Software Manajemen Proyek 101 – Kenali Software Manajemen Proyek lebih jauh, yuk!

Manajemen bisnis merupakan variabel yang dapat membuat atau menghancurkan bisnis. Baik sebagai pemilik perusahaan besar atau sebagai pemilik bisnis skala kecil, Anda akan selalu mempunyai daftar panjang tentang kegiatan yang terjadi setiap saatnya. Menangani banyaknya kegiatan yang terjadi pada waktu bersamaan merupakan sebuah tantangan yang sering dihadapi bagi pemilik bisnis. Inilah sebabnya mengapa penggunaan perangkat lunak manajemen proyek dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Manajemen bisnis yang efektif harus memiliki alat manajemen proyek yang khusus, untuk dapat membantu menyelesaikan proyek bisnis Anda dengan sukses. Berikut merupakan petunjuk utama untuk mengenal software manajemen proyek lebih jauh!

Apa Itu software Manajemen Proyek?

source: freepik.com

Software manajemen proyek didefinisikan sebagai aplikasi atau serangkai program yang dibuat untuk membantu mengembangkan dan mengotomatiskan prosesnya. Software tersebut membantu dalam mengeliminasi kesalahan, menyelesaikan pekerjaan, dan melaporkan aktivitas sehingga dapat meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dan keefektifan. Software manajemen proyek mengacu kepada aplikasi yang dirancang untuk memfasilitasi pengerjaan proyek dan membuatnya lebih efisien.

Manfaat Utama software Manajemen Proyek

source: moneywise.co.uk

Program software manajemen proyek memungkinkan bisnis Anda berkembang dan mengotomatiskan bisnis Anda. Penambahan pengguna, penumbuhan proyek dan kegiatan, pengurangan biaya perusahaan, memudahkan pengoprasian bisnis Anda dapat membantu dan membuat bisnis Anda berkembang dengan baik

Tipe-tipe Software Manajemen Proyek

Software manajemen proyek sendiri dapat dikategorikan dalam 4 kategori utama, yaitu:

  1. In-house or on-premise software: software ini dipasang di peralatan kantor atau server komputer perusahaan Anda, sehingga dianggap sebagai alat manajemen proyek in-house.
  2. Individual software: alat manajemen proyek berbasis web yang mempromosikan manajemen proyek yang melibatkan proyek atau tugas individual.
  3. Medium-sized system: alat manajemen proyek berbasis web yang dimaksudkan sebagai sistem manajemen proyek pusat untuk perusahaan dan organisasi berukuran sedang.
  4. High-end system: sistem ini mengacu pada sistem yang sebagian besar dibuat sebagai sistem manajemen proyek pusat untuk perusahaan dan organisasi besar.

Fitur Utama Software Manajemen Proyek

source: keywordspy.ca

Software manajemen proyek memiliki beberapa fitur utama yang umum ditawarkan di dalamnya, berikut merupakan beberapa fitur utama dari sebuah software manajemen proyek:

1. Berkolaborasi dengan karyawan Anda dalam waktu nyata

Aplikasi manajemen proyek menawarkan alat komunikasi untuk membantu tim mendiskusikan tugas dalam waktu nyata. Sousei ini dapat membuat setiap anggota tim untuk memperbarui dan memungkiknkan mereka untuk menangani masalah yang muncul dengan cepat.

2. Document sharing

Software manajemen proyek menawarkan alat berbagi dokumen untuk memungkinkan pengguna mengedit dan memperbarui laporan proyek, dan membuat sistem untuk komunikasi dan transparansi.

3. Mengelola biaya proyek

Sistem dari software manajemen proyek memungkinkan Anda untuk mengelola biaya proyek dengan mudah.

4. Mengelola risiko, anggaran dan perkiraan

Sistem dari software manajemen proyek memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi risiko proyek, melacak anggaran dan membuat perkiraan.

5. Kemampuan pelaporan yang fleksibel

Sistem dari software manajemen proyek memungkinkan Anda untuk melakukan format laporan yang fleksibel dan membantu Anda mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan mudah agar proyek selesai sesuai dengan jadwal.

6. Mudah digunakan

Software dengan perangkat lunak berbasis dashboard yang mudah dipasang dan mudah dipelajari dan digunakan. Sehingga waktu implementasi dan peningkatan akan lebih cepat.

Dengan mengetahui definisi, manfaat, tipe-tipe, dan juga fitur utama yang umum ditawarkan dalam sebuah software manajemen proyek, Anda sebagai pemilik bisnis dapat menentukan kebutuhan bisnis Anda. Dengan menentukan kebutuhan, Anda dapat menyesuaikan software yang mencukupi kebutuhan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengotomatiskan bisnis Anda. Salah satu bentuk software manajemen proyek yang terdapat di Indonesia Adalah software CRM di Qontak.

Yuk kenali software CRM ini lebih lanjut di:

QONTAK

CRM Adalah Apa?

Fitur & Fungsi CRM pada Perusahaan

You may also like