebut.


Dapatkan Software Omnichannel Anda Sekarang!

Software Omnichannel  akan membantu bisnis untuk memberikan pengalaman berinteraksi yang mulus kepada pelanggan. Hal ini mendorong mereka untuk kembali menjadi pelanggan yang loyal bahkan menyebarkannya atau merekomendasikan bisnis Anda ke koleganya. Oleh karena itu pilihlah Software Omnichannel terbaik sehingga bisnis Anda mengalami peningkatan signifikan.

Salah satu omnichannel software Indonesia yang terbaik adalah Qontak.com. Software Omnichannel dari Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang terintegrasi dengan aplikasi CRM, WhatsApp API, ChatBot dan lainnya. Fitur yang dimiliki Qontak.com membantu bisnis meningkatkan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan.

Coba Gratis Sekarang omnichannel software Indonesia terbaik. Hubungi kami disini apabila Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan mengenai Software Omnichannel.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By