Daftar isi
5 min read

Mengenal Software CRM: Pengertian, Fitur dan Manfaatnya

Tayang 04 Agustus 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
pengertian software crm bagi bisnis
Mengenal Software CRM: Pengertian, Fitur dan Manfaatnya

Kemajuan teknologi saat ini mempermudah bisnis mengelola usahanya. Salah satunya menggunakan software CRM (customer relationship management). CRM software membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan secara efisien.

Banyak bisnis menggunakan software CRM karena memudahkan dalam mengelola pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan. Sistem CRM akan mengelolanya secara otomatis dalam satu platform CRM.

Dengan kemampuan tersebut, wajar banyak pelaku bisnis mulai menggunakan software CRM. Hal ini juga terlihat dari banyaknya developer atau pengembang yang menawarkan produk CRM di pasar lokal maupun dunia.

Namun apakah semua CRM platform tersebut sama? Tentu saja tidak, beberapa software CRM memiliki kekurangan dan kelebihannya. Artikel ini merangkum 10 software CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan.


Apa itu Software CRM?

Software CRM (Customer Relationship Management) adalah aplikasi yang membantu perusahaan untuk mengelola semua interaksi dan hubungan pelanggan mereka. Aplikasi ini juga dapat terintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya.

Integrasi CRM memudahkan bisnis dalam merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan berbagai aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan. Sebab, semua aktivitas bisnis dikerjakan secara terpusat pada satu platform CRM.

Pada bisnis, CRM application dapat  mengumpulkan semua interaksi pelanggan secara otomatis. Dari informasi tersebut, Anda akan memiliki gambaran lengkap untuk memantau penjualan, mengatur, dan memprioritaskan peluang untuk mencapai kesepakatan lebih cepat.

Baca Juga: Mengenal Apa itu CRM, Manfaat, Tahapan dan Contohnya


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Software CRM?

CRM software dapat mengumpulkan semua informasi pelanggan dalam satu sistem terpusat. Hal ini memberikan Anda perspektif 360 derajat tentang pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan untuk menciptakan customer experience lebih baik.

CRM platform dengan berbagai salruan, sehingga Anda tidak perlu lagi berpindah aplikasi untuk mengakses informasi pelanggan. CRM system juga dapat diakses dari mana saja, termasuk laporan analisis pencapaian bisnis secara lengkap dan real-time.

Selain itu, software CRM juga memiliki sejumlah keunggulan lainnya seperti berikut:

– Manajemen Data Pelanggan

Software CRM bekerja secara otomatis dalam mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran. Data yang terkumpul akan akan dikelola secara terpadu dalam satu sistem. Hal ini memudahkan penggunanya untuk mengakses dan melacaknya.

– Meningkatkan Loyalitas pelanggan

Data yang terkumpul pada CRM system memberikan akses bisnis mengetahui semua informasi pelanggan. Hal ini membantu untuk memahami kebutuhan mereka, sehingga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan hingga meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Promosi Lebih Efektif

Berkat bantuan CRM, bisnis bisa lebih memahami kebutuhan target pasar mereka berdasarkat riwayat interaksi dengan pelanggan. Data tersebut bisa digunakan untuk membangun strategi pemasaran yang tepat sasaran.

– Semua Saluran Komunikasi Terintegrasi

Banyak bisnis saat ini menggunakan lebih dari satu saluran komunikasi. Namun, tidak mudah untuk mengelola semuanya bersamaan. Dengan adanya CRM, bisnis tidak perlu khawatir. Sebab, CRM system mampu menghubungkan semua saluran komunikasi bisnis.

– Penjualan Meningkat

Saluran komunikasi yang saling terhubung dengan CRM software, memudahkan bisnis melayani pelanggan. Termasuk dalam membantu mereka untuk memproses pesanan lebih cepat. Hal ini berdampak pada peningkatan penjualan.


Apa saja Keuntungan Menggunakan Software CRM?

