Qontak WhatsApp

Software Helpdesk Online: 7 Pilihan Terbaik

Apa Pilihan Terbaik Software Helpdesk Online?

Software helpdesk online merupakan software yang sangat membantu bisnis dalam hal penanganan pelanggan. Sejatinya, perusahaan memerlukan aplikasi helpdesk untuk melayani pelanggan dalam satu dashboard tampilan saja.


Apa Itu Software Helpdesk Online?

Software helpdesk online adalah software atau aplikasi yang membantu sebuah bisnis dalam mengelola keluhan, kritik, pertanyaan serta saran dari pelanggan. Software helpdesk memudahkan sebuah bisnis dalam mencatat semua masukan atau keluhan dari pelanggan dengan baik.

Di mana sebelumnya pelayanan pelanggan disampaikan melalui telepon atau email yang kurang responsif dan kerap terabaikan karena keterbatasan SDM. Aplikasi helpdesk online juga mempermudah dalam mengontrol setiap keluhan yang ada dengan baik dan memonitor progresnya. Diharapkan dapat membantu merespon setiap keluhan secara efektif dan efisien.

Selain itu, aplikasi helpdesk online memudahkan pemilik usaha dalam mengevaluasi umpan balik dari pelanggan untuk membuat atau merubah kebijakan yang lebih efektif. Sebab kepuasan dan kenyamanan pelanggan dipercayai dapat meningkatan penjualan dan penilaian positif dimata pelanggan.

Ingin tahu lebih lanjut, baca : Apa itu Aplikasi Helpdesk Online dan Manfaatnya


Apa Saja Pilihan Terbaik Software Helpdesk Online?

1. Qontak.com

software helpdesk online qontak

Qontak.com menyediakan solusi software helpdesk online terlengkap yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Perusahaan Qontak.com memiliki fitur canggih yang mudah disesuaikan dan digunakan dengan kebutuhan bisnis Anda untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Berikut kelebihan Qontak.com dibandingkan aplikasi ticketing helpdesk lainnya adalah:

  • Terintegrasi dengan software CRM dan Live chat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Dilengkapi dengan aplikasi mobile dan GPS offline yang memungkinkan untuk melacak lokasi sales lapangan Anda tanpa koneksi internet.
  • Laporan dashboard helpdesk yang berisi analis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya disusun per tenaga sales atau periode tertentu.
  • Didukung dengan software KPI dan manajemen tugas guna melacak kinerja tim dengan metric yang kustomable sehingga meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Aplikasi CS terintegrasi dengan Whatsapp, Chat dan Call Center yang dapat merekam percakapan pelanggan secara instan.
  • Memiliki otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template Spreadsheet dan Word secara instan sehingga menghemat waktu dan biaya.
  • Dilengkapi sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

2. Zendesk

software helpdesk online zendesk

Perusahaan Amerika penyedia Aplikasi CS yang berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat. Salah satu produk Zendesk menangani layanan pelanggan. Aplikasi layanan pelanggan Zendesk mudah untuk digunakan karena dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis yang berbeda.

3. Freshdesk

Karena kecewa dengan layanan pelanggan yang dialami oleh pendirinya dulu, kemudian muncul lah Aplikasi Help Desk. Perusahaan yang pertama kali didirikan di Chennai India ini, kini telah berkantor pusat di San Mateo California, Amerika Serikat. Setelah sukses dengan Freshdesk, produk kedua yang diluncurkan bernama Freshsales. Kemudian PT Freshdesk merubah nama perusahaannya menjadi PT Freshworks untuk mencerminkan evolusinya sebagai platform produk.

4. Zoho Desk

software helpdesk online zoho

Aplikasi Help Desk yang digunakan untuk melayani pelanggan karena pertanyaan/permintaan dari pelanggan dapat secara otomatis diatur berdasarkan prioritas, tenggat waktu, dan status CRM.

5. Jira Service Desk

software helpdesk online jira desk

Aplikasi CS yang memungkinkan tim support untuk memberikan pelayanan/tanggapan yang mudah dan cepat kepada pelanggannya. Dengan memakai Aplikasi CS ini, agen customer service dapat mengorganisir dan memprioritaskan pertanyaan/permintaan dari pelanggan.

6. Spiceworks

software helpdesk online spiceworks

Spiceworks adalah helpdesk berbasis cloud dan solusi pemantauan jaringan yang dirancang khusus untuk administrator sistem dan profesional TI. Solusi ini membantu dalam mengelola tiket yang dikumpulkan oleh klien, menyediakan dukungan pelanggan melalui berbagai saluran dan melacak kinerja agen, antara lain.

7. Workbooks

Workbooks diposisikan sebagai software helpdesk, tetapi versi gratisnya mencakup semua kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan meja layanan, termasuk sistem tiket, basis pengetahuan, dan komunikasi. Ini juga mencakup manajemen pemasaran, manajemen penjualan, pelaporan, dan banyak lagi.


Bagaimana Cara Memilih Software Helpdesk Online?

Berikut adalah 8 hal yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih software helpdesk online terbaik:

  • Fitur lengkap

Umumnya setiap helpdesk software dilengkapi oleh berbagai fitur utama dan pendukung. Pastikan aplikasi yang dipilih memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

  • Otomatisasi

Fitur otomatisasi wajib dimiliki oleh aplikasi helpdesk berbasis web yang memudahkan kerja agen dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, bahkan diluar jam kerja. Fitur ini mengotomatisasikan fungsi sederhana seperti memberikan balasan otomatis dan sistem routing agen.

  • Integrasi dengan Software Lain

Sistem helpdesk yang baik memiliki kemampuan terhubung dengan software lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Email dan lainya. Hal ini sangat membantu untuk memperoleh insight yang luas terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan.

  • Memungkinkan Pelanggan Menemukan Sendiri Kebutuhannya

Sebagian pelanggan lebih nyaman untuk mencari jawaban sendiri dibandingkan harus menelpon atau menunggu balasan email. Pilihlah aplikasi ticketing helpdesk yang memungkinkan pelanggan menemukan kebutuhan mereka sendiri.

  • Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Setiap bisnis memiliki kebutuhan masing-masing. Pilihlah aplikasi helpdesk online yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu juga harus mudah dipelajari dan digunakan oleh agen support. Misalnya mengatur balasan pada autoresponder atau alur percakapan pada sistem chatbot.

  • Sesuai Budget Anda

Software helpdesk online memiliki berbagai macam model, fungsi dan harga. Anda harus benar-benar mempertimbangkan mengenai biaya yang akan dikeluarkan. Helpdesk software ini dihargai dari ratusan ribu  hingga ratusan juta atau model berlangganan perbulan.

  • Aplikasi Helpdesk Mobile

Aplikasi helpdesk berbasis web saja mungkin dirasa tidak cukup untuk memberikan pelayanan maksimal. Kini sejumlah aplikasi ticketing helpdesk menyediakan versi mobile yang memungkinkan menjawab tiket dimana saja.

  • Uji Coba Gratis

Tidak mungkin Anda membeli setiap helpdesk software yang dianggap sesuai karena cukup mahal. Maka cobalah aplikasi helpdesk yang menawarkan demo gratis. Anda dapat mencoba fitur-fiturnya terlebih dahulu untuk memastikan apakah sesuai kebutuhan.

software helpdesk online

Informasi lebih jelas mengenai fitur, baca: 6 Fitur Penting dalam Aplikasi Helpdesk


Dapatkan Software Helpdesk Online Terbaik

Software helpdesk online memudahkan bisnis dalam mengelola dan merespon tiket pelanggan dengan efisien sehingga memberikan customer experience yang lebih baik. Cobalah untuk memilih aplikasi helpdesk yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan pertimbangan yang ada.

Pilihlah software helpdesk online terbaik dikelasnya seperti Qontak.com. Selain memiliki fitur lengkap, Qontak.com juga menyediakan solusi endtoend yang dapat menghubungkan WhatsApp dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management.

Anda dapat mencobanya secara GRATIS atau hubungi kami untuk konsultasi sekarang juga!

Baca juga: 6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

You may also like

By