Qontak WhatsApp

Cara Memilih Software Database Customer untuk Meningkatkan Sales!

Apakah Software Database Customer dapat Meningkatkan Sales?

Software database customer adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda, sebagai pelaku bisnis, untuk mengetahui data pelanggan dan menyimpannya. Database pelanggan biasanya berisi nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi, dan bahkan data demografis dan psikografis. Jika dimanfaatkan dengan benar, software database customer dapat mengubah informasi tersebut menjadi sebuah keuntungan. Perusahaan dan bisnis Anda dapat menentukan peringkat pelanggan, customer journey mereka, frekuensi pembelian, dan lain-lain hanya dengan memanfaatkan software database customer.

Software database customer menjadi sangat penting jika Anda ingin memaksimalkan penjualan yang terjadi di perusahaan Anda. Karena dengan menggunakan aplikasi database customer, Anda tidak hanya dapat terus mendapatkan customer baru, tetapi juga menjaga customer lama, bahkan menjadikannya loyal customer. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana software database customer dapat meningkatkan sales perusahaan!

Baca Juga: Apa Itu Aplikasi Database Pelanggan?

Manfaat Software Database Customer

Saat membangun usaha, seringkali pebisnis bingung harus memasarkan produknya kemana. Hal ini terjadi karena kurangnya persiapan Anda dan akan semakin sulit jika Anda tidak memiliki database customer. Kemungkinan lainnya adalah Anda sudah memiliki database customer namun tidak tahu bagaimana harus mengolahnya dan memanfaatkannya. Padahal, database customer dibantu dengan software yang tepat akan menghasilkan sebuah data yang dapat Anda gunakan untuk menargetkan calon customer baru atau bahkan customer lama. Selain itu ada banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh software database customer.

Berikut adalah manfaat aplikasi database pelanggan:

1. Memberikan petunjuk arah bisnis

Database pelanggan dapat memberikan gambaran petunjuk arah bisnis berjalan. Hal ini penting jika Anda ingin produk Anda masuk ke pasar yang tepat. Dibantu dengan software database customer, Anda dapat melihat analisis komprehensif dan otomatis dari aplikasi tersebut. Dengan begitu, proses sales dan marketing akan berjalan dengan efisien.

software database customer customer journey

2. Gambaran potensi pasar

Setelah memiliki database pelanggan yang cukup, Anda bisa melihat gambaran lengkap mengenai potensi pasar Anda. Software database customer membantu Anda menganalisis perilaku pelanggan sehingga Anda dapat menawarkan produk yang tepat. Aplikasi database customer juga akan memberi tahu jika potensi pasar kecil, maka Anda harus cepat mengubah haluan arah bisnis Anda.

3. Merekam customer blacklist

Aplikasi database customer dapat membantu Anda mengingat pelanggan yang sudah masuk daftar hitam (blacklist). Hal ini penting agar Anda tidak menjual produk Anda ke customer yang salah.

4. Menganalisis penjualan

Perangkat lunak database customer yang baik akan membantu Anda dalam menawarkan produk baru kepada pelanggan baru dan pelanggan lama. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi database customer Anda juga dapat menganalisis penyebab penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan demikian, maka Anda dapat segera menentukan strategi yang dibutuhkan saat penjualan mengalami penurunan.

5. Sarana berkomunikasi

Jika seorang pebisnis sudah memiliki software database pelanggan, maka tugas selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan pelanggan secara personal sehingga akan timbul kedekatan antara pelanggan dengan produk Anda. Inilah yang menjadi salah satu kunci agar para pelanggan lebih loyal terhadap produk yang Anda tawarkan. Beberapa software database pelanggan sudah bisa terintegrasi dengan layanan pesan singkat seperti WhatsApp.

Baca Juga: Integrasi WhatsApp Canggih: WhatsApp Omnichannel

Fitur Aplikasi Database Pelanggan yang Dapat Meningkatkan Sales!

Dalam memilih aplikasi database customer, pastikan Anda terlebih dahulu memahami arti dari data-data yang ditampilkan sebagai sales person atau marketers. Namun, beberapa software database customer sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat menganalisa database pelanggan menjadi data yang mudah dipahami. Apa saja fitur itu?

Fitur penting aplikasi database customer

1. 360 View and Analytical Reporting

Fitur aplikasi database pelanggan yang dapat menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

software database customer reporting

2. Predictive Analysis

Dengan fitur ini, Anda akan sangat terbantu dalam cara pengambilan informasi bernilai serta menganalisa pola kecenderungan pengambilan keputusan customer sehingga prognosis dapat diambil sebagai langkah penyusunan strategi pemasaran dan penjualan. Aplikasi database customer terbaik sudah seharusnya memiliki fitur ini.

3. WhastApp Omnichannel Integration

Aplikasi database customer yang baik akan menjadi lebih baik lagi jika dapat terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service. Sehingga Anda tidak perlu lagi meng-input secara manual data customer yang menghubungi Anda.

software database customer omnichannel chat

4. Marketing automation

Fitur aplikasi database customer ini digunakan untuk membantu Anda menyusun dan menjadwalkan berjalannya kampanye marketing melalui email atau pesan blast di platform pesan singkat. Dengan marketing automation di software database customer, Anda dapat melakukan personalisasi seperti nama, alamat, nomor hp, riwayat pesana, dll. Hal ini akan membantu Anda membangun pelanggan loyal yang akan menguntungkan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik Pendukung Kegiatan Marketing Anda, No. 5 WAJIB!

Dapatkan Aplikasi Database Customer Terbaik!

Dengan manfaat dan fitur yang Anda dapat dari sebuah software database customer, bisa dikatakan menggunakan aplikasi database pelanggan akan membuat bisnis Anda lebih efisien dan tepat guna. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end software database customer yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya atau solusi Omnichannel dengan aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Anda dapat memperoleh fitur dan manfaat tersebut dengan Qontak.com. Pelajari lebih lengkap mengenai Qontak.com di sini untuk konsultasi gratis dan free trial selama 14 hari.

 

You may also like

By