Software CRM secara singkat memiliki fungsi sebagai pemantau aktivitas sales dan manajemen database pelanggan. Selain itu, manfaat penting lainnya menggunakan CRM software adalah:

  • Melacak tim penjualan dan KPI sales
  • Meningkatkan manajemen kontak atau basis data
  • Meningkatkan retensi pelanggan
  • Memperoleh kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan manajemen penjualan
  • Menciptakan efisiensi kerja
  • Meningkatkan penjualan
  • Menciptakan kolaborasi yang baik antar tim
  • Memperoleh laporan analisis bisnis yang akurat dan real-time

Baca juga: 8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan


Fitur Utama yang Wajib Dimiliki Software CRM

Saat Anda mencari software CRM, penting untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan. Berikut adalah fitur umum yang ditemukan pada CRM software adalah:

– Workflow Automation

Workflow automation adalah dasar bagaimana sistem Anda bisa otomatis bekerja. Misalnya, Anda dapat mengatur aplikasi CRM untuk secara otomatis mengirim pesan ke perwakilan penjualan setiap kali pelanggan mengisi formulir di situs web Anda.

Dengan adanya fitur ini, Anda akan lebih mudah dalam pengumpulan database, meminimalkan beban kerja, dan menangani detail kecil tugas penjualan dan pemasaran tim Anda. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas bisnis keseluruhan.

– Reporting

Fitur reporting CRM membantu membedakan data penjualan dan pemasaran Anda. Hal ini memudahkan dalam memahami dan menganalisis prospek, perilaku pembelian pelanggan, jumlah panggilan keluar, dan metrik pemasaran penting lainnya.

Bahkan beberapa CRM application menawarkan lebih banyak jenis laporan dengan kustomiasi menyesuaikan metrik pelaporan Anda sendiri. Dengan begitu, memberikan Anda kesempatan untuk melihat lebih banyak data.

– Customer Data Management

Memahami pelanggan adalah kunci dalam menjalankan bisnis yang sukses. Fitur customer data management memungkinkan Anda mengatur data pelanggan dengan jelas, membantu Anda meningkatkan hubungan pelanggan.

– Kustomisasi

Membuat CRM Anda sendiri akan mengurangi kurva pembelajaran dalam menggunakannya. Oleh karena itu, penting untk Anda memastikan bahwa CRM memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Ketika sebuah program dapat disesuaikan, Anda dapat memilih fitur yang ingin gunakan dan membentuk plugin untuk mendukung kebutuhan dan anggaran Anda. Dengan demikian, Anda bisa kerja lebih optimal.

– Integrasi

Fungsi CRM akan lebih optimal jika terintegrasi dengan aplikasi bisnis lainnya. Integrasi CRM paling umam adalang dengan saluran komunikasi dan aplikasi operasional bisni seperti email marketing atau aplikasi akuntansi Anda.

Integrasi tersebut dapat menyelamatkan Anda dari memasukkan data secara manual yang sudah Anda miliki di program lain, terus-menerus beralih di antara aplikasi, dan menghabiskan uang untuk alat tambahan untuk CRM Anda.

Rekomendasi: Top 19 Aplikasi CRM di Indonesia untuk Bisnis Anda, No. 1 Wajib!


Kembangkan Bisnis Anda dengan Software CRM Sekarang

Penggunaan teknologi seperti CRM software membantu bisnis dalam berbagai hal. Berbagai fitur tersebut memberikan berbagai dampak CRM bagi bisnis, seperti mengelola dan menganalisis data lebih mudah, meningkatkan pelayanan dan penjualan.

Namun, banyak sekali vendor yang menawarkan CRM platform. Setiap platform menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda haru berhati-hati sebelum mengabil keputusan memilik software CRM yang tepat.

Salah satu penyedia software CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Lebih dari 3000+ perusahaan telah menggunakan CRM platform dari Qontak untuk mengembangkan bisnisnya jauh lebih baik. 

Aplikasi CRM Qontak memiliki fitur canggih yang memudahkan ativitas bisnis seperti pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